-->

Penting, Inilah Panduan Pembelajaran Jarak Jauh 5 M Yang Perlu Diketahui Guru

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Panduan Pembelajaran Jarak Jauh 5 M

Sistem belajar baik di rumah, maupun di sekolah, hendaklah tetap berpihak pada anak. Guru dan orangtua yang berdaya menciptakan pengalaman belajar yang melibatkan anak. 
Bagaimana caranya ?  Di artikel ini admin akan uraikan Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi guru dan orangtua di situasi wabah virus Corona.

Tujuan Pembelajaran Jarak Jauh 5 M

Adapun tujuan dari PJJ yang sebenarnya yaitu :
1. Mendorong kolaborasi orangtua, guru dan murid untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus Corona
2. Memastikan anak mendapatkan personalisas pengalaman belajar vang Bermakna, menantang dan
sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.
Dibawah ini kami akan menjelaskan satu persatu Konsep Panduan Pembelajaran Jarak Jauh 5 M sebagai berikut :

1. Memanusiakan Hubungan

Konsep Pembelajaran Jarak Jauh bermakna dengan Cara 5M yang pertama yaitu memanusiakan hubungan . Yaitu praktik pembelajaran yang dilandasi orientasi pada anak berdasarkan relasi positif yang saling memahami antara guru, murid dan orangtua.

Hal yang mesti dilakukan guru dalam memanusiakan hubungan
  • Lakukan pengumpulan informasi terlebih dahulu mengenai kesiapan orangtua dalam mendampingi murid dan melakukan pembelajaran jarak jauh. Faktor yang setidaknya perlu dipertimbangkan: akses orangtua terhadap teknologi pola kerja orangtua dan tingkat pendidikan orangtua. (Prioritas)
  • Sediakan waktu berbincang bebas dengan orangtua damurid untuk mendapatkan gambaran kondisi yang mereka alami. Membangun kepercayaan diri murid dan orangtua, menghadirkan dukungan, pendorong semangat dan bantuan profesional. (Prioritas)
  • Memperkirakan durasi pengerjaan tugas yang akan diberikan. Pastikan durasinya maksimal 80% dari jam belajar normal untuk menyedia kan waktu belajar tidak terstruktur. Durasi ini bisa disesuaikan melalui koordinasi dengan guru yang mengajar pada kelas yang sama dan dengan murid/orangtua (Menantang)
  • Membangun kesepakatan dengan orangtua terkait cara pengerjaan tugas murid, jadwal dan durasi konferensi guru
  •  Menantang
  • Menyiapkan aktivitas dan tugas guru yang memadukan tujuan kurikulumb. Minat murud, dan isu yg sedang hangat dibicarakan
Hal yang mesti dihindari guru dalam memanusiakan hubungan
  • Hindari membuat aturan dan tugas yang tidak memahami kondisi murid dan orangtua.
  • Hindari memaksakan tugas harus dikerjakan dengan kriteria dan durasi kecepatan yang sama untuk semua murid.
  • Hindari menuntut orangtua untuk mendampingi penuh murid tanpa mempertimbangan faktor
  • kendala dalam melakukan pendampingan

2. Memahami Konsep

Praktik pembelajaran yang memandu murid bukan sekedar menguasai konten tapi menguasai pemahaman mendalam terhadap konsep yang dapat diterapkan di beragam konteks.

Hal yang mesti dilakukan guru dalam pembelajaran memahami konsep

  • Lakukan penjelasan terlebih dahulu kepada orangtua khususnya pada kelas kecil tentang tujuan dan proses belajar jarakjauh dan penggunaan aplikasi atau situs melalui video tutorial atau infografis (Prioritas).
  • Satu kegiatan belajar bisa mencakup lebih dari 1 pelajaran. Rancang tugas atau kegiatan belajar yang bisa mencakup 2-3 pelajaran. (Prioritas)
  • Berilah tugas yang terkait dengan lingkungan rumah pada kelas kecil dan terkait dengan persoalan yang sedang hangat dibicarakan. (Menantang)
  • Sediakan pertanyaan terbuka pada instruksi penugasan yang memfasilitasi murid untuk mengekspresikan pendapatnya. Contoh: Pada kelas kecil, a pa yang kamu sukai dari tugas hari ini? Pada kelas besar, apa kaitan antara konsep yang kamu pelajari hari ini dengan persoalan masyarakat saat ini? (Menantang)

Hal yang perlu di hindari guru pembelajaran memahami konsep

  • Hindari memberikan tugas sekedar untuk latihan soal atau pengerjaan LKS, tanpa disertai diskusi dan refleksi
  • Hindari memberi tugas yang meminta murid hanya memindahkan materi dari buku teks ke lembar tugas.

3. Membangun Keberlanjutan

Praktik pembelajaran yang memandu murid mengalami rute pengalaman belajar yang terarah dan berkcelanjutan melalui umpan balik dan berbagi praktik baik.

Hal yang mesti dilakukan guru dalam membagun keberlanjutan

  • Membuat panduan tugas yang rinci namun tidak mendikte. Pastikan orangtua/murid memahami instruksi namun tidak terkekang dalam belajar. (Prioritas)
  • Pastikan memberi umpan balik pada setiap penugasan yang diberi kan kepada murid. Pada kelas kecil, umpan balik bisa berupa kalimat penyemangat Pada kelas besar, umpan balik perlu spesifik pada bagian tugas yang perlu diperbaiki. (Prioritas)
  • Perbanyak asesmen formatif untuk membantu murid memahaml kemampuan awalnya dan
  • kebutuhan belajar berikutnya Pada kelas kecil asesmen formatif bisa berupa pertanyaan yeng dapat dijawab dengan gambar ateu ekspresi murid. Pada kelas besar, asesnen formatif yang sederhana (pilihar ganda), singkat (3- Sbutir soal) dan hasinya bisa langsung diketahui  (Prioitas)
  • Pastikan ada kriteria keberhasilan yang digunakan odalam penilaian dari setiap tugas yang diberikan. Pada kelas kecil pastikan orangtua memahami kriteria keberhasilan itu Pada kelas besar, diskusikan kriteria keberhasilan dengan murid. (Menantang).
  • Pastikan melakukan refleksi berkala sebagai titik periksa kemajuan pengerjaan tugas. Sepakati waktunya dengan orangtua pada kelas kecil dan dengan murid pada kelas besar. (Menantang).

4. Memilih Tantangan

Praktik pembelajaran yang memandu murid menguasai keahlian melalui proses yang berjenjang dengan pilihan tantangan yang bermakna

Hal yang mesti dilakukan guru pada konsep memilih tantangan

  • Sediakan pilihan jam belajar. Pada kelas kecil, jam belajar perlu luwes menyesuaikan jam aktivitas orangtua. Pada kelas besar, sediakan pilihan jam belajar sesuai jam sekolah atau jamn mengerjakan tugas. (Prioritas)
  • Kombinasikan aktivitas dengan diskusi atau bergerak, tidak hanya duduk dan menulis saja atau aktivitas bergerak saja. (Menantang)
  • Sediakan pilihan tugas. Perlihatkan beberapa aktivitas dari sumber berbeda Beri kesempatan murid memilih tugas yang bisa dilakukannya, kemudian sepaka bersama orangtua. Anjuran ini semakin penting untuk murid berkebutuhan khusus. (Menantang )
Hal yang mesti dihindari guru dalam memilih tantangan
  • Hindari memberikan tugas yang terlalu mudah atau terlalu sulit bagi murid.
  • Hindari memberikan tugas sesuai kurikulum, tanpa mengaitkan dengan lingkungan atau kehidupan sekitar

5. Memberdayakan KontekS

Adapun Konsep Pembelajaran Jarak Jauh bermakna dengan Cara 5M yang terakhir yaitu memberdayakan konteks. Yaitu embelajaran yang memandu murid melibatkan sumber daya dan kesempatan di komunitas sebagal sumber belajar sekaligus kesempatan berkontribus terhadap perubahan

Hal yang mesti dilakukan guru dalam memberdayakan konteks

  • Menyediakan tugas yang membuat murid bisa menerapkan kemampuannya pada konteks atau
  • tugas sehari-hari di rumah (Prioritas)
  • Satu kegiatan belajar bisa mencakup lebih dari 1 pelajaran. Rancang tugas atau kegiatan belajar yang bisa mencakup 2-3 pelajaran. (Prioritas)
  • Gunakan Bagi murid yang tidak memiliki gawa guru bisa membentuk kelompok dengan
  • teman yang tinggalnya berdekatan. Bila murid yang tidak mempunyai gawai dan lokasinya jauh dari teman satu sekolah, guru sebaiknya mendatangi rumah murid tersebut untuk memberikan tugas yang bisa disesuaikan dengan sekitar rumah dan memberikan tugas rumah yang bisa dikerjakan bersama orang tua (Menantang)
Hal yang mesti dihindari guru 
  • Hindari memberi tugas yang mendorong murid berinteraksi dengan banyak orang di tengah situasi wabah Corona
  • Hindari memberi tugas hanya dari satu sumber atau buku teks semata.
  • Hindari memberikan tugas yang sama untuk semua muri tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi murid yang berbeda di rumah atau wilayah
Demikianlah uraian admin tentang Konsep Panduan Pembelajaran Jarak Jauh 5 M. Mudah mudahan uraian ini dapat bermanfaat kepada bapak dan ibu guru tentang PJJ

Sumber :bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh
....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel