-->

Download RPP 1 Lembar K13 Penjaskes SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1.

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Download RPP 1 Lembar K13 Penjaskes SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP 1 Lembar K13 Penjaskes Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1. RPP ini sudah di revisi sesuai dengan surat edaran mendikbud tentang penyederhanan RPP Kelas Penjaskes yang tentunya sudah sangat ramping dalam penulisannya dan tidak terlalu banyak memuat kertas

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan guru dalam pembelajaran . [5] Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.

Dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SD adalah proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani. pelaksanaan pembelajaran praktek pendidikan jasmani secara garis besar dilakukan dalam tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatatan penutup.

Tujuan pendidikan jasmani di SD yaitu membantu peserta didik agar mampu meningkatkan kemampuan gerak mereka, disamping agar mereka merasa senang dan mau berpartisipasi dalam berbagai aktivitas serta mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih dan meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar dan meletakkan landasan karakter moral yang kuat mengembangkan sikap dan mengembangkan keterampilan Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan.

Pendidikan jasmani bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan anak akan bergerak, mengenal potensi diri, menyalurkan energi yang berlebihan, dan untuk perkembangan fungsi-fungsi organ tubuh dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, keterampilan psikomotor perkembangan kognitip dan perkembangan afektif.Jadi dalam menyusun RPP Pendidikan jasmani dan kesehatan ( Pendais ) haruslah sesuai dengan tujuan dan manfaat dari pendidikan jasamani yang di ajarkan dalam kurikulum k13 Mata Pelajaran Pendais


Prinsip penyusunan RPP 1 Lembar K13 Penjaskes Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1

Berdasarkan Surat Edaran Menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP tersebut, ditetapkan karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang selama ini cukup merepotkan guru.

Lalu apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP yaitu ?
Guru-guru sering diarahkan untuk membuat RPP dengan 13 komponen yang sangat rincih dan lengkap sesuai dengan buku guru K13 sehingga menghabiskan waktu yang banyak dan seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu dalam kelas

Lalu apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid ?
Efisien adalah pembuatan RPP dilaksanakan dengan tepat dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu , pikiran dan tenaga.

Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid adalah RPP disusun dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di dalam kelas.

Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya satu halaman?
Itu bisa saja. RPP dapat disusun dengan singkat contohnya hanya satu halaman atau lebih . asalkan sesuai dengan  prinsip  efisien,  efektif,  dan berorientasi  kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.

Kemudian Apakah ada standar baku untuk format penyusunan RPP ?
Saya pikir tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas membuat, memilih, menyusun, mengembangkan, dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.


Format Penyusunan RPP 1 Lembar K13 Penjaskes Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1

Dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.
Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas lima  semester 1 terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.
1.    Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik.  Yang menarik untuk digaris bawahi  yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan pembelajaran haruslah dibuat secara tertulis (written plan)
2.    Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a.    Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan  perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b.    Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c.    Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3.    Penilaian Pembelajaran
Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran.  yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berimtak, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya hubungan siswa dengan Allah SWT, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan terciptanya hubungan sesama manusia
Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi siswa yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif mengingat, memahami,
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana  kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan suatu tugas di berbagai macam keadaan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dilakukan dengan berbagai macam teknik, antara lain penilaian produk, penilaian praktik , penilaian proyek, maupun penilaian portofolio.
Dalam menyusun ketiga penilaian bersifat efektif, efisien dan terarah



Contoh RPP 1 Lembar K13 Penjaskes Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                            (RPP)

Satuan Pendidikan    :  SDN WEBSITEEDUKASI.COM
Muatan Pelajaran      :  PJOK
Kelas / Semester       :  I / 1 (Ganjil)
Tema 1                    :  Diriku
Sub Tema  1             :  Aku dan Teman Baru
Materi Pembelajaran :  Gerak Dasar Jalan
Pembelajaran ke        :  2
Alokasi waktu          :  90 Menit

A. Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:
  2. Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat, berderap, skipping, slidding dan memadukan konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan.
  3. Siswa mencoba dan melakukan gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat, berderap, skipping, slidding dan memadukan konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan secara berulang-ulang.
  4. Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.
  5. Siswa memperagakan hasil belajar gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (kucing dan tikus, menjala ikan, dan lain-lain) dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, tanggung jawab, sungguh-sungguh, dan kerja sama.
  6. Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang hari itu datang paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita – cita. 
  4. Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti Materi : Bergerak Bersama Teman
KEGIATAN LITERASI
  1. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).
  2. Siswa dan guru merayakan kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
  1. Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan tentang materi : Bergerak Bersama Teman
KEGIATAN LITERASI
  1. Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian : Mengamati dengan seksama materi sub :Bergerak Bersama Temanyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
COLLABORATION (KERJASAMA)
  1. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk : Mendiskusikan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi :Bergerak Bersama Teman
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
  1. Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang data dari Materi : Bergerak Bersama Teman
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
  1. Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
  1. Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi : Bergerak Bersama Teman berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
  2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Bergerak Bersama Teman
  3. Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi : Bergerak Bersama Temandan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
CREATIVITY (KREATIVITAS)
  1. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Bergerak Bersama Teman
Kegiatan Penutup
  1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
  2. Siswa menyanyikan lagu gembira
  3. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
  4. Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun
  5. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
C. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Sikap
  • Penilaian Observasi : Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
2. Pengetahuan
  • Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
  • Tertulis Uraian (lihat lampiran)
  • Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

3. Keterampilan
  • Penilaian Unjuk Kerja : Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
  • Penilaian Proyek (lihat lampiran) : Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
  • Penilaian Produk (lihat lampiran)
  • Penilaian Portofolio


Link Download K13 Penjaskes Kelas1, 2 , 3, 4, 5 dan 6 Semester 1 

Untuk mendapatkan file  RPP K13 Penjaskes Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Semester 1 bisa mengklik link di bawah ini :
  • Download RPP 1 Lembar Penjaskes Kelas 1 Semester 1
  • Download RPP 1 Lembar Penjaskes Kelas 2 Semester 1 
  • Download RPP 1 Lembar Penjaskes Kelas 3 Semester 1
  • Download RPP 1 Lembar Penjaskes Kelas 4 Semester 1
  • Download RPP 1 Lembar Penjaskes Kelas 5 Semester 1
  • Download RPP 1 Lembar Penjaskes Kelas 6 Semester 1
Demikianlah artikel saya tentang K13 Penjaskes Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1 mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua.

#tag

rpp sd 1 lembar nadiem makarin penjaskes, contoh rpp 1 lembar sd penjaskes, rpp sd 1 lembar revisi 2020 penjaskes , contoh rpp sd terbaru 1 lembar penjaskes , format rpp 1 sd lembar terbaru penjaskes, rpp sd 1 lembar 3 komponen penjaskes, format rpp sd 1 lembar abad 21 penjaskes


....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel