Kelebihan dan Kekurangan Dari Pembelajaran Online

Kelebihan dan Kekurangan Dari Pembelajaran Online

The new normal dalam pendidikanadalah peningkatan penggunaan perangkat pembelajaran online. Pandemi COVID-19 telah memicu cara-cara baru dalam belajar. Di seluruh dunia, institusi pendidikan, sedang mencari platform pembelajaran online, untuk melanjutkan proses mendidik siswa. 

The New normal sekarang adalah konsep berubah pendidikan dengan pembelajaran online pada inti dari transformasi ini. Saat ini, pembelajaran digital telah muncul sebagai sumber daya yang diperlukan bagi siswa dan sekolah di seluruh dunia. Bukan hanya sekolah dan kelas tetapi bahkan 

Bagi banyak lembaga pendidikan, ini adalah cara pendidikan yang sama sekali baru yang harus mereka adopsi. Pembelajaran online saat ini tidak hanya berlaku untuk pembelajaran akademik tetapi juga merambah pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa. Dalam beberapa bulan terakhir, permintaan untuk pembelajaran online telah meningkat secara signifikan, dan akan terus demikian di masa depan. 

Seperti kebanyakan metode pengajaran, pembelajaran online juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Di bawah ini akan kami uraikan kelebihan dan kekurangan ini metode ini. Dengan maksud akan membantu lembaga dalam menciptakan strategi untuk penyampaian pelajaran yang lebih efisien, memastikan perjalanan belajar yang tidak terputus bagi para siswa. 

Kelebihan dari sistem pembelajaran online

1. Efisiensi

Pembelajaran online menawarkan guru cara yang efisien untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa. Pembelajaran online memiliki sejumlah alat seperti video, pdf, podcast, dan guru dapat menggunakan semua alat ini sebagai bagian dari rencana pelajaran mereka. Dengan memperluas rencana pelajaran di luar buku teks tradisional untuk memasukkan sumber daya online, para guru dapat menjadi pendidik yang lebih efisien.

2. Aksesibilitas waktu dan tempat

Keuntungan lain dari pembelajaran online adalah memungkinkan siswa untuk menghadiri kelas dari tempat mana pun yang mereka pilih. Hal ini juga memungkinkan sekolah untuk menjangkau jaringan siswa yang lebih luas, daripada tetap dibatasi oleh batas-batas geografis. Selain itu, belajar online dapat direkam, disimpan, dan dibagikan untuk referensi di waktu  kedepannya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran pada waktu yang nyaman bagi mereka.

Dengan demikian, pembelajaran online menawarkan siswa aksesibilitas waktu dan tempat dalam pendidikan.

3. Keterjangkauan 

Keuntungan lain dari pembelajaran online adalah mengurangi biaya keuangan. Pendidikan online jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Ini karena pembelajaran online tidak memerlukan biaya transportasi siswa, makan siswa, dan lain lainnya. Selain itu, semua materi pelajaran atau studi tersedia secara online, sehingga menciptakan lingkungan belajar tanpa memerlukan kertas yang lebih terjangkau, sekaligus bermanfaat bagi lingkungan.

4. Jumlah kehadiran siswa  yang lebih banyak

Dengan kelas online, karena kelas dapat diambil dari rumah atau lokasi pilihan, kemungkinan siswa ketinggalan pelajaran lebih kecil. 

5. Sesuai dengan berbagai gaya belajar anak

Setiap siswa memiliki perjalanan belajar yang berbeda dan gaya belajar yang berbeda pula. Beberapa siswa adalah pembelajar visual, sementara beberapa siswa lebih suka belajar melalui audio. Demikian pula, beberapa siswa berkembang di kelas, dan siswa lainnya adalah pembelajar tunggal yang terganggu oleh kelompok besar. 

Sistem pembelajaran online, dengan berbagai pilihan dan sumber dayanya, dapat dipersonalisasi dalam banyak cara. Ini adalah cara terbaik untuk menciptakan lingkungan belajar yang sempurna sesuai dengan kebutuhan setiap siswa. 

Kekurangan dari sistem pembelajaran online

1. Ketidakmampuan untuk fokus pada layar

Bagi banyak siswa, salah satu tantangan terbesar dari pembelajaran online adalah perjuangan dengan fokus pada layar untuk jangka waktu yang lama. Dengan pembelajaran online, juga ada peluang lebih besar bagi siswa untuk mudah teralihkan dengan media sosial atau situs lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk menjaga kelas online mereka tetap segar, menarik, dan interaktif untuk membantu siswa tetap fokus pada pelajaran.    

2. Masalah teknologi 

Tantangan utama lain dari kelas online adalah jaringan internet. Sementara pembangunan jaringan internet telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, namun di kota-kota kecil, jaringan internet yang bagus masih menjadi sebuah masalah. Tanpa koneksi internet yang bagus untuk siswa atau guru dapat terjadi kurangnya kontinuitas dalam pembelajaran untuk anak tersebut. Hal ini sangat tidak bagus untuk proses pendidikan. 

3. Rasa terisolasi 

Siswa dapat belajar banyak dari berada di perusahaan rekan-rekan mereka. Namun, dalam kelas online, interaksi fisik siswa dan guru sangat minim. Hal ini sering mengakibatkan rasa isolasi bagi siswa. 

Dalam situasi ini, sangat penting bahwa sekolah memungkinkan bentuk komunikasi lain antara siswa, teman sebaya dan guru. Ini dapat mencakup pesan online, email, dan konferensi video yang memungkinkan interaksi tatap muka dan mengurangi rasa terisolasi. 

4. Pelatihan guru 

Pembelajaran online menuntut para guru untuk ramah teknologi dan memiliki pemahaman dasar tentang penggunaan bentuk pembelajaran digital. Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Sangat sering, para guru memiliki pemahaman yang sangat mendasar tentang teknologi. Terkadang, mereka bahkan tidak memiliki sumber daya dan alat yang diperlukan untuk menyelenggarakan kelas online. 

Untuk mengatasi hal ini, penting bagi sekolah untuk berinvestasi dalam melatih para guru dengan pembaruan teknologi terbaru sehingga mereka dapat melakukan kelas online dengan lancar. 

5. Pengelolaan Waktu di depan layar

Banyak orang tua khawatir tentang bahaya kesehatan karena anak-anak mereka menghabiskan begitu banyak waktu menatap layar baik pada perangkat komputer maupun android. Penggunaan waktu yang lama di depan layar ini adalah salah satu kekhawatiran dan kerugian terbesar dari pembelajaran online, Terkadang siswa juga terbiasa pada posisi tubuh yang kurang bagus dalam menatap layar. Posisi yang salah ini akan mengakibatkan postur tubuh yang buruk, dan masalah fisik lainnya karena terus membungkuk di depan layar. 

Solusi yang baik untuk ini adalah dengan memberi siswa banyak istirahat di depan layar untuk menyegarkan pikiran dan tubuh mereka. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url