Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku

Daftar Isi

Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku. Soal ini terdiri atas 3 subtema 
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.

Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar ( assesment as learning ), penilaian sebagai proses pembelajaran ( assessment forlearning ),dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran ( assessment of learning ). Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu  tes tulis, lisan, dan penugasan.

Prosedur dalam Pembuatan Soal PH K13
Prosedur dalam pembuatan soal ulangan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta  pemanfaatan hasil penilaian.
Untuk mengetahui ketuntasan belajar (mastery learning), penilaian ditujukan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan (diagnostic) proses pembelajaran. Hasil tes diagnostic , ditindaklanjuti dengan pemberian umpan balik (feedback)kepada peserta didik, sehingga hasil penilaian dapat segera digunakan untuk perbaikan mutu pembelajaran.

Penilaian Soal PH menggunakan angka dengan rentang capaian/nilai 0 sampai dengan 100 dan deskripsi. Deskripsi dibuat dengan menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Deskripsi berisi beberapa pengetahuan yang sangat baik dan/atau baik dikuasai oleh peserta didik dan yang penguasaannya belum optimal.

Jenis dan Bentuk Soal PH K13
1.     Teknik dan bentuk soal ph k13 kelas 4 menggunakan tes tulis, lisan, dan penugasan.
Tes Tertulis Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instumen tes tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah. Berikut
a.     Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. 
b.     Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam penulisan soal. Kisi-kisi yang lengkap memiliki KD, materi, indikator soal, bentuk soal, jumlah soal, dan semua kriteria lain yang diperlukan dalam penyusunan soalnya. Kisi-kisi ini berbentuk format yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kisi-kisi untuk penilaian harian bisa lebih sederhana daripada kisi-kisi untuk penilaian tengah semester atau penilaian akhir semester. 
c.     Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal. Soal-soal yang telah disusun kemudian dirakit untuk menjadi perangkat tes. Soal dapat dikelompokkan sesuai muatan pelajaran dalam satu perangkat tes dapat juga disajikan  secara terintegrasi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. 
d.     Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran, hasil penskoran dianalisis guru dipergunakan sesuai dengan bentuk penilaian. Misalnya, hasil analisis penilaian harian digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini pendidik akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan. 
2.     Tes Lisan  Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Jawaban tes lisan dapat berupa kata, frase, kalimat maupun paragraf. Tes lisan bertujuan  menumbuhkan sikap berani berpendapat, menegecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, tes lisan dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes lisan  juga dapat digunakan untuk melihat ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan dan motivasi siswa dalam belajar. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:
a.      Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. 
b.      Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam pembuatan pertanyaan, perintah yang harus dijawab siwa secara lisan.
c.      Menyiapkan pertanyaan, perintah yang akan disampaikan secara lisan.  
d.      Melakukan tes dan analisis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini guru akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan. 
3.     Penugasan Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mengukur dan/atau memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan yang berfungsi untuk penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran ( assessmen tof learning ). Sedangkan penugasan sebagai metode penugasan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan, yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di luar sekolah.

Penilaian Pengetahuan dilakukan tidak hanya dengan tes tulis tetapi dapat juga dilakukan dengan tes lisan, dan penugasan. Penilaian tes dilakukan seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester

Waktu dalam Melakukan PH K13

Penilaian Harian (PH) K13 Penilaian harian dilaksanakan setelah menyelesaikan pembelajaran satu sub-tema. Dalam pelaksanaannya penilaian harian dapat berbentuk tes tulis, lisan, atau penugasan sesuai dengan kebutuhan guru. Fungsi penilaian harian yaitu untuk perbaikan pembelajaran dan juga sebagai salah satu bahan pengisian Rapor Peserta Didik. Penilaian harian yang dilaksanakan secara tertulis sekurang-kurangnya satu kali untuk satu tema. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari penilaian harian ditulis NPH, penulisannya menggunakan angka pada rentangan 0-100.

Contoh Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku 
Latihan Soal Subtema 1
Contoh Soal PH  Soal PH Bahasa Indonesia
1.  Manfaat dari wawancara adalah . . . .
a.     memperoleh informasi
b.     berkenalan dengan orang baru
c.     mendapatkan kegiatan
d.     mendapat pengalaman
2.  Sebelum melakukan wawancara, kamu sebaiknya membuat . . . . .
3.  Bagaimana sikap yang baik dalam wawancara?
4.  Tuliskan format laporan wawancara!
5.  Buatlah daftar pertanyaan tentang pemanfaatan sumber daya alam!

Contoh Soal PH  IPA KD 3.5
1.  Asal energi biomassa adalah . . . .
a.     bahan organik
b.     batuan panas
c.     panas bumi
d.     ombak di laut
2.  Tuliskan tiga sumber energi yang dapat diperbarui dalam kehidupan sehari-hari!
3.  Tuliskan tiga sumber energi yang tidak dapat terbarukan!
4.  Tuliskan perbedaan sumber daya alam hayati dan nonhayati! Serta berikan contohnya!
5.  Apa manfaat energi bagi kehidupan sehari-hari?

     Contoh Soal PH  IPS KD 3.1
1.  Berikut ini yang bukan yang merupakan fungsi lingkungan bagi manusia . . . .
a.     sebagai tempat tinggal
b.     sebagai tempat mencari makan
c.     sebagai hiasan
d.     sebagai tempat berlangsungnya kegiatan manusia
2.  Tiga pembagian keadaan alam atau bentang alam adalah . . . .
3.  Jelaskan yang dimaksud dengan lingkungan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan manusia!
4.  Menurut pendapatmu, bagaiamana kegiatan ekonomi yang ada di kawasan dataran rendah?
5.  Apa yang terjadi jika kegiatan ekonomi di suatu daerah  mengalami gangguan?



Contoh Soal PH  PPKn KD 3.4
1.  Sesuatu yang diterima atau diperoleh setiap orang adalah pengertian dari . . . .
a.     hak
b.     kewajiban
c.     keinginan
d.     kebutuhan
2.     Apa perbedaan antara hak dan kewajiban? Manakah yang harus didahulukan?
3.     Tuliskan masing-masing dua contoh hak dan kewajibanmu di lingkungan tempat tinggalmu!
4.     Tuliskan kewajibanmu terhadap lingkungan terkait penggunaan energi!
5.     Apa yang kamu sampaikan kepada orang lain agar mereka ikut menjaga kelestarian lingkungan?

Contoh Soal PH  SBdP KD 3.2
1.  Berikut merupakan nada tempo cepat adalah . . . .
a.     andante
b.     moderato
c.     adagio
d.     allegro
2.     Nada tempo moderato adalah nada dengan tempo . . . .
a.     cepat
b.     sedang
c.     agak cepat
d.     sangat cepat
3.     Carilah dua judul lagu yang menceritakan tentang alam!
4.  Tuliskan kelompok tempo lambat!
5.  Carilah dua lagu nasional dengan tempo allegro!

Latihan Soal Subtema 2
Contoh Soal PH  Bahasa Indonesia KD
1.  Berikut yang termasuk sumber daya hayati adalah . . . .
a.     kelapa sawit
b.     bijih besi
c.     batu bara
d.     minyak bumi
2.  Buatlah satu contoh kesimpulan hasil wawancara tentang sumber daya alam!
3.  Jelaskan tata cara dalam melakukan wawancara!
4.  Mengapa kita harus memperhatikan narasumber saat melakukan wawancara?
5.  Apa yang kamu persiapkan jika kamu akan melakukan wawancara tentang sumber daya alam?

Contoh Soal PH  IPA KD 3.4
1.     Berikut merupakan contoh benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas adalah . . .
          a.     mesin cuci
          b.     setrika
          c.     kipas angin
          d.     blender
2.     Energi listrik dapat diubah menjadi energi apa saja? Tuliskan dan beri contohnya!
3.     Energi apa saja yang dapat kita temukan di Indonesia?
4.     Tuliskan bagaimana cara melestarikan sumber daya barang tambang!
5.     Tuliskan satu contoh sumber daya hayati, serta manfaatnya bagi kehidupan kita!

Contoh Soal PH  IPS KD 3.1
1.     Manfaat dari sumber daya alam lautan adalah . . . .
            a.     ikan sebagai bahan makanan dan air laut sebagai bahan pembuat garam
            b.     sebagai tempat tinggal
            c.     sebagai tempat untuk bekerja
            d.     hasil laut diolah menjadi bahan industri
2.     Sumber daya alam apa yang ada di daerahmu?
3.     Apa yang kamu lakukan jika di daerahmu terdapat banyak sumber daya alam?
4.     Jelaskan manfaat batu bara sebagai sumber daya alam bagi manusia!
5.     Tuliskan sumber daya alam yang paling menonjol di suatu daerah!

Contoh Soal PH  PPKn KD 3.4
1.     Salah satu kewajibanmu sebagai siswa adalah . . . .
            a.     bermain
            b.     belajar
            c.     berlibur
            d.     membantu orang tua
2.     Kamu adalah seorang siswa. Sebagai warga negara yang baik, kamu mempunyai kewajiban membela negara. Sebagai siswa, apa yang kamu lakukan dalam membela negara?
3.  Tuliskan  contoh hak sebagai warga negara dalam mengelola sumber daya alam!
4.  Tuliskan tiga contoh kewajiban yang harus kamu lakukan dalam kehidupan bermasyarakat!
5.  Kewajiban apa yang kamu lakukan untuk melestarikan sumber daya alam?

 Contoh Soal PH SBdP KD 3.4
1.     Salah satu teknik menyanyi berkelompok adalah . . . .
            a.     kanon
            b.     kelompok
            c.     choir
           d.     paduan
2.     pemimpin atau dux dalam kanon adalah . . . .
           a.     melodi pendatang
           b.     melodi pengikut
           c.     melodi pertama
           d.     melodi
3.     Apa yang kamu ketahui tentang kanon? Ada berapa kelompok yang terdapat dalam kanon? Jelaskan!
4.     Hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan saat menyanyi dengan diiringi musik ritmis?
5.     Tuliskan 5 contoh alat musik ritmis!

Latihan Soal Subtema 3
Contoh Soal PH  Bahasa Indonesia KD
1.  Bacalah hasil wawancara beriku!
Hutan di Indonesia memang sangat banyak. Kelestarian hutan harus dijaga agar tetap bermanfaat bagi berlangsungnya kehidupan. Cara menjaga kelestarian hutan ada berbagai macam, salah satunya dengan tidak menebang hutan secara sembarangan.
Isi hasil wawancara tersebut adalah . . . .
a.     Menjaga binatang hutan
b.     usaha pelestarian hutan
c.     hutan sangat bermanfaat
d.     manfaat hutan
2.  Tuliskan daftar pertanyaan yang kamu ajukan saat akan wawancara tentang kondisi lingkungan!
3.  Apa yang kamu lakukan untuk melestarikan lingkungan?
4.  Apa akibatnya jika kamu tidak ikut melestarikan sumber daya alam?
5.  Apa manfaat yang kamu peroleh dari wawancara?

Contoh Soal PH  IPA KD 3.4
1.  Berikut adalah hal yang dapat dilakukan untuk menghemat energi, yaitu . . . .
a.     membiarkan keran air tetap menyala
b.     menggunakan kendaraan bermotor walaupun jarak dekat
c.     menyalakan televisi hingga malam
d.     mematikan lampu jika sudah tidak digunakan
2.  Jelaskan menurut pendapatmu, mengapa kita harus menjaga sumber daya alam?
3.  Jelaskan perbedaan antara sumber energi dan sumber daya energi!
4.  Tuliskan tiga contoh sumber daya energi!
5.  Apa manfaat sumber daya energi matahari bagi kehidupan?

Contoh Soal PH  IPS KD 3.1
1.  Hal yang menyebabkan kelangkaan hewan adalah . . . .
a.     tidak menghancurkan habitat asli hewan
b.     membiarkan hewan tinggal di habitat aslinya
c.     perburuan liar
d.     disimpan di kebun binatang
2.  Apa yang kamu ketahui tentang flora dan fauna? Jelaskan!
3.  Sebutkan flora di Indonesia yang sudah langka!
4.  Bagaimana cara menjaga fauna di Indonesia agar tidak punah?
5.  Apa penyebab flora dan fauna di Indonesia semakin langka?

Contoh Soal PH PPKn KD 3.4
1.     Sikap yang kamu lakukan ketika mengetahui bahwa ada pabrik yang membuang limbah ke sungai adalah . . . .
a.     mermbiarkan
b.     pura-pura tidak tahu
c.     diam saja
d.     melaporkan kepada yang berkuasa
2.     Apa kewajiban yang kamu lakukan dalam menghematsumber energi di rumahmu?
3.     Jika musim hujan, daerah sekitarmu selalu banjir karena masyarakat jarang membersihkan lingkungan, apa seharusnya kewajiban yang harus kamu lakukan di masyarakat?
4.     Menurutmu, apa yang akan terjadi jika masyarakat tidak peduli terhadap lingkungan?
5.     Apa akibatnya jika kamu tidak melaksanakan kewajiban menjaga pelestarian lingkungan?

Contoh Soal PH  SBdP KD 3.2
1.  Drum, tamborin, dan marakas merupakan contoh dari alat musik . . . .
          a.     tradisional
          b.     modern
          c.     melodis
          d.     ritmis
2.     Jelaskan menurut pendapatmu, perbedaan alat musik ritmis dan alat musik melodis!
3.     Apa fungsi tempo dalam sebuah lagu?
4.     Tuliskan lima contoh alat musik ritmis!
5.     Tuliskan lima contoh alat music melodis!

Untuk mendapatkan Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku dapat di download pada link di bawah ini:
Untuk Soal PH K13 Kelas 4 tema lainnya bisa di lihat pada link di bawah ini

Soal PH K13 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan
Soal PH K13 Kelas 4  Tema 5 Pahlawanku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 6 Cita Citaku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku

Demikianlah  Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku yang penulis bagikan mudah mudahan bisa bermanfaat kepada kita semua

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar