-->

Silabus Tematik K13 SD Kelas 1-6 Format 8 Kolom Semester 1

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Silabus Tematik K13 SD Kelas 1-6 Format 8 Kolom

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Download Silabus K13 SD Revisi Terbaru 8 Kolom Semester 1. Namun sebelum saya membagikan silabus k13 revisi terbaru ini mari kita lihat uraian tentang silabus terlebih dahulu. Pada tahun 2014 kurikulum terjadi perubahan kurikulum pendidikan yang berlaku dan diterapkan di Indonesia. Dan kurikulum terbaru yang berlaku tersebut adalah Kurikulul 2013, atau yang biasa disingkat dengan K-13. Kurikulum ini diterapkan untuk menggantikan penggunaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Untuk K13 di tingkat pendidikan sekolah dasar, yaitu Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, penerapannya adalah dengan penggunaan pendekatan tertentu. Pendekatan itu disebut pendekatan tematik-integratif yang juga tercermin di dalam Silabus K13 SD. Di dalam Kurikulum 2013 SD dan MI, istilah mata pelajaran diubah menjadi muatan pelajaran. Dan daftar ringkasnya adalah sebagai berikut:
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
Matematika.
Bahasa Indonesia.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Seni Budaya dan Prakarya (Muatan Lokal).
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Muatan Lokal).
Bahasa Daerah (disesuaikan dengan kebijakan masing-masing sekolah).
Silabus bisa didefinisikan bagaikan“ garis besar, ringkasan, ataupun pokok- pokok isi ataupun modul pelajaran”. Silabus digunakan buat menyebut sesuatu produk pengembangan kurikulum berbentuk penjabaran lebih lanjut dari standart kompetensi serta keahlian dasar yang mau dicapai, serta pokok- pokok dan penjelasan modul yang butuh dipelajari siswa dalam menggapai standart kompetensi serta keahlian dasar.
Di dalam Silabus K13 SD, semua muatan pelajaran tersebut digabungkan ke dalam suatu buku. Buku tersebut diberi nama buku tematik. Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dipisahkan dari buku tematik.
Silabus tematik Kurikulum 2013 SD dikembangkan dibentuk menyerupai model jaring laba-laba .
Pembelajaran terpadu model jaring webbed dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Pengembangan silabus dilakukan berdasarkan silabus mata pelajaran, untuk Materi Pokok menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan Pembelajaran merupakan perpaduan Pembelajaran untuk satu tema/subtema untuk seluruh kompetensi dasar dari mata pelajaran yang diikat dalam tema/subtema tersebut.

Alokasi waktu pembelajaran dalam satu minggu sebagaimana yang tercantum dalam
struktur kurikulum untuk SD adalah sebagai berikut.
jumlah alokasi waktu silabus pembelajaran tematik k13 sd

Alokasi waktu tersebut termasuk Pendidikan Agama sebanyak 4 jam pelajaran per
minggu. Selain itu untuk kelas 1, II, dan III yang menekankan pada penguasaan
kompetensi membaca, menulis, dan berhitung untuk mata pelajaran Bahasa
Indonesia dan Matematika, maka perlu mendapat perhatian dalam integrasi dengan
tema dan mendapatkan alokasi waktu yang cukup.
kompetensi dasar dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang
memerlukan pemenuhan sarana dan prasarana khusus oleh satuan pendidikan yang
harus diajarkan tersendiri sebagai mata pelajaran dan bersifat pilihan bagi satuan
pendidikan yang tidak dapat memenuhinya. Alokasi waktu dalam pembelajaran tematik K13
untuk setiap minggunya harus memperhatikan poin poin di atas. Untuk itu
pembagian waktu pembelajaran tematik K13  setiap minggunya diberikan alokasi minimal
sebagai berikut. :
jumlah alokasi waktu mata pelajaran silabus pembelajaran tematik k13 sd

Kemudian, mengikuti implementasi Kurikulum 2013 pada umumnya, Silabus K13 SD juga mempergunakan empat aspek penilaian yang sama
Aspek spiritual (KI-1),
Aspek sosial (KI-2)
Aspek pengetahuan (KI-3) dan
Aspek keterampilan (KI-4).

Komponen  Silabus K13 SD Kelas 1-6 Format 8 Kolom

Dalam membuat silabus ada sembilan komponen pokok yang harus ada dalam  silabus tersebut.
  1. Identitas Mata Pelajaran atau tema pembelajaran.
  2. Identitas Sekolah.Idntitas yang perlu dicantumkan yakni nama satuan pendidikan atau nama sekolah dan kelas
  3. Kompetensi Inti Kompetensi Inti adalah deskripsi tentang kompetensi pada ranah sikap, pengetahuan dan keterapilan yang harus dipelajari untuk dikuasai setiap peserta didik pada suatu tingkat atau jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran tertentu.
  4. Kompetensi Dasar, Kompetensi Dasar adalah kemampuan spesifik yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang berhubungan dengan muatan atau mata pelajaran 
  5. Materi Pokok.Materi pokok adalah teori-teori, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip  yang, perlu dipelajari serta Indikator Pencapaian Kompetensi
  6. Pembelajaran,Pembelajaran adalah rangkaian proses pembelajaran yang bertujuan agar tercapai kompetensi yang diharapkan.
  7. Penilaian, Penilaian atau evaluasi adalah suatu proses penilaian untuk mengetahui ketercapaian kompetensi yang telah ditetapkan
  8. Alokasi Waktu, Alokasi waktu adalah lamanya waktu yang dipakai untuk interaksi edukatif dalam proses pembelajaran
  9. Sumber BelajarSumber belajar adalah tempat di mana peserta didik mendapat informasi pelajaran sehingga terjadilah apa yang disebut dengan pengalaman belajar (perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik). Sumber belajar yang dimaksud di sini terdiri dari: Sumber buku, media cetak (koran atau majalah) dan media elektronik atau multimedia, atau alam sekitar serta sumber-sumber belajar lain yang relevan dan termasuk guru juga merupakan salah satu sumber belajar

Prinsip - prinsip pengembangan Silabus Tematik K13 SD Kelas 1-6 Format 8 Kolom : bawah ini

Prinsip prinsip pengembangan silabus harus memperhatikan aspek di
  1. Mengkaji Standar Kompetensi serta Kompetensi Dasar. Mengkaji SK serta KD mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi.
  2. Mengenali Modul Pokok/ Pendidikan. Mengenali modul pokok/ pendidikan yang mendukung pencapaian kompetensi dasar.
  3. Meningkatkan Aktivitas Pendidikan. Aktivitas pendidikan dirancang buat membagikan pengalaman belajar yang mengaitkan proses mental serta raga dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.
  4. Merumuskan Penanda Pencapaian Kompetensi. Penanda ialah indikator pencapaian kompetensi dasar. Penanda digunakan bagaikan dasar buat menyusun perlengkapan evaluasi.
  5. Menentuan Tipe Evaluasi. Evaluasi pencapaian kompetensi dasar siswa dicoba bersumber pada penanda. Evaluasi dicoba dengan memakai uji dalam wujud tertulis.
  6. Memastikan Alokasi Waktu. Penentuan alokasi waktu pada tiap kompetensi dasar  dengan berdasar pada pada jumlah minggu efisien serta alokasi waktu mapel per minggu. Alokasi waktu ialah ditaksir waktu rerata buat memahami kompetensi dasar yang diperlukan oleh siswa yang bermacam- macam.
  7. Memastikan Sumber Belajar. Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK serta KD dan modul pokok/ pendidikan, aktivitas pendidikan, serta penanda pencapaian kompetensi. 

Langkah - langkah pengembangan Silabus Tematik K13 SD

Dalam membuat silabuas ada beberapa tahap yang harus diperhatikan sebagai berikut :
  1. Mengidentifikasi materi pelajaran dari setiap kompetensi dasar yang ingin dicapaidari semua mata pelajaran yang akan diintegrasikan.
  2. Mengidentifikasi tema-tema yang menarik bagi siswa, lalu memilih beberapatema yang akan dijadikan sebagai tema pembelajaran.
  3. Memetakan materi pelajaran untuk setiap tema/subtema yang sesuai. Pemetaanmateri perlu juga memperhatikan keruntutan dari materi untuk setiap mata pelajaran dan tingkat kesulitan dari materi tersebut agar mendapatkan alokasiwaktu yang cukup.
  4. Merancang Pembelajaran berdasarkan pemetaan materi pelajaran yang telah dilakukan.
  5. Mendesain penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran yang telah dirancang berdasarkan tema atau sub tema yang telah diajarkan.
  6. Melaporkan hasil penilaian sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang telahdicapai. Hasil penilaian ini akan dijadikan dasar bagi pendidik untuk melakukanevaluasi pembelajaran. Hasil evaluasi ini digunakan untuk mengidentifikasi tema dan Materi Pokok kembali.

Download SilabusK13 SD Revisi Terbaru 8 Kolom Semester 1

Apabila guru - guru berminat untuk mendapatkan silabus K13 SD revisi terbaru dengan 8 kolom dapat di download pada link di bawah ini

Silabus K13 SD Kelas 6 Revisi terbaru
Demikianlah artikel tentang Silabus K13 SD Revisi Terbaru 8 Kolom Semester 1. mudah mudahan perangkat ini bisa bermanfaat kepada kita semua

....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel