-->

RPP Covid Kelas 6 Semester 2 Revisi 2021

    Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan RPP Covid Kelas 6 Semester 2 Revisi 2021. Menyambut Tahun Pelajaran 2020/2021 ditengah Pandemi Covid-19 dimana pembelajaran masih berlangsung dengan sistem belajar daring. Para guru juga akan mencari referensi RPP Covid dalam bentuk mode daring. 

    Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan referensi RPP Daring, dimana RPP ini desesuaikan dengan KD yang ada dalam kurikulum khusus atau kurikulum covid yang sudah sudah disederhanakan dari kurikulum nasional. Adapun media pembelajaran yang digunakan berbasis online seperti website youtube, Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting.

    Dengan adanya RPP kelas 6 ini semoga bisa menjadi bahan referensi untuk kelengkapan administrasi pembelajaran untuk semester 2 tahun ajaran 2020/2021

    Contoh RPP Covid Kelas 6 Semester 2

    Adapun Referensi RPP Covid Kelas 6  Semester 2 yang kami bagikan seperti terlihat di bawah ini :

    SKENARIO PEMBELAJARAN
    Kelas : 6
    Tema : 6. Menuju Masyarakat Sejahtera
    Subtema : 2. Membangun Masyarakat Sejahtera
    Pembelajaran : 2
    Semester : 2 (Genap)
    Alokasi Waktu : 120 menit

    Kompetensi Dasar Materi

    Bahasa Indonesia
    3.6 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi.
    4.6 Menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan
    pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual . 
    Materi : Pengaitan peristiwa yang dialami tokoh
    dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi
    SBdP
    3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah
    4.3 Menampilkan tari kreasi daerah
    Materi : Tari kreasi daerah

    Tujuan Pembelajaran

    Setelah menyimak video, peserta didik diharapkan dapat mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi; menyebutksn jenis-jenis tari kreasi dengan tepat.

    Alat/Media
    Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
    Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka

    Bahan/Materi
    Video Pembelajaran

    Penilaian
    (1) Keaktivan partisipasi , (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh , (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

    PESAN UNTUK ORANG TUA
    Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
    Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah. Pembelajaran
    kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi
    ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

    Kegiatan Pembelajaran 

    Kegiatan pembelajaran 1
    Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda semua dalam keadaaan sehat
    dan bersemangat. Budaya membaca merupakan salah satu kunci membangun masyarakat sejahtera. Karena dengan membaca, kita akan memperoleh informasi sehingga masyarakat dapat menjadi lebih cerdas dan lebih kreatif.
    Tidak hanya cerita yang berupa fakta atau nonfiksi, cerita fiksi pun dapat menambah wawasan dan hiburan. Dengan membaca cerita fiksi, kita dapat mengimajinasikan sendiri peristiwa dalam cerita tersebut. Bahkan tak jarang sebuah peristiwa dalam cerita fiksi memiliki kesamaan peristiwa dengan seseorang.
    Apakah kalian pernah merasakan hal yang sama? Untuk mengetahui hal tersebut, silakan disimak
    video pada link berikut ini.
    https://youtu.be/IzLZI4SRjNE
    Bagaimana pendapat Ananda penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan?
    Sebagai evaluasi Jawablah pertanyaan di bawah
    ini!
    1. Siapakah tokoh-tokoh dalam cerita tersebut?
    2. Jelaskan isi yang terkandung dalam cerita!
    3. Apakah kalian pernah mengalami peristiwa yang sama dengan tokoh
    tersebut? Jelaskan!
    4. Berdasarkan pengalaman kalian, mungkinkah sebuah peristiwa dalam cerita fiksi memiliki kesamaan peristiwa dengan seseorang? Jelaskan!

    Tulis jawabanmu di buku tulis, paparkan dengan rekam suara. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru

    Kegiatan 2
    Membangun masyarakat sejahtera juga dapat dilakukan dengan melestarikan kebudayaan bangsa, salah satunya dengan mempelajari tarian. Keunikan dan keindahan tari daerah dapat menarik minat wisatawan asing sehingga akan menambah pendapatan dan devisa negara, maka masyarakat sejahtera pun akan terwujud.
    Hari ini kita akan belajar salah satu jenis tari, yaitu tari kreasi. Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Apa saja jenisjenis tari kreasi? Untuk lebih jelasnya lagi, silakan disimak video pada link berikut ini. 
    Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.
    https://youtu.be/YW-pskvf8UI
    Bagaimana penjelasan video tadi? Mudah dipahami, bukan?

    Sebagai evaluasi Jawablah pertanyaan di bawah ini!
    1. Apa yang dimaksud dengan tari kreasi?
    2. Berilah tiga contoh tari kontemporer dan penciptanya!
    3. Sebutkan dan jelaskan 3 jenis tari kreasi berdasarkan jumlah penarinya!
    4. Unsur-unsur utama dalam tari ada tiga, yaitu : wiraga, wirama dan wirasa. Apa yang terjadi apabila salah satu dari unsur tersebut tidak ada?
    Mengapa demikian ?
    Kerjakanlah dengan tekun dan teliti. Tulis di buku, bila telah selesai kirim kepada Bapak/ Ibu guru.

    TIM PENULIS:
    1. Amir abdullah, SE.S.Pd.SD
    2. Mulyana S.Pd
    3. Desry Farlian, S.Pd.SD
    4. Rusto Wibowo, M.Pd
    5. Dr. Sri Handayani, M.M.
    Apabila sekiranya bapak dan ibu guru berminat dengan RPP Diatas lebih lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :


    Demikianlah artikel kami tentang RPP Covid Kelas 6 Semester 2 Revisi 2021, mudah mudahan bisa bermanfaat.
    LihatTutupKomentar