Pembelajaran Online Asinkron dan Apa Manfaatnya

Pembelajaran Online Asinkron dan Apa Manfaatnya

Pembelajaran online di Institusi institusi pendidikan baik baik di sekolah negeri maupun swasta dapat dibagi menjadi tiga jenis yakni :  
1. Pembelajaran sinkron 
2. Pembelajaran Asinkron 
3. Model hibrida
Pembelajaran online asinkron memungkinkan siswa untuk belajar tanpa ada batasan waktu dan mengakses materi pembelajaran dengan cepat dan sesuai waktu yang mereka sukai. Jenis pembelajaran ini hadir dalam berbagai bentuk, termasuk rekaman video ceramah, demonstrasi video, chating, proyek penelitian, dll. Komunikasi antara siswa dan guru berlangsung dalam berbagai macam bentuk cara termasuk melalui email, chating, dan panggilan suara.
Di sisi lain, pembelajaran Sinkron dilaksanakan pada interaksi waktu yang bersamaan ( live ) antara siswa dan guru menggunakan konferensi video, video streaming, obrolan langsung lebih banyak.
 
Model hybrid mengikuti perpaduan antara pembelajaran sinkron dan pembelajaran asinkron sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 
Pada artikel kami ini, akan membahas lebih dalam tentang manfaat utama pembelajaran online asinkron di sekolah sekolah:

Manfaat Pembelajaran Online Asinkron

Adapun Manfaat utama pembelajaran online asinkron  dapat anda simak dibawah ini :

1. Fleksibilitas Dalam  Belajar

Salah satu manfaat yang paling banyak dibahas dari pembelajaran online asinkron di lembaga 
Salah satu manfaat yang paling banyak dibahas dari pembelajaran online asinkron di lembaga pendidikan adalah fleksibilitas yang ditawarkannya kepada pelajar. Hal ini memungkinkan siswa kesempatan untuk belajar di setiap tempat pilihan mereka, dan pada waktu yang paling cocok untuk mereka. Karena sebagian besar konten tersedia secara online baik melalui perpustakaan digital, rekaman audio, atau konten rekaman lainnya, siswa dapat memilih untuk mengakses materi pembelajaran sesuai dengan jadwal, prioritas, dan waktu luang peserta didik

2. Belajar Mandiri

Asinkron online memungkinkan pelajar untuk mempercepat pembelajaran mereka (dalam tenggat waktu yang ditetapkan kelas) berdasarkan kemampuan dan jadwal mereka. Tidak seperti pembelajaran konvensional yang terus berlangsung dalam lingkungan belajar yang tidak sinkron, siswa yang lebih lambat dapat terus membaca dan memahami materi sampai mereka dapat memahami konsep buku pelajarannya. Mereka dapat mendapatkan informasi dan terus belajar tanpa khawatir tertinggal dari teman sekelas.
Di sisi lain, Siswa yang pandai dapat menguasai materi pembelajaran dan menguasai pengetahuan baru dengan cepat. 
Dalam kelas online sinkron , jika ada siswa tidak hadir selama sehari, maka mereka akan ketinggalan materi yang diajarkan. Namun, dalam lingkungan pembelajaran online yang Asinkron , siswa tidak di tuntut untuk menghadiri kelas. Mereka dapat mempercepat pembelajaran mereka berdasarkan jadwal mereka. 

3. Memperdalam Pembelajaran

Pembelajaran online asinkron memberi siswa kesempatan untuk terus-menerus melihat kembali pelajaran mereka sesuai kebutuhan. Siswa dapat merevisi pelajaran sesuai dengan kemanpuan mereka. Belajar dan mengulanginya kembali secar terus-menerus ini membantu meningkatkan pemahaman, meningkatkan waktu dan memperdalam pembelajaran bagi siswa.

4. Pengembangan Keterampilan Berpikir Unggul

Dalam lingkungan pembelajaran online yang Asinkron, siswa bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri daripada bergantung pada guru. Metode ini menuntut siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan materi pembelajaran mereka dengan mengintegrasikan dan mensintesis informasi dari berbagai sumber online. Para siswa akan mendapatkan berbagai ide dan ini membantu mereka untuk membangun keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hal ini juga memperdalam pembelajaran bagi siswa. 

5. Siswa yang Bermotivasi Tinggi

Pembelajaran online asinkron adalah pendekatan yang berpusat pada siswa yang mengharuskan siswa untuk terlibat secara aktif dan bertanggung jawab lebih untuk pembelajaran mereka sendiri. Merupakan tanggung jawab siswa itu sendiri untuk mempelajari, merefleksikan, dan memahami materi untuk mengembangkan kecakapan dalam materi tersebut. 
Selain tugas dan kewajiban mereka sebagai pembelajar, para siswa juga dituntut untuk menguasai teknologi yang dibutuhkan untuk belajar dan menemukan metode komunikasi yang akan memperkuat saling ketergantungan kolaboratif mereka dengan rekan-rekan dan guru. 
Hal ini menimbulkan sekelompok siswa akan bermotivasi tinggi yang bertanggung jawab atas pengalaman belajar mereka sendiri. 

6. Peningkatan Keterampilan Komunikasi

Dalam ruang kelas sinkron, komunikasi sebagian besar lisan dan tatap muka. Di sisi lain, di kelas asinkron, materi pemeblajaran dapat ditulis. Komunikasi tertulis ini memberikan kesempatan yang lebih baik kepada siswa untuk mengulangi dan berefleksi dan mengungkapkan ide secara lebih bebas. 
Mereka mendapatkan cukup waktu untuk menyusun komunikasi mereka untuk mencerminkan keterampilan mereka dengan presisi daripada ditempatkan di tempat untuk menjawab pertanyaan atau membuat komentar tentang suatu topik.

7. Siswa pemalu dan pemalu yang lebih bermanfaat

Sangat sering di kelas sinkron , siswa pemalu dan lebih pemalu tidak dapat mengumpulkan keberanian atau berbagi pembelajaran mereka atau mengajukan pertanyaan kepada guru. Di sisi lain, di kelas asinkron, komunikasi sebagian besar ditulis. Di sini siswa dapat dengan bebas menyampaikan pendapatnya, menghilangkan keraguan mereka, dan bahkan terlibat dalam dialog dengan rekan-rekan mereka melalui chating.

8. Keterjangkauan

Pembelajaran online asinkron juga seringkali lebih terjangkau daripada program sinkron. Karena siswa diminta untuk mengerjakan tugas itu sendiri, mereka tidak memerlukan perhatian setiap hari dari guru. Ini membantu untuk menekan biaya internet dan membuatnya lebih mudah bagi siswa. 

Kesimpulannya, 

Pembelajaran online asinkron memungkinkan siswa untuk melampaui batasan ruang dan waktu. Ini memberi mereka kesempatan untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri, kecepatan mereka sendiri dan pada kenyamanan mereka. Sangat sering, jadwal yang padat, keterbatasan geografis dapat menghambat proses belajar. Pembelajaran online asinkron adalah solusi terbaik yang membantu pembelajaran kolektif berkelanjutan di antara para siswa. Hal ini memungkinkan untuk pengalaman belajar yang lebih dalam yang memperkaya dan memberdayakan siswa dengan pengetahuan.
Pembelajaran online asinkron memungkinkan siswa untuk belajar tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Ini memberi mereka kesempatan untuk belajar sesuai dengan kemanpuan mereka sendiri, dan pada waktu luang mereka. Sangat sering, jadwal yang padat, keterbatasan geografis dapat menghambat proses belajar. Pembelajaran online asinkron adalah cara terbaik yang membantu pembelajaran kolektif berkelanjutan di antara para siswa. Hal ini memungkinkan untuk pengalaman belajar yang lebih dalam yang memperkaya dan memberdayakan siswa dengan pengetahuan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url