Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2022

Daftar Isi

Pada artikel kali ini admin Gurubelajar.my.id akan membagikan RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2020. RPP merukan perangkat penting yang wajib di miliki oleh seorang guru sebelum melakukan pembelajaran dalam kelas. Tanpa administrasi ini guru akan kesulitan melaksanakan proses pembelajaran dalam kelas.

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2020

Pada akhir tahun 2019 mendikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam surat edaran tersebut RPP yang mulanya terdiri atas 13 komponen sekarang disederhanakan menjadi 3 komponen saja yaitu :
1. komponen tujuan
2. komponen kegiatan pembelajaran dan
3. komponen penilaian

Dengan adanya penyederhanaan RPP tersebut dapat mengurangi waktu guru untuk membuat RPP yang lengkap dan panjang dan diganti dengan waktu untuk melaksanakan pembelajaran yang bermakna kepada siswa. 

Adapun RPP yang admin bagikan sudah sesuai dengan surat edaran tersebut yang hanya terdiri atas 3 komponen saja, sehingga apabila bapak dan ibu guru sedang mencari RPP 1 Lembar sangat cocok untuk menjadi bahan referensinya. Adapun contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2020 sebagai berikut :

1. Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran Ke 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

Satuan Pendidikan : SDN 1 pare

Kelas / Semester : VI /Genap 
Tema 8 : Bumiku 
Sub Tema 1 : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPS, PPKn
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mencermati bacaan, siswa mampu mengidentifikasi informasi penting.
2. Dengan melakukan diskusi mengenai Pasal 31 Ayat 1, siswa memahami bahwa seluruh warga negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan.
3. Dengan menjawab pertanyaan tentang hak dan kewajiban warga negara Indonesia, siswa lebih memahami tentang hak dan kewajiban sebagai pelajar dan diwujudkan dengan membuat pekerjaan "Janji untuk Negeri".
4. Dengan membuat peta pikiran tentang negara tetangga, siswa dapat mengetahui karakteristik geografis negara-negara di wilayah ASEAN.
5. Dengan membaca memindai, siswa mampu menemukan informasi tertentu yang diinginkan.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN 
Kegiatan awal
Orientasi/Apersepsi/ Motivasi 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2. Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. 
3. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya 15 
Kegiatan inti
Inti Ayo Membaca
 Siswa membaca artikel tentang sekolah untuk anak jalanan.
 Siswa menentukan kata kunci dan gagasan utama dari setiap paragraf.
 Siswa akan menceritakan kembali isi bacaan berdasarkan gagasan utama yang telah dibuat dengan menggunakan kata-kata sendiri. (Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
 Guru menggunakan cerita tentang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat untuk menunjukkan kepada siswa bahwa masyarakat Indonesia bekerja bahu-membahu untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia mendapatkan kesempatan untuk memperolah pendidikan.
 Siswa bergantian untuk memberikan pendapatnya.
 Siswa akan menuliskan hasil diskusi pada kolom-kolom kewajiban yang terdapat pada buku siswa.
Ayo Berdiskusi
 Siswa mendiskusikan apakah kewajiban yang ia tulis tersebut merupakan sesuatu yang harus ia lakukan, dan apakah pelaksanaan kewajiban tersebut akan memberikan manfaat baginya.
Ayo Mengamati
 Guru dan siswa berdiskusi tentang negara tetangga Indonesia lainnya, yaitu Thailand dan Vietnam.
 Siswa mengamati penjelasan tentang negara Thailand dan Vietnam ini. Kemudian, mereka membuat peta pikiran tentang kedua negara ini pada setiap kolom yang terdapat pada buku siswa
Ayo Berlatih
 Siswa membandingkan keadaan alam negara Thailand dan Vietnam.
 Siswa membaca informasi mengenai ASEAN dan menemukan informasi penting yang terkait dengan jenis-jenis kerja sama ASEAN.
 Siswa mengolah informasi yang ia dapatkan dan menyajikannya kembali dalam bentuk kartu informasi.
 Siswa membuat dua kartu informasi tentang kerja sama ASEAN, satu kartu untuk informasi kerja sama di bidang ekonomi dan kartu lainnya untuk informasi kerja sama di bidang politik. 
Kegiatan Penutup
Penutup Ayo Renungkan
 Siswa menjawab pertanyaan berikut:
1. Hal-hal penting apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Apakah menurutmu organisasi ASEAN penting bagi Indonesia?
3. Pengalaman organisasi apa yang pernah kamu ikuti?
 Higher Order Thinking Skill
Kerja Sama dengan Orang Tua 
 Siswa akan berdiskusi bersama orang tua tentang negara tetangga. Siswa dan orang tua akan mendiskusikan pertanyaan
Apabila keluargamu diberi kesempatan untuk mengunjungi salah satu negara tetangga, negara mana yang akan keluargamu pilih? Mengapa?
 Pelajaran diakhiri dengan Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

2. Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran Ke 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN Pinrang
Kelas / Semester : VI /Genap 
Tema 9 : Menjelajah Luar Angkasa
Sub Tema 1 : Keteraturan Yang Menakjubkan
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, SBDP
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mencari informasi penting tentang planet dalam tata surya, siswa dapat meningkatkan keingintahuannya. 
2. Dengan mengumpulkan informasi tentang tata surya, siswa dapat mempresentasikannya di depan kelas dengan percaya diri. Dengan membaca bacaan tentang model tata surya, siswa dapat membuat model tata surya sederhana dengan teliti dan mempresentasikannya dengan percaya diri.
3. Dengan membaca cerita fiksi, siswa dapat menceritakan kembali jalan cerita dan tokoh - tokoh dalam teks fiksi secara lisan, tulisan, dan visual dengan percaya diri.
4. Dengan memerhatikan interval nada, siswa dapat menyanyikan lagu sederhana dengan saksama.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN 
Kegiatan Awal
Pendahuluan 1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) 
Kegiatan Inti 
Ayo Membaca (Sintak Model Discovery Learning)
 Siswa membaca informasi tentang setiap planet secara bergantian.
 Siswa menggarisbawahi nama planet dan informasi yang menarik dari planet-planet tersebut.
 Guru memberikan referensi buku atau majalah atau website yang dapat menambah pengetahuan siswa tentang planet-planet atau tata surya.
Ayo Berdiskusi (Sintak Model Project Based Learning)
 Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok kerja.
 Setiap kelompok akan Menggambar planet atau Matahari.
 siswa diberi kesempatan untuk latihan mempresentasikan informasinya.
Ayo Menulis (Sintak Model Discovery Learning)
 Siswa diberi kesempatan untuk menuliskan lagi pertanyaan yang lebih banyak tentang ta ta surya kita di tempat yang disediakan
Ayo Mencoba (Sintak Model Project Based Learning)
 Guru membahas lagi tentang model tata surya 2 dan 3 dimensi.
 Siswa membuat model tata surya 2 dimensi secara berkelompok.
 Siswa memilih bahan yang akan digunakan untuk membuat modelnya.
 Guru memastikan bahwa siswa membuat model tata surya bersama-sama. (Collaborative)
 Setelah siswa selesai membuat modelnya, siswa mempresentasikan model tata suryanya di depan kelas secara singkat.
 Siswa akan memberikan tanggapan dan asesmen. (kegiatan ini akan dinilai oleh teman) (Critical thinking and Problem Solving).
Ayo Mencoba (Sintak Model Project Based Learning)
 Guru menyediakan majalah anak (seperti Bobo) atau surat kabar yang berisi cerita- cerita pendek.
 Siswa memilih cerita pendek yang menurutnya menarik.
 Siswa menggambarkan tokoh utama dan tokoh tambahan serta ringkasan ceritanya.
 Siswa mempresentasikannya di depan kelas dengan percaya diri.
 Guru meminta siswa untuk menyimak percakapan antara Lani dan Siti dalam buku siswa dan menggunakannya untuk menjembatani kegiatan berikutnya.
Ayo Bernyanyi Sintak Model Discovery Learning)
 Siswa dan guru menyimak lagu "Ambilkan Bulan BU" bersama-sama dan memelajari interval nada yang terdapat dalam lagu itu.
 Siswa menyanyikan lagu "Ambilkan Bulan Bu"dengan penuh penghayatan. (kegiatan ini dinilai dengan menggunakan rubrik bernyanyi) 
 
Kegiatan Penutup 
Peserta Didik :
 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
Guru : 
 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
 Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian 

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Link Download File RPP 1 Lembar Kelas 6

Apabila bapak dan ibu berminat mendapatkan RPP 1 lembar bisa mengikuti link di bawah ini :


Itulah contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2020  yang admin Gurubelajar.my.id bagikan. Mudah mudahan bisa bermanfaat kepada bapak dan ibu guru yang lagi membutuhkan perangkat tersebut
Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar