SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 5. Cuaca
Subtema : 2. Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 3
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar Materi
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Materi : Kalimat saran dalam teks tulis
Matematika
3.5 Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.5 Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifatsifat yang dimiliki.
Materi : Sifat bangun datar trapesium dan contoh benda konkret dalam kehidupan sehari-hari
SBdP
3.3 Mengenal dinamika gerak tari.
4.3 Menampilkan dinamika gerak tari.
Materi : Gerak cepat dan lambat dalam tari.
Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca teks tulis peserta didik dapat memberikan saran baik dengan tepat; Setelah menyimak
video, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium serta menyebutkan contoh
benda konkretnya dalam kehidupan sehari-hari; dan mempraktikkan gerak tari cepat dan lambat dari
sebuah lagu dengan tepat.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG) antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka
orangtua/wali wajib mendampingi mereka.
Bahan/Materi
Teks Tulis dan Video Pembelajaran
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video
hasil kerja
PESAN UNTUK ORANG TUA
Assalamu‘alaikum wr.wb.
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat selalu ya, mengingat
kondisi daerah kita saat ini masih pandemi virus COVID-19, maka pada hari ini memasuki pembelajaran semester 2 kita masih melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), oleh karena itu dimohon Ayah/Bunda untuk mendampingi Ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran, karena kita tidak libur sekolah melainkan Home Learning (HL).
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan 1
Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Mudahmudahan selalu sehat dan tetap semangat ya.
Pada pembelajaran sebelumnya, anak-anak sudah membuat kalimat saran berdasarkan teks mengenai cuaca. Hari ini kita akan belajar kembali membuat kalimat saran menggunakan kosakata yang sudah kalian ketahui, seperti sebaiknya, seharusnya, alangkah baiknya, saya harapkan, dll.
Kira-kira hari ini akan membuat kalimat saran berdasarkan teks tulis yang berjudul apa ya? Saksikan video berikut, ya! https://www.youtube.com/watch?v=kOjQkkWkFPA
Nah, anak-anak sudah tahu kan, bagaimana membuat kalimat saran berdasarkan teks?
Anak-anak sekarang boleh tuliskan kalimat saran yang ada pada video di atas, ya!
Tuliskan kalimat saran tersebut pada buku tulismu ya, nak!
Selanjutnya minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfotonya dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru ya. Selamat mengerjakan anak-anak!
Kegiatan 2
Hebat! Anak-anak sudah pandai dalam menuliskan kalimat saran berdasarkan teks tulis.
Apakah anak-anak masih ingat dengan gerakan kepala burung ketilang? Hebat! Selanjutnya, kalian praktikkan gerakan menirukan seperti pada video ya, dengan di iringi lagu pada video di atas.
Semangat mencoba bersama Ayah/bunda ya! Minta tolong kepada Ayah/bunda atau anggota keluarga lain untuk memvideokan Ananda mempraktikkan gerakan tersebut. Kemudian kirimkan video tersebut kepada Bapak/Ibu guru sebagai bentuk laporannya.
Pada video pembelajaran di atas telah dijelasakan juga mengenai sifat bangun datar trapesium dan
contoh benda konkretnya dalam kehidupan seharihari. Nah, selanjutnya anak-anak kerjakan sesuai
tabel di bawah ini ya!
TIM PENULIS:
1. Dodi Firman, S.Pd.
2. Hadits Rafidah Deli, S.Pd
3. Joko Turanto, S.Pd, M.M.
4. Yunianto M.M.Pd.
5. Dr. Sri Handayani, M.M.
Posting Komentar
Komentar