-->

RPP Covid Kelas 3 Semester 2 Revisi 2021

    Pada artikel ini kami akan membagikan RPP Covid Kelas 3 Semester 2 Revisi 2021. Menyambut Tahun Pelajaran 2020/2021 ditengah Pandemi Covid-19 dimana pembelajaran masih berlangsung dengan sistem belajar daring. Para guru juga akan mencari referensi RPP Covid dalam bentuk mode daring. 

    Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan referensi RPP masa pandemi Covid mode Daring, dimana administrasi pembelajaran covid ini tentunya sudah disesuaikan dengan KD yang ada dalam kurikulum khusus atau kurikulum covid yang sudah sudah disederhanakan dari kurikulum nasional. Adapun media pembelajaran yang digunakan berbasis online seperti website youtube, Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting.

    Dengan adanya RPP daring kelas tiga ini semoga bisa menjadi bahan referensi untuk kelengkapan administrasi pembelajaran untuk semester 2 tahun ajaran 2020/2021

    Contoh RPP Covid Kelas 3 Semester 2 pdf

    Adapun Referensi RPP Covid Kelas 3 Semester 2 yang kami bagikan seperti terlihat di bawah ini :

    SKENARIO PEMBELAJARAN
    Kelas : III
    Tema : 5. Cuaca
    Subtema : 2. Perubahan Cuaca
    Pembelajaran : 3
    Semester : II (Genap)
    Alokasi Waktu : 120 menit

    Kompetensi Dasar Materi

    Bahasa Indonesia
    3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
    4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
    Materi : Kalimat saran dalam teks tulis
    Matematika
    3.5 Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
    4.5 Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifatsifat yang dimiliki.
    Materi : Sifat bangun datar trapesium dan contoh benda konkret dalam kehidupan sehari-hari
    SBdP
    3.3 Mengenal dinamika gerak tari.
    4.3 Menampilkan dinamika gerak tari.
    Materi : Gerak cepat dan lambat dalam tari.

    Tujuan Pembelajaran

    Setelah membaca teks tulis peserta didik dapat memberikan saran baik dengan tepat; Setelah menyimak
    video, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium serta menyebutkan contoh
    benda konkretnya dalam kehidupan sehari-hari; dan mempraktikkan gerak tari cepat dan lambat dari
    sebuah lagu dengan tepat.

    Alat/Media
    Whatsapp group (WAG) antara guru, orang tua, dan siswa
    Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka
    orangtua/wali wajib mendampingi mereka.

    Bahan/Materi
    Teks Tulis dan Video Pembelajaran

    Penilaian
    (1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video
    hasil kerja

    PESAN UNTUK ORANG TUA
    Assalamu‘alaikum wr.wb.
    Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat selalu ya, mengingat
    kondisi daerah kita saat ini masih pandemi virus COVID-19, maka pada hari ini memasuki pembelajaran semester 2 kita masih melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), oleh karena itu dimohon Ayah/Bunda untuk mendampingi Ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran, karena kita tidak libur sekolah melainkan Home Learning (HL).

    Kegiatan Pembelajaran

    Kegiatan 1
    Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Mudahmudahan selalu sehat dan tetap semangat ya.
    Pada pembelajaran sebelumnya, anak-anak sudah membuat kalimat saran berdasarkan teks mengenai cuaca. Hari ini kita akan belajar kembali membuat kalimat saran menggunakan kosakata yang sudah kalian ketahui, seperti sebaiknya, seharusnya, alangkah baiknya, saya harapkan, dll.
    Kira-kira hari ini akan membuat kalimat saran berdasarkan teks tulis yang berjudul apa ya? Saksikan video berikut, ya! https://www.youtube.com/watch?v=kOjQkkWkFPA

    Nah, anak-anak sudah tahu kan, bagaimana membuat kalimat saran berdasarkan teks?
    Anak-anak sekarang boleh tuliskan kalimat saran yang ada pada video di atas, ya!
    Tuliskan kalimat saran tersebut pada buku tulismu ya, nak!
    Selanjutnya minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfotonya dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru ya. Selamat mengerjakan anak-anak!

    Kegiatan 2
    Hebat! Anak-anak sudah pandai dalam menuliskan kalimat saran berdasarkan teks tulis.
    Apakah anak-anak masih ingat dengan gerakan kepala burung ketilang? Hebat! Selanjutnya, kalian praktikkan gerakan menirukan seperti pada video ya, dengan di iringi lagu pada video di atas.
    Semangat mencoba bersama Ayah/bunda ya! Minta tolong kepada Ayah/bunda atau anggota keluarga lain untuk memvideokan Ananda mempraktikkan gerakan tersebut. Kemudian kirimkan video tersebut kepada Bapak/Ibu guru sebagai bentuk laporannya.

    Pada video pembelajaran di atas telah dijelasakan juga mengenai sifat bangun datar trapesium dan
    contoh benda konkretnya dalam kehidupan seharihari. Nah, selanjutnya anak-anak kerjakan sesuai
    tabel di bawah ini ya!

    TIM PENULIS:
    1. Dodi Firman, S.Pd.
    2. Hadits Rafidah Deli, S.Pd
    3. Joko Turanto, S.Pd, M.M.
    4. Yunianto M.M.Pd.
    5. Dr. Sri Handayani, M.M.

    Apabila sekiranya bapak dan ibu guru berminat  mendownload RPP Daring kelas 3 SD semester 2 Diatas lebih banyak dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :


    Demikianlah artikel kami tentang RPP Covid Kelas 3 Semester 2 Revisi 2021, mudah mudahan bisa bermanfaat.
    LihatTutupKomentar