Belajar Secara Efisien Dengan Enam Cara
Daftar Isi
Saat Anda ingin belajar bahasa baru, belajar memasak, atau
kuasai instrumen. Atau hanya ketika Anda ingin menyerap lebih banyak
pengetahuan dari buku yang sedang Anda baca. Sangat membantu untuk mengetahui
bagaimana otak Anda mempelajari berbagai hal pada saat-saat seperti itu.
Meskipun cara belajar sedikit berbeda dari orang ke orang,
ada beberapa kesamaan dalam cara otak mengambil informasi baru. Dan mengetahui cara kerjanya akan membantu
Anda memilih strategi belajar yang paling efisien.
Pada artikel ini, saya akan menjelaskan belajar secara efisien dengan enam cara untuk mendapatkan
informasi baru.
1. Informasi visual lebih mudah diingat
50% dari sumber daya otak digunakan untuk penglihatan.
Pikirkan sejenak. Setengah dari kekuatan otak dikhususkan untuk mata Anda dan
proses di otak Anda yang mengubah apa yang Anda lihat menjadi informasi . Semua
fungsi tubuh lainnya dipertahankan secara terpisah untuk separuh lainnya.
Visi tidak hanya menghabiskan banyak tenaga. Ketika datang
ke penyerapan informasi, itu lebih baik daripada sensasi lainnya.
Sebagai contoh yang mudah dipahami, izinkan saya
memperkenalkan eksperimen. Dalam percobaan ini, 54 pecinta anggur yang antusias
mencicipi anggur.
Sebenarnya, yang saya dapatkan adalah anggur putih yang
dicampur dengan pigmen merah yang tidak berasa dan tidak berbau. Mereka diminta
untuk meminumnya untuk melihat apakah subjek dapat menentukan bahwa itu adalah
anggur putih hanya berdasarkan rasa dan aroma.
Akibatnya, itu tidak bisa ditentukan. Visi memainkan peran
yang sangat penting dalam membaca dan memahami informasi di sekitar kita. Ini
bisa membanjiri informasi yang diperoleh dari indera lain.
Ada penelitian menarik lainnya tentang visi. Bahkan, kami
memproses teks sebagai gambar.
Misalnya, saat membaca kalimat ini, otak Anda harus
menafsirkan setiap huruf sebagai satu gambar. Akibatnya, membaca teks
memerlukan pemrosesan banyak informasi, yang sangat tidak efisien. Di sisi
lain, jika Anda hanya melihat satu gambar atau foto, Anda dapat dengan mudah
dan cepat mendapatkan informasi.
Hanya gambar dan foto yang baik, tetapi kami memberikan
perhatian khusus pada apa yang bergerak daripada apa yang diam . Jadi, ketika
mempelajari sesuatu, film dan animasi bisa sangat efektif.
Apa yang harus dilakukan: Temukan kartu flash dengan gambar
informasi yang ingin Anda ingat, atau buat sendiri. Coba tambahkan grafiti,
foto, dan gambar dari majalah dan koran ke notebook Anda. Saat mempelajari
konsep baru, gunakan skema tabel atau warna maka akan belajar secara efisien .
2. Seluruh gambar lebih mudah diingat daripada detailnya
Ketika mempelajari banyak konsep baru, Anda bisa tersesat
dalam banyak informasi dan tersesat.
Salah satu cara untuk menjaga informasi dari minum adalah
untuk selalu kembali ke gambaran besarnya.
Ketika Anda memulai sesuatu yang baru, Anda biasanya mulai dengan
gambaran besar. Maka Anda akan mempelajari perincian satu per satu, tetapi jika
Anda selalu kembali ke gambaran besar dan berpikir di mana konsep baru yang
baru saja Anda pelajari cocok, akan lebih mudah untuk mengingat informasinya.
Faktanya, otak kita cenderung lebih fokus pada kerangka
keseluruhan daripada pada detail dari apa yang kita pelajari. Karena itu,
metode "kembali ke gambaran besar" dapat dikatakan sejalan dengan
kecenderungan alami otak.
Ketika otak menerima informasi baru, lebih mudah untuk
mengingat informasi jika informasi dan data terkait sudah ada di otak. Itu sebabnya gambaran besar adalah hal
pertama yang berhasil. Menjaga gambaran besar dalam pikiran membuatnya lebih
mudah untuk diingat dan berhubungan ketika Anda mengambil detailnya.
Saya sudah membaca analogi yang bagus menjelaskan ini
sebelumnya. Pertama, bayangkan otak Anda sebagai lemari penuh rak. Saat pakaian
bertambah dan rak terisi, Anda akan mulai menyortirnya ke dalam kategori.
Misalnya, jika Anda ingin menambahkan sweter hitam baru
(informasi baru), Anda dapat menaruhnya di rak sweter, atau menaruhnya di rak
pakaian hitam, rak pakaian musim dingin, atau rak wol.
Di lemari nyata, Anda tidak bisa mengenakan sweter tunggal
di beberapa rak, tetapi di otak, ketika informasi baru masuk, itu terkait
dengan masing-masing ide asli. Informasi
yang Anda pelajari akan lebih mudah diingat nanti. Karena ketika saya
mempelajari informasi baru, saya mengingatnya sehubungan dengan informasi lain
yang sudah saya ketahui.
Solusi : Selalu simpan bagan dan memo besar di ujung jari
Anda yang merangkum seluruh gambar studi Anda, dan tambahkan konsep-konsep
kunci yang dipelajari selama studi satu per satu.
3. Tidur sangat memengaruhi belajar dan daya ingat
Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda mempelajari
sesuatu yang baru dan tidur semalaman sebelum Anda mengujinya, hasil tes Anda
akan meningkat secara signifikan.
Satu studi keterampilan motorik menunjukkan bahwa mereka
yang mengambil keterampilan baru dan kemudian mengikuti tes 12 jam setelah
tidur semalam memiliki peningkatan 20,5% dalam hasil tes. Sebaliknya, subjek
yang hanya menghabiskan empat jam di siang hari antara belajar dan menguji
hanya menunjukkan peningkatan 3,9%.
Tidur siang dapat memberikan peningkatan pembelajaran yang
sama seperti tidur malam. Dalam studi Universitas California, subjek yang
menyelesaikan tugas yang sulit, tidur siang, dan kemudian melakukan tugas yang
sama lagi memiliki tidur siang yang lebih baik. Hasil dari tugas kedua lebih
baik daripada mereka yang mengikuti tes dua kali.
Juga efektif untuk tidur sebelum belajar.
Menurut Dr. Matthew Walker, yang memimpin penelitian di
University of California, "Ketika Anda tidur, otak Anda menjadi seperti
spons kering, dan lebih mudah untuk meresap informasi baru."
Penanganan masalah : Praktekkan keterampilan baru dan
bacalah tentang hal itu sebelum tidur di malam hari atau sebelum tidur siang.
Ketika Anda bangun, tuliskan beberapa hal yang Anda pelajari
sebelum tidur yang Anda ingat.
4. Kurang tidur secara signifikan mengurangi kemampuan untuk belajar secara efisien
Kurang tidur sangat buruk. Mekanisme dan tujuan tidur belum
sepenuhnya dijelaskan (walaupun ada beberapa teori). Itu sebabnya kita sering
meremehkan kebutuhan tidur. Beberapa
hal diketahui tentang apa yang terjadi jika Anda tidak cukup tidur, meskipun
fungsi tidur Anda tidak jelas.
Jika Anda kurang tidur, Anda dapat mengambil tindakan
pencegahan keamanan, seperti menghindari risiko dan mengandalkan kebiasaan yang
sudah dikenal. Juga, jika Anda lelah, tubuh Anda tidak akan bergerak dengan
benar, sehingga Anda cenderung mengalami cedera fisik. Yang terpenting adalah dampaknya pada pembelajaran. Kurang tidur
dapat mengurangi kemampuan otak untuk mengadopsi informasi baru sebanyak 40%.
Tidur nyenyak akan membangunkan Anda keesokan paginya dan
otak Anda akan siap. Dibandingkan dengan itu, belajar "acar semalam"
sepanjang malam tampaknya sepadan dengan masalahnya.
Menurut penelitian Harvard Medical School, 30 jam pertama
setelah belajar adalah penting. Jika Anda tidak cukup tidur selama periode ini,
bahkan jika Anda tidur nyenyak satu malam setelah 30 jam, efek pembelajaran itu
akan diimbangi.
Tindakan : Pengawetan semalaman sangat dilarang. Berlatih
dan belajar ketika Anda cukup istirahat dan jernih dari pikiran Anda. Juga,
jangan kekurangan waktu tidur setelah mempelajari sesuatu yang baru.
5. Cara terbaik untuk belajar adalah mengajar seseorang
Berada dalam situasi di mana Anda harus mengajar seseorang
tentang apa yang telah Anda pelajari meningkatkan kemampuan Anda untuk menyerap
informasi baru.
Ini memungkinkan Anda untuk mengatur informasi dengan lebih
baik di kepala Anda, mengingatnya dengan lebih akurat, dan mempelajari bagian
terpenting dari informasi yang telah Anda pelajari.
Satu studi membagi subyek menjadi dua kelompok, memberi tahu
satu kelompok untuk menguji informasi yang mereka pelajari, dan mengatakan
kepada yang lain bahwa mereka harus berbagi informasi dengan yang lain.
Faktanya, tidak ada kelompok yang menguji informasi yang
mereka pelajari dan tidak mengajarkannya kepada orang lain. Meskipun demikian,
subjek yang mengira mereka akan mengajar orang lain berprestasi lebih baik
dalam ujian .
Menurut penulis utama studi, Dr. John Nestojko, hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan untuk mempelajari informasi baru
dapat membuat perbedaan yang signifikan tergantung pada pikiran subjek sebelum
dan selama pembelajaran.
"Dengan memberikan instruksi yang relatif sederhana,
pikiran subjek dapat diubah menjadi yang lebih baik," jelas Nestojko.
Kami tidak sadar, tetapi ketika kami mencoba mempelajari
informasi yang perlu kami berikan kepada seseorang nanti, metode
pembelajarannya cenderung tidak disadari dan efisien.
Misalnya, mereka memperhatikan bagian terpenting dari informasi
dan koneksi dari setiap konsep, dan dengan hati-hati mengatur informasi di
kepala mereka.
Solusi: Tuliskan apa yang telah Anda pelajari di buku
catatan atau blog Anda. Cobalah untuk menulis konsep baru yang baru saja Anda
pelajari, karena Anda bermaksud untuk mengajar seseorang.
6. Pembelajaran simultan membuatnya lebih mudah mengingat informasi baru
Salah satu metode pembelajaran yang sering kita gunakan
disebut "block practice" oleh Dick Schmidt, seorang peneliti di UCLA. Block practice adalah suatu pendekatan
yang melibatkan berlatih hal tertentu berulang-ulang.
Misalnya, mempelajari sejarah selama berjam-jam atau
berlatih hanya melayani dalam pelajaran tenis.
Schmidt merekomendasikan pendekatan alternatif untuk
belajar, yang disebut " interleaving ." Ini adalah metode
pembelajaran dengan memadukan informasi dan keterampilan.
Bob Bjork, yang juga belajar psikologi di UCLA, juga
membahas pendekatan interleaved.
Sebagai bagian dari ini, Bjork bereksperimen dengan
menampilkan berbagai gaya karya seni di layar dan mengajar subjek masing-masing
karakteristik. Satu kelompok memperlihatkan gambar dalam format latihan blok
(menunjukkan enam contoh karakteristik satu pelukis berturut-turut, kemudian
beralih ke contoh pelukis berikutnya), sementara kelompok lain menunjukkan
gambar dalam format yang disisipkan (banyak Format yang menunjukkan campuran
contoh gaya pelukis).
Setelah itu, dua kelompok subjek akan diperlihatkan gambar
baru yang tidak mereka perlihatkan sebelumnya, dan akan diuji untuk melihat
gaya pelukis yang diterima.
Kelompok interleaved biasanya skor sekitar 60%, sedangkan
kelompok blok skor sekitar 30%.
Anehnya, sekitar 70% dari peserta dalam penelitian ini
menyatakan bahwa mereka berpikir praktik blok adalah metode pembelajaran yang
paling efektif. Tampaknya, sulit untuk memahami secara objektif metode yang
berguna untuk belajar.
Menurut Bjork, alasan interleaving bekerja adalah karena ia
memanfaatkan "pola dan kemampuannya untuk mengenali benda-benda di
luarnya."
Dan, lebih praktisnya, ada juga keuntungan bahwa mempelajari
informasi yang sudah Anda ketahui dan informasi baru pada saat yang sama
memberi Anda kesempatan untuk memeriksanya secara teratur.
Jika Anda ingin berlatih interleaving, misalnya, sebelum
ujian, Anda mungkin ingin mempelajari tiga mata pelajaran alternatif untuk
dikerjakan.
Saat mempelajari bahasa asing, cobalah untuk mempraktikkan
kombinasi keterampilan berbicara, mendengarkan, dan menulis, daripada
mempelajari semuanya bersama-sama.
Untuk latihan tenis, cobalah berlatih semua dalam satu
pelajaran, bukan hanya forehand hari ini, hanya backhand hari ini, hanya
melayani hari ini. Penanganan
Masalah: Saat mempelajari atau mempraktikkan teknik baru, praktikkan secara
paralel dengan teknik lain.
Misalnya, jika Anda berlatih ayunan golf tertentu, coba
gabungkan ayunan yang berbeda dan berlatih secara bersamaan. Ketika Anda
mempelajari informasi baru, cobalah mencampur apa yang sudah Anda ketahui. Misalnya, jika Anda belajar bahasa asing,
coba gabungkan kata-kata yang sudah Anda ingat dengan kata-kata baru.
Seperti yang dikatakan Bjork, kita harus belajar lebih
pintar. "Setiap kali Anda bekerja, Anda hampir selalu perlu belajar
keterampilan baru. Sangat penting untuk mengetahui cara belajar dengan
baik," kata Bjork. Jadi dengan metode ini akan dapat belajar secara efisien
Posting Komentar
Komentar