-->

Download RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Revisi 2020

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Download RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Revisi 2020
Dalam artikel ini, saya akan berbagi  RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Revisi 2020. RPP adalah perangkat penting yang harus dimiliki oleh seorang guru sebelum belajar di kelas. Tanpa berkas ini, guru akan mengalami kendala dalam melakukan proses pembelajaran di kelas.

Pada akhir 2019, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan SE No. 14 tahun 2019 tentang pederhanaan RPP. Dalam Surat Edaran RPP, yang awalnya terdiri dari 13 komponen yang sekarang disederhanakan hanya dalam 3 komponen, yaitu:
1. Komponen tujuan
2. Komponen kegiatan belajar dan
3. Komponen Evaluasi

Dengan penyederhanaan RPP, Anda dapat mengurangi waktu guru  membuat RPP selesai dan panjang dan diganti dengan waktu untuk melakukan pembelajaran yang signifikan kepada siswa.
Adapun RPP yang kami share sudah di sesuai dengan surat edaran yang terdiri dari hanya 3 komponen, jadi jika guru dan ibu guru mencari Lembar RPP 1 sempurna untuk bahan referensi. Adapun contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Revisi 2020 sebagai berikut :

1. Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran Ke 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema : Aku dan Cita-citaku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu 1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan mengamati puisi yang dibacakan temannya, siswa mampu menjelaskan dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan mengamati syair lagu dan menyanyikannya, siswa mampu mengidentifikasi dan menilai tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan tepat.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan
 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) 10 menit
Inti 
Ayo Mengamati 
 Guru menugaskan siswa yang lain untuk mengamati dan mencermati puisi yang sedang dibacakan. (Creativity and Innovation)
 Siswa menuliskan judul puisi dan isi/makna dari puisi yang dibacakan oleh temannya. 
Ayo Berdiskusi
 Guru mengaitkan topik pembicaraan tentang puisi dengan lagu, bahwa syair lagu pun memiliki makna. Selain memiliki makna, lagu juga memiliki tempo yang mendukung makna dari lagu tersebut. (Creativity and Innovation)
 Siswa diminta untuk mencermati syair lagu yang disajikan pada Buku Siswa dan mengidentifikasi isi/maknanya serta tempo yang sesuai dengan lagu tersebut. 
Ayo Berlatih
 Siswa menuliskan syair dan notasi dari lagu anak yang disukainya.(Creativity and Innovation)
 siswa mengidentifikasi nada yang tinggi maupun nada yang rendah. (Creativity and Innovation)
 150 menit

Penutup Peserta Didik :
 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
Guru :
 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
 Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
 Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius) 15 menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

2. Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran Ke 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema : Keunikan Daerah Tempat Tinggalku (Subtema 2)
Muatan Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen.
2. Dengan kegiatan mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan kegiatan menemukan jawaban soal, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal
 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) 
Kegiatan Inti
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Mengamati
 Guru meminta siswa mengamati gambar pelaku kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen. Sebagai produsen adalah pengusaha buku. Sebagai distributor adalah penjual buku. Sebagai konsumen adalah pelajar.
 Kemudian, secara mandiri siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Hots)
 Siswa mengamati gambar perguruan tinggi pada buku siswa sambil mendengarkan guru membacakan narasi. 
Ayo Mengamati
 Siswa mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi.
 Siswa diminta menuliskan pendapatnya tentang keberagaman fisik berdasarkan gambar tersebut. (Mandiri)
 Selanjutnya, siswa juga diminta untuk menuliskan pendapatnya tentang cara menyikapi keberagaman karakteristik di sekolahnya. (Mandiri
 Guru mengajak siswa melakukan diskusi klasikal. (Collaboration)
 Guru meminta siswa menyampaikan pendapatnya di depan teman-temannya. (Communication)
 Guru juga memberi kesempatan siswa lain jika ada jawaban berbeda.
 Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi pendapat-pendapat siswa. Selain itu, guru juga memberi memberi penegasan bahwa keberagaman fisik merupakan anugerah Tuhan
 Siswa mengamati gambar sambil mendengarikan guru membacakan narasi pada buku siswa.
 Kemudian, siswa diminta membaca cerita fiksi berjudul Kali Gajah Wong. (Literasi)
Ayo Berlatih
 Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Hots)
Kegiatan Penutup
Ayo Renungkan
 Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya secara tertulis berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
 Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai pekerjaan, keberagaman karakteristik individu, dan tokoh-tokoh pada cerita fiksi.
Kerjasama Dengan Orang Tua
 Siswa mengamati keunikan daerah tempat tinggalnya.
 Selanjutnya, siswa berdiskusi dengan anggota keluarganya tentang keunikan tersebut. 
 Siswa diminta menuliskan hasil diskusinya.
Peserta Didik :
 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
Guru :
 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. 15 
 menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

3. Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran Ke 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Kayanya Negeriku (Tema 9) 
Sub Tema : Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPKn, SBDP
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menyanyikan lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat bernyanyi dengan memerhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
2. Dengan berdiskusi mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, siswa memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Orientasi/Apersepsi Motivasi 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2. Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. 
3. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya 10 menit
Kegiatan Inti 
1. Siswa membaca bacaan Hari Air Sedunia. (Literasi).
2. Selesai membaca, siswa mencoba menemukan kata-kata sulit dan mencari arti katanya.
B. Ayo Berlatih
1. Siswa mengerjakan tugas tentang air bersih. (Hots)
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan.
Ayo Bernyanyi
1. Siswa mennyanyikan lagu “Aku Cinta Lingkungan” bersama teman-temanya dengan menggunakan iringan dengan alat musik yang ada di sekitarmu. (Creativity and Innovation)
2. Kegiatan ini dapat dikreasikan layaknya sebuah pertunjukan ataupun perlombaan menyanyi agar kegiatan pembelajarannya berjalan secara menyenangkan dan tidak membosankan.
Hasil yang Diharapkan:
• Siswa percaya diri. 
• Siswa memiliki keterampilan bernyanyi sesuai dengan nada dan tempo yang benar 150 menit
 
Kegiatan Penutup
A. Ayo Renungkan
1. Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan siklus hidup hewan, lingkungan, dan keterampilan wawancara.
(Critical Thingking and Problem Solving)

B. Kerjasama dengan Orang Tua
1. Siswa bernyanyi lagu “Pandu Lingkungan Indonesia” tanpa menggunakan iringan alat musik di depan orang tuanya.
2. Selesai bernyanyi, siswa meminta pendapat dan tanggapan dari orang tuanya mengenai ketepatan nada, tempo, dan lirik lagunya.
(Mandiri)
C. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
D. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius) 15 menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

C. Link Download  RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester  2 Revisi 2020

Untuk File RPP 1 lembar selengkapnya bisa di download melalui Link di bawah ini :
RPP 1 Lembar K13 Kelas 4 Tema 6 Revisi 2020
Download RPP Kelas 4 tema 6 subtema 3
RPP 1 Lembar K13 Kelas 4 Tema 7 Revisi 2020
RPP 1 Lembar K13 Kelas 4 Tema 8 Revisi 2020
RPP 1 Lembar K13 Kelas 4 Tema 9 Revisi 2020

Itulah artikel kami tentang Download RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Revisi 2020. Mudah mudahan bisa memberikan manfaat kepada bapak dan ibu guru.
....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel