-->

RPP Covid Kelas 5 Semester 2 Revisi 2021

    Pada artikel kali ini kami akan membagikan RPP Covid Kelas 5 Semester 2 Revisi 2021. Menyambut Tahun Pelajaran 2020/2021 ditengah Pandemi Covid-19 dimana pembelajaran masih berlangsung dengan sistem belajar daring. Para guru juga akan mencari referensi RPP Covid dalam bentuk mode daring. 
    Pada artikel kali ini kami akan membagikan referensi RPP Covid mode Daring, dimana RPP ini desesuaikan dengan KD yang ada dalam kurikulum khusus atau kurikulum covid yang sudah sudah disederhanakan dari kurikulum nasional. Adapun media pembelajaran yang digunakan berbasis online seperti website youtube, Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting.

    Dengan adanya RPP Covid Semester 2 ini semoga bisa menjadi bahan referensi untuk kelengkapan administrasi pembelajaran untuk semester 2 tahun ajaran 2020/2021

    Contoh RPP Covid Kelas 5 Semester 2 pdf

    Adapun Referensi RPP Daring Kelas 4 Semester 2 yang kami bagikan seperti terlihat di bawah ini :

    SKENARIO PEMBELAJARAN
    Kelas : 5
    Tema : 6. Panas dan Perpindahannya
    Subtema : 2. Perpindahan kalor di sekitar kita
    Pembelajaran : 2
    Semester : II (Genap)
    Alokasi Waktu : 120 menit

    Kompetensi Dasar Materi

    Mapel IPA
    3.6. Menerapkan konsep perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari-hari
    4.6. Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari
    Materi : Perbedaan Suhu dan Kalor
    Bahasa Indonesia
    3.1. Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
    4.1. Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku 
    Materi : Kalimat tanya dengan kata tanya siapa dan kapan berdasar teks.

    Tujuan Pembelajaran

    Dengan membaca teks, peserta didik dapat menjelaskan perbedaan suhu dan kalor serta membuat kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya siapa dan kapan dengan benar.

    Alat/Media
    Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
    Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka

    Bahan/Materi
    Teks
    Penilaian
    (1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

    PESAN UNTUK ORANG TUA
    Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Ayah/Bunda yang
    hebat, tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.

    Kegiatan Pembelajaran

    Kegiatan Pembelajaran 1
    Selamat pagi Ananda, bagaimana kabar kalian? Tentunya semakin semangat setelah libur 2 hari lalu.
    Pada pertemuan yang lalu kalian sudah mendata minuman kesukaan anggota keluarga kalian, ada yang suka minuman panas atau minuman dingin. Bapak/Ibu guru berharap kalian bisa membuat minuman tersebut.
    Ketika ibumu meminta tolong kalian untuk membuat teh panas atau es jeruk, tahukah kalian bahan-bahan yang diperlukan? Ya, betul untuk membuat teh panas memerlukan beberapa sendok daun teh dan air panas. Untuk membuat es jeruk perlu jeruk, air, dan es batu. Bagaimana kamu dapat menentukan bahwa air teh terasa panas dan es jeruk terasa dingin?
    Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering mengukur suhu dengan sentuhan telapak tangan. Indera peraba akan mengirimkan informasi ke otak untuk memberi tahu bahwa sesuatu itu terasa panas atau dingin. 
    Nah, betulkah indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda? Dapatkah kamu menentukan dengan tepat perbedaan suhu antara dua benda dengan menggunakan indra peraba pada telapak tangan? Untuk lebih jelasnya, kalian bisa baca teks pada lampiran di bawah!
    Setelah membaca teks, pastinya pengetahuanmu
    semakin bertambah.
    Tugas kalian adalah menjawab soal-soal berikut!
    1. Apa yang dimaksud suhu?
    2. Apa yang dimaksud kalor?
    3. Apa perbedaan antara suhu dan kalor?
    Jelaskan!
    Setelah selesai, kirimkan foto tugas kalian ke WAG guru

    Kegiatan Pembelajaran 2
    Terimakasih Ananda sudah mengirim tugas pertamanya.
    Kita lanjutkan pada kegiatan kedua. Masih terkait dengan teks tentang perbedaan suhu dan kalor yang ada pada lampiran ya.
    Tugas selanjutnya adalah:
    1. Bacalah teks yang ada pada lampiran di bawah!
    2. Buatlah kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya siapa dan kapan sertakan jawaban dari pertanyaan tersebut (sesuai isi teks)!
    3. Masing-masing kalimat tanya dibuat 2 pertanyaan.
    4. Tuliskan kalimat tanya dan jawabannya di buku tugas kalian!
    Jika ada kesulitan dalam belajar, minta tolong Ayah dan Bunda untuk membantu.

    TIM PENULIS:
    1. Indah Rosmaline Kamal, S.Pd
    2. Lina Aris Setyaningsih, S.E.,S.Pd
    3. Dra. Yeyet Daryati, M.Pd
    4. Dr. Sri Handayani, MM
    Apabila sekiranya bapak dan ibu guru berminat dengan file RPP  Diatas lebih lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :


    Demikianlah artikel kami tentang RPP Covid Kelas 5 Semester 2 Revisi 2021, mudah mudahan bisa bermanfaat.
    LihatTutupKomentar