-->

Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 Revisi 2020

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 Revisi 2020

Pada artikel kali ini saya akan menshare RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 Revisi 2020. RPP merukan administrasi penting yang perlu di miliki oleh seorang guru sebelum masuk memberi materi pembelajaran dalam kelas. Tanpa RPP ini guru akan kesulitan melaksanakan proses pembelajaran dalam kelas.
Pada akhir tahun 2019 mendikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam surat edaran tersebut RPP yang mulanya terdiri atas 13 komponen sekarang disederhanakan menjadi 3 komponen saja yaitu :
1. komponen tujuan
2. komponen kegiatan pembelajaran dan
3. komponen penilaian

Dengan adanya penyederhanaan RPP ini dapat mengurangi beban guru untuk membuat RPP yang lengkap dan panjang dan diganti dengan waktu untuk melaksanakanpersiapan  pembelajaran yang bermakna kepada siswa.

Adapun RPP 1 Lembar yang admin bagikan sudah sesuai dengan surat edaran tersebut yang hanya terdiri atas 3 komponen saja, sehingga apabila bapak dan ibu guru sedang mencari RPP 1 Lembar sangat cocok untuk menjadi bahan referensinya. Adapun contoh RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 Revisi 2020 sebagai berikut :

1. Contoh RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran Ke 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri (Tema 6)
Sub Tema : Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, Matematika
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk yang ada dalam dialog sosio drama dengan tepat.
2. Melalui kegiatan bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan petunjuk secara lisan dengan tepat
3. Dengan memisahkan kumpulan benda siswa mampu menjelaskan kembali bagaimana cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21–40) dengan benar.
4. Dengan mengamati prosedur mengurangi dua bilangan siswa dapat mempresentasikan hasil pengurangan bilangan 21–40 menggunakan benda konkret dengan benar.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN 
Kegiatan Awal
Orientasi/Apersepsi Motivasi 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2. Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. 
3. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya 
Kegiatan Inti 
1. Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 3 orang untuk melakukan kegiatan percakapan.(GOTONG Royong)
2. Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk menghafalkan teks percakapan tersebut.
3. Setelah waktu yang diberikan habis, setiap kelompok secara bergilir memeragakan percakapannya di depan kelas.(Gotong Royong)
4. Di sela-sela penampilan masing-masing kelompok guru memberikan komentar dan pujian.(Communication)
Ayo Berlatih
1. Kemudian guru memberi contoh menentukan kalimat matematika dari permaslahan tersebut dan cara menentukan hasil pengurangan dari kalimat matematika tersebut. 
2. Setelah itu, siswa diminta membentuk 5 kelompok.(Gotong Royong) 
3. Setiap kelompok diminta menyelesaikan soal yang ada di semua pos secara bergantian. Kelompok 1 memulai dari pos 1, ke pos 2, sd pos lima. Kelompok 2 mulai dari pos 2, ke pos 3, sampai pos 1, dan seterusnya. Waktu yang diberikan 30 menit.(Gotong Royong
Kegiatan Penutup
1. Guru mengulas kembali apa yang sudah dipelajari. 
2. Menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari.
3. Siswa menyampaikan perasaannya setelah mengikuti kegiatan hari ini.(Communication)
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius) 15
menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

2. Contoh RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran Ke 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester : 5 /2
Tema : Peristiwa dalam Kehidupan (Tema 7)
Sub Tema : Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemedekaan (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPS, PPkn
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca, siswa dapat mengenal Proklamator Kemerdekaan Indonesia dengan penuh kepedulian. 
2. Dengan membaca, siswa dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa heroik dalam menyambut Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh tanggung jawab. 
3. Dengan membaca dan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi nilai-nilai luhur dalam keragaman masyarakat dengan penuh kepedulian.
4. Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya yang menunjukkan nilai-nilai persatuan dalam keragaman dengan penuh tanggung jawab.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan  Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) 10 menit
Inti (Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Membaca 
 Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa secara spontan dan acak untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap isi bacaan.
Ayo Menulis
 Siswa menulis biografi sederhana mengenai Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia. (Creativity and Innovation)
 Siswa membaca dan mengamati gambar tentang peristiwa-peristiwa heroik setelah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. (HOTS)
Ayo Berlatih
 Siswa secara mandiri menjawab pertanyaanpertanyaan pada buku siswa berkaitan dengan bacaan tentang peristiwa-peristiwa heroik setelah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan. 
Ayo Berdiskusi
 Siswa menandai peta daerah-daerah tempat terjadinya peristiwa heroik setelah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan. 
 Untuk memudahkan kegiatan ini, siswa dapat menggunakan peta Indonesia. 
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Menulis
 Siswa secara bergantian membacakan hasil kerjanya untuk mendapatkan tanggapan dari teman dan gurunya. (Creativity and Innovation)
Ayo Mengamati
 Secara mandiri siswa mengamati dan menyebutkan berbagai keragaman yang terdapat di kelasnya. (Mandiri)
 Hasil pengamatan siswa digunakan sebagai bahan untuk mengisi tabel pada buku siswa.
Ayo Berlatih
 Siswa melakukan pengamatan terhadap masyarakat sekitarnya untuk mencari tahu pentingnya persatuan dalam masyarakat.
Ayo Renungkan
 Siswa mengamati dan menyebutkan bentuk-bentuk keragaman yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggalanya.
Kerja Sama dengan Orang Tua
 Siswa menceritakan peran orang tua dalam membina hidup rukun dalam 150 menit
Penutup Peserta Didik :
 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
Guru :
 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. 15 menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

3. Contoh RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran Ke 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester : 5 /2
Tema : Lingkungan Sahabat Kita (Tema 8)
Sub Tema : Usaha Pelestarian Lingkungan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkn, IPS
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan membaca, siswa mampu menjelaskan pengaruh kegiatan ekonomi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dengan benar.
2. Melalui kegiatan mencoba, siswa dapat membuat peta pikiran (mind map) tentang poin-poin penting dari teks bacaan dengan benar.
3. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa dapat menceritakan keuntungan dari keragaman sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Inti
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam dan do’a (Religius dan Integritas)
2. Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. 
3. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya 10 menit
Inti Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
• Sebagai apersepsi, siswa diminta menyebutkan jenis-jenis usaha ekonomi yang pernah dipelajari pada Subtema 1 dan Subtema 2. 
Ayo Membaca 
• Siswa membaca teks “Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat”. (Literasi) 
Ayo Mencoba
• Siswa membuat peta pikiran (mind map) tentang informasi-informasi penting dari teks “Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat”.
• Secara bergantian siswa mempresentasikan peta pikiran yang telah dibuat di depan siswa-siswa lain dalam kelas. 
Ayo Mengamati
• Siswa dibagi dalam kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 5–6 siswa. (Gotong Royong)
• Setiap kelompok mengamati kegiatan produksi dan distribusi di lingkungan sekitarnya. 
• Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya di depan guru dan kelompok-kelompok lain.
• Setiap kelompok memberi tanggapan dan atau masukan atas hasil pengamatan dan identifikasi kelompok lain.

Ayo Berdiskusi
• Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok, masing-masing beranggota 5–6 siswa.
• Setiap kelompok mendiskusikan keuntungan adanya keragaman sosial akibat dari berbagai jenis usaha masyarakat.
• Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya sebagai bahan diskusikelas.
(Critical Thinking and Problem Formulation).

Ayo Renungkan
Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat simpulan umum tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari itu. Siswa diminta untuk merefleksikan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait materipembelajaran hari itu. (Mandiri)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Pada pertemuan berikutnya, siswa membacakan laporannya di depan guru dan teman-temannya di kelas.
 
Kegiatan Penutup 

A. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius) 15 menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

Link Download File RPP  1 Lembar Kelas 5

Bila bapak dan ibu guru berminat memiliki file RPP 1 lembar selengkapnya bisa di download melalui Link di bawah ini :

RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya
RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan
RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Tema 8  Lingkungan Sahabat Kita
RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Tema 9 Benda di Sekitar Kita

Itulah Artikel kami tentang Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 Revisi 2020. Mudah mudahan bisa menberikan manfaat.

....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel