Soal dan Pembahasan Pasca Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum SD

Daftar Isi
Jawaban Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum SD

Pada kesempatan kali ini admin membagikan Soal dan Pembahasan Pasca Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum SD. Sebelum mengikuti jawaban di bawah ini sebaiknya bapak juga perlu menganalis kembali, karena jawaban yang admin berikan adalah menurut admin sendiri bukan berasal dari kunci jawaban admin sendiri membagikan sebagai bahan referensi untuk menjawab soal tersebut.

A. Soal dan Pembahasan Pasca Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum SD

Adapun Soal dan Pembahasan Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum SD dapat anda lihat di bawah ini :

1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….
A. Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
B. Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu
C. Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa
D. Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah
Jawaban : A. Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran

2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….
A. Survei karakter
B. Survei lingkungan belajar
C. Asesmen Kompetensi Minimum
D. Survei kualitas sekolah
Jawaban :  B. Survei lingkungan belajar

3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….
A. Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
B. Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
C. Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
D. Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah
Jawaban : B. Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila

4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….
A. Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir
B. Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari
B. Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
C. Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring

Jawaban : C. Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….
A. Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
B. Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama
C. Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian
D. Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya
Jawaban : C. Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian

6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….
A. Teks informasi dan teks fiksi
B. Teks prosedur dan teks prosedur kompleks
C. Teks observasi dan teks deskripsi
D. Teks wacana dan teks argumentasi
Jawaban : A. Teks informasi dan teks fiksi

7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….
A. Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
B. Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah
C. Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa
D. Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa
Jawaban : D. Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa

8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?
A. Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana
B. Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
C. Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari
D. Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam
Jawaban : C. Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif

9. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?
A. Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu
B. Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
C. Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
D. Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
Jawaban : D. Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan

10. Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….
A. Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
B. Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)
C. Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
D. Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten
Jawaban : C. Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran

11. Perhatikan komponen berikut:
(a)  Konten
(b)  Proses kognitif
(c)   Proses non kognitif
(d)  Konteks
Manakah yang mencakup tiga komponen penilaian asesmen literasi membaca?
A. (a), (b), (c)
B. (a), (b), (d)
C. (a), (c), (d)
D. (b), (c), (d)
Jawaban : B. (a), (b), (d)

12. Guru Anwar memberikan soal teks bacaan sederhana pada siswanya dengan menggunakan pertanyaan siapa, mengapa, dan dimana. Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Anwar?
A. Menemukan informasi tersurat
B. Membandingkan hal-hal utama dalam teks
C. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
D. Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh 
Jawaban : A. Menemukan informasi tersurat

13. Pada soal-soal literasi yang diberikan, Guru Rani memberikan bacaan fiksi mengenai bayi komodo. Guru Rani membuat pertanyaan “Apa yang membuat bayi komodo takut ketika melihat bayi komodo lain?” Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Rani?
A. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
B. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks
C. Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita
D. Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks
Jawaban : B. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks

14. Guru Aziz meminta siswa untuk memilih setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam bacaan. Kompetensi apakah yang ingin diukur oleh Guru Aziz melalui pertanyaan tersebut?
A. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain
B. Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra
C. refleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks
D. Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik pada teks
Jawaban : D. Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik pada teks

15. Pada asesmen numerasi tingkat SD, hal yang akan diujikan dalam konten geometri dan pengukuran level pembelajaran 2 yaitu….
A. Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran
B. Mengenal limas kerucut dan bola
C. Mengenal prisma dan tabung
D. Mengenal balok dan kubus
Jawaban : C. Mengenal prisma dan tabung

16. Menyelesaikan soal mengenai persamaan linear merupakan merupakan salah satu konten dalam asesmen numerasi yaitu….
A. Bilangan
B. Geometri dan pengukuran
C. Aljabar
D. Data dan ketidakpastian
Jawaban : C. Aljabar

17. Asesmen literasi membaca tingkat SD dilaksanakan dalam….
A. 1 level pembelajaran
B. 2 level pembelajaran
C. 3 level pembelajaran
D. 4 level pembelajaran
Jawaban : C. 3 level pembelajaran

18. Analisis soal berikut dan temukan manakah yang termasuk dalam soal Asesmen Kompetensi Minimum!
A. Andi memiliki 200 gram gula pasir dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan maka beratnya menjadi …. kilogram.
B. Perhatikan kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari buah apel? 
C. KPK dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama adalah….
D. Diketahui sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?
Jawaban : B. Perhatikan kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari buah apel? 

19. Bagaimana dampak Asesmen Kompetensi Minimum pada siswa SD yang diketahui tidak ada Ujian Nasional sebelumnya?
A. Asesmen Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada siswa SD sehingga akan menjadi beban tambahan
B. Asesmen Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD/MI untuk memasuki jenjang SMP/MTS
C. Asesmen Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi tolak ukur untuk menilai pencapaian siswa
D. Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa, melainkan berfokus pada proses
Jawaban : D. Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa, melainkan berfokus pada proses

20. Pada tingkat SD asesmen literasi maupun numerasi terdapat 3 level pembelajaran, manakah yang menunjukkan penjelasan yang tepat mengenai setiap level tersebut?
A. Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.
B. Pada level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.
C. Pada level pembelajaran 1, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.
D. Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.
Jawaban : D. Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.

21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….
A. Berpusat pada materi pembelajaran
B. Belajar untuk cakupan materi
C. Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan
D. Berorientasi pada nilai akhir
Jawaban : C. Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan

22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:
1. Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep
2. Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa
3. Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai
4. Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi 
5. Berorientasi pada nilai akhir
6. Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks 
Manakah pernyataan yang menunjukkan pembelajaran berbasis konten?
A. 1), 3), 5)
B. 2), 4), 5)
C. 3), 5), 6)
D. 1), 4), 6)
Jawaban : C. 3), 5), 6)

23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
A. Perlu intervensi khusus
B. Dasar
C. Cakap
D. Mahir
Jawaban : C. Cakap

24. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
A. Perlu intervensi khusus
B. Dasar
C. Cakap
D. Mahir
Jawaban : D. Mahir

25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?
A. Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum
B. Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan
C. Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
D. Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah
Jawaban : C. Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas

26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu….
A. Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
B. Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
C. Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan
D. Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya
Jawaban : D. Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya

27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?
A. Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
B. Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
C. Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
D. Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa
Jawaban : A. Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa

28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong  siswa untuk….
A. Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika
B. Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
C. Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik
D. Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika
Jawaban : B. Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?
A. Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi
B. Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi
C. Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM
D. Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa
Pembahasan : D.Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa

30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM  dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?
Jawaban :
A. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
B. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai akhir berupa nilai
C. Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
D. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan
Jawaban : A. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

Soal dan Pembahasan Kuis Konsep Asesmen Nasional

1. Asesmen Nasional tidak memiliki konsekuensi pada kelulusan siswa.
👍Benar
Salah
2. Asesmen Nasional dapat dikatakan sebagai pengganti Ujian Nasional karena keduanya merupakan asesmen berskala nasional yang dibutuhkan siswa untuk menentukan kelulusan.
Benar
👍Salah
3. Asesmen Nasional menekankan pada penguasaan kompetensi siswa, sedangkan Ujian Nasional menekankan pada penguasaan konten pembelajaran siswa.
👍Benar
Salah
4. Asesmen Nasional lebih menekankan aspek kognitif yang dilihat melalui asesmen kompetensi mendasar literasi membaca dan numerasi.
Benar
👍Salah
5. Pada pelaksanaannya, Asesmen Nasional menggunakan metode sensus sedangkan Ujian Nasional menggunakan metode survei.
Benar
👍Salah
6. Sekolah A mempersiapkan siswanya untuk siap mengikuti Asesmen Nasional dengan melakukan perubahan strategi pembelajaran literasi membaca dan numerasi, sehingga mampu melakukan penalaran terkait berbagai mata pelajaran.
👍Benar
Salah
7. Siswa Pak Budi beranggapan bahwa dengan dihapuskannya UN maka siswanya tidak akan semangat belajar karena kurangnya motivasi untuk mencapai nilai tertinggi.
Benar
👍Salah
8. Asesmen Nasional bertujuan untuk mengevaluasi sistem pendidikan bukan mengevaluasi hasil belajar siswa.
👍Benar
Salah
9. Melihat dari tujuan, manfaat, dan teknis pelaksanaannya, Asesmen Nasional tidak sama dengan Ujian Nasional, sehingga tidak tepat untuk menyebutnya sebagai pengganti UN.
👍Benar
Salah
10. Asesmen Nasional bertujuan untuk mengukur kompetensi mendasar yang diperlukan siswa dalam menghadapi persoalan di kehidupan.
👍Benar
Salah

Pembahasan Refleksi Topik 1: Konsep Asesmen Nasional

Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.
Asesmen Nasional dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa

Soal dan Pembahasan Kuis Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional

1. Bentuk soal AN adalah pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat, uraian dan menjodohkan.
👍Benar
Salah
2. Bentuk soal dalam Asesmen Kompetensi Minimum merupakan bentuk soal yang tidak dapat diselesaikan dengan mengandalkan hafalan.
👍Benar
Salah
3. Pelaksanaan Asesmen Nasional terdiri dari tes literasi dan tes numerasi.
Benar
👍Salah
4. AKM dilaksanakan secara adaptif artinya siswa bebas memilih topik dan tingkat kesulitan soal.
Benar
👍Salah
5. Kepala sekolah dan guru juga akan mengikuti Asesmen Nasional.
👍Benar
Salah
6. Asesmen Nasional tidak dilakukan pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini
👍Benar
Salah
7. Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu.
👍Benar
Salah
8. Asesmen Kompetensi Minimum diberikan pada siswa ditengah jenjang pendidikan bukan di akhir. Dengan demikian siswa masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki capaian kompetensinya.
👍Benar
Salah
9. Keunikan konteks beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran dan peminatan tercermin dalam ragam stimulus soal-soal AKM.
👍Benar
Salah
10. Asesmen Kompetensi Minimum disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi.
👍Benar
Salah

Pembahasan Refleksi Topik 2: Teknis Pelaksanaan AN

Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.

Secara Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan Berbasis Komputer dan Bersifat Adaptif, yaitu pertanyaan yang disajikan bergantung pada kemampuan siswa.

Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. (a) Siswa hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal, (b) Siswa dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu, (c) Siswa menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya, (d) Siswa dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya, (e) Siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

Peserta Asesmen Nasional atau AN yaitu: Seluruh satuan pendidikan, Tidak semua murid, dan Pemilihan peserta berupa sampel secara acak. Jenjang pelaksanaan Asesmen Nasional ini terdiri dari SD/MI dan Paket A/ULA, SMP/MTs dan Paket B/Wustha, SMA/SMK/MA dan Paket C/Ulya. Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan selama 2 hari.

Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Membuat Tingkat SD

1. Teks bacaan mana yang Anda pilih. Mengapa?
Teks fiksi untuk pembelajaran level 1 kelas 1 dan 2.
Melalui teks tersebut, dapat mengukur beberapa kompetensi yang dilatihkan.
2. Kompetensi literasi apa yang ingin Anda ukur?
Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
3. Silakan menuliskan 3 butir soal yang telah Anda buat disini.
Contoh soal:
(1) Hewan apa yang Sukma dan Trisna tangkap? (2) Bagaimana perasaan Sukma dan Trisna setelah menyelesaikan tugas dari Bu guru? (3) Apa kegiatan Sukma dan Trisna sebelum pergi ke lapangan untuk mencari serangga?

Pembahasan Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca

1. Apa yang Anda pelajari dari pembelajaran mengenai contoh butir soal literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Dasar?
Jawab: Bapak dan Ibu Guru selaku Peserta mengenal contoh-contoh butir asesmen literasi membaca teks fiksi dan juga teks informasi untuk mengukur beberapa kompetensi yang dilatihkan tingkat SD.
2. Apakah Anda setuju bahwa kompetensi literasi tidak dapat dikembangkan hanya melalui latihan soal ujian?
Jawab: Setuju.

Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

Dayu ingin mengambil beberapa kartu bilangan yang nilai angka satuannya lebih kecil dari 5. Kartu-kartu apa saja yang dapat diambil oleh Dayu?

Pembahasan Refleksi Topik 4: Asesmen Numerasi

Menurut Anda, apa informasi penting yang Anda peroleh setelah mempelajari materi pada topik Butir Soal Asesmen Numerasi Pendidikan Dasar?
Jawab: Siswa dapat mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

Apakah komptensi numerasi cukup dikembangkan dengan banyaknya latihan soal matematika?
Jawab: Tidak. Kompetensi numerasi ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bernalar, mengambil keputusan yang tepat, dan memecahkan masalah. Kemampuan ini dalam penerapannya terkait dengan mata pelajaran lain yang siswa pelajari.

Soal dan Referensi Jawaban Kuis Refleksi Topik 5: Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Pertanyaan
Setelah mempelajari laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum, Anda kemudian akan membuat rencana tindak lanjut pada strategi pembelajaran di kelas Anda. Perubahan apa yang akan Anda lakukan di kelas terkait pembelajaran yang berbasis kompetensi?
Referensi Jawaban Pertanyaan
Yaitu dengan menganalisis kemampuan setiap kompetensi peserta didik kemudian mengelompokkannya berdasarkan 4 kategori, antara lain: Perlu Intervensi Khusus, Dasar, Cakap, dan Mahir. Sehingga guru dapat memberikan pembelajaran dengan pendekatan tersendiri sesuai dengan tingkat kemampuan penguasaan kompetensi yang dimiliki peserta didik.

Soal dan Referensi Jawaban Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Nasional

1. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi pada satuan pendidikan.
👍Benar
Salah
2. Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat kompetensi siswa akan memudahkan siswa menguasai konsep, keterampilan dan konten yang diharapkan pada suatu mata pelajaran.
👍Benar
Salah
3. Pada pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan mampu mendemonstrasikan penguasaan konsep, keterampilan dan pengetahuan sebagai proses pembelajaran.
👍Benar
Salah
4. Karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi adalah fokusnya pada capaian hasil akhir berupa nilai.
Benar
👍Salah
5. Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru semua mata pelajaran antara lain adalah, kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswanya termasuk literasi dan numerasi.
👍Benar
Salah
6. Pembelajaran berbasis konten belajar untuk cakupan materi. Pembelajaran berbasis kompetensi belajar untuk pemahaman konsep dan menerapkan keterampilan.
👍Benar
Salah
7. Laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dapat menjadi rekomendasi bagi guru-guru dari setiap mata pelajaran untuk memperbaiki atau menyesuaikan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan tingkat kompetensi yang aktual.
👍Benar
Salah
8. Kompetensi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan suatu kinerja dengan baik, misalnya mampu melakukan tugas atau pekerjaan secara efektif.
👍Benar
Salah
9. Kekuatan pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada materi yang telah disediakan.
Benar
👍Salah
10. Sebaiknya semua siswa mencapai level mahir dalam waktu yang bersamaan.
Benar
👍Salah

Demikianlah artikel kami tentang Soal dan Pembahasan Pasca Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum SD. Mudah mudahan bisa memberi manfaat kepada rekan rekan guru.
Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar