RPP Covid Kelas 2 Semester 1 dan 2 Revisi 2021

Daftar Isi

Pada postingan hari ini admin akan menshare administrasi pembelajaran yaitu RPP Covid Kelas 2 Semester 1 dan 2 Revisi 2021. Menyambut Tahun Pelajaran 2020/2021 ditengah Pandemi Covid-19 dimana pembelajaran masih berlangsung dengan sistem belajar daring. Para guru juga akan mencari referensi RPP Covid dalam bentuk mode daring. 

RPP Covid Kelas 2 Semester 2 Revisi 2021

Dalam Administrasi ini sudah memuat 4 tema yang ada di kelas 2 semester 1 secara lengkap yaitu Tema 1. Hidup Rukun, Tema 2. Bermain di Lingkunganku, Tema 3. Tugasku Sehari-hari , Tema 4. Hidup Bersih dan Sehat 

RPP Covid kelas 2 ini yang admin bagikan dimana RPP ini desesuaikan dengan KD yang ada dalam kurikulum khusus atau kurikulum covid yang sudah sudah disederhanakan dari kurikulum nasional. Adapun media pembelajaran yang digunakan berbasis online seperti youtube, Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting maupun telegram gruf

Dengan adanya RPP kelas 2 ini semoga bisa menjadi bahan referensi untuk kelengkapan administrasi pembelajaran untuk semester 2 tahun ajaran 2020/2021

Contoh RPP Covid Kelas 2 Semester 1 dan 2

Adapun Referensi RPP Covid Kelas 2  Semester 1 dan 2 yang kami bagikan seperti terlihat di bawah ini :

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : II
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 2. Pengalamanku di Sekolah
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit

Kompetensi Dasar Materi

Mapel Bahasa Indonesia
3.3 Memahami puisi anak dalam bahasa Indonesia atau Bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
4.3 Membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
Materi Puisi anak

PPKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menuliskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
Materi : Simbol dan pengamalan sila ketiga Pancasila

PJOK
3.3 Memahami variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.3 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
Materi : Gerak lokomotor berpindah tempat

Tujuan Pembelajaran

Melalui video peserta didik dapat mendeklamasikan puisi ,menghubungkan simbol dengan pengamalan sila ketiga Pancasila, serta melakukan gerak lokomotor berpindah tempat dengan benar.

Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka

Bahan/Materi
Gambar dan Video

Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

PESAN UNTUK ORANG TUA
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran 1
Anak-anak kemarin kita sudah mengenal deklmasi puisi, dan mengetahui cara membuat vas bunga
serta mengukur panjang benda dengan alat ukur baku. Hari ini kita akan kembali melihat Beni
mendeklmasi puisi dan mengingatkan kita tentang sila ketiga Pancasila. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini.
https://www.youtube.com/watch?v=kmVGMcqdd0o
Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya.
A. Buatlah video pada saat kalian mendeklmasi puisi “Kunang-kunang ” pada tayangan yang tadi kalian saksikan dengan lafal, ekspresi dan inotasi yang tepat!
B. Berilah tanda centang ( v)untuk pengamalan sila ketiga Pancasila!
Berilah tanda silang ( X ) untuk yang bukan pengamalan sila ketiga Pancasila!
1. Beni mengajak Udin untuk memusuhi Edo
2. Udin mengajak semua teman untuk tertib pada saat upcara bendera
3. Bermusyawarah dalam memilih ketua kelas
4. Dayu senang memamerkan mainan buatan luar negeri
5. Aku enggan memaafkan teman yang sudah meminta maaf

Kegiatan Pembelajaran 2
Beni dan teman-teman akan belajar tentang gerak lokomotor berpindah tempat. Adapun cara untuk melakukan gerakan tersebut. Bagaimana ya cara melakukan gerak lokomor berpindah tempat? Mari kita lihat videonya. Klik tautan di bawah ini ya.
https://youtu.be/K6omY_ngtD8
Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang gerak lokomotor, jawab pertanyaan berikut ya.
1. Tuliskan cara melakukan berguling ke depan dengan awalan berdiri seperti gambar dibawa ini!
Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Ayo,rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. Terima kasih. Sampai jumpa.

TIM PENULIS:
1. Aini Khairunnisa, S.Pd
2. Putri Mahdarina, S.Pd
3. Dra. Mart Dahlena, M.Pd
4. Dr. Sri Handayani, M.M.

Download RPP Covid Kelas 2 Semester 1 dan 2 Revisi 2021

Apabila sekiranya para guru berminat dengan file RPP  Covid Kelas 2 dalam bentuk word Diatas lebih lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :
Download RPP Covid Kelas 2 Tema 4 Subtema 3

Demikianlah artikel kami tentang RPP Covid Kelas 2 Semester 1 dan 2 Revisi 2021, mudah mudahan bisa bermanfaat.
Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar