Tren teknologi yang akan mengubah Pendidikan di tahun 2021

Ada manfaat nyata bagi pendidikan dari mengintegrasikan alat-alat teknologi canggih dalam proses pendidikan. 

Tren teknologi yang akan mengubah Pendidikan

Berikut adalah beberapa kemajuan teknologi terbaru dari AI hingga Big Data hingga Robotika yang akan mengubah sistem dan proses pendidikan pada tahun 2021.

1. Gamifikasi – Memasukkan konsep gamifikasi seperti simulasi, pembelajaran berbasis insentif, lencana, suka, dll. Akan menjadi bagian penting dari sebagian besar proses pembelajaran dalam pendidikan.

2. Internet of Things (IoT) – IoT akan menyediakan ruang kelas yang terhubung lebih baik dan lebih banyak kolaborasi antara ruang kelas dan sekolah sekolah. Kita akan melihat lebih banyak perangkat keras di kampus sekolah.

Kecerdasan Buatan – Teknologi Kecerdasan Buatan sudah digunakan dalam mengotomatisasi pemeriksaan dan penilaian. Segera akan melakukan semua kegiatan administrasi yang saat ini dilakukan oleh guru.

Virtual Labs – Augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) dapat menghadirkan pengalaman nyata ke laboratorium virtual. Ini akan memberikan laboratorium seperti akses ke lebih banyak pelajar di seluruh dunia.

Learning Analytics – Learning analytics adalah pengukuran, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data tentang pelajar dan konteksnya. Laporan yang dihasilkan dapat memandu guru dan pemimpin untuk mengambil keputusan yang tepat.

Blockchain – Setiap catatan basis data dapat disimpan sebagai blockchain. Dengan kasus pendidikan dan catatan siswa, kemungkinan tidak terbatas mulai dari kehadiran hingga buku nilai dan manajemen biaya.

Big Data – Mirip dengan blockchain, big data dapat diterapkan ke salah satu dari banyak data catatan siswa. Pada akhirnya tujuannya adalah untuk mengukur dan memprediksi kinerja akademik siswa yang terkait dengan banyak faktor lainnya.

Robotika – Mengintegrasikan robotika ke dalam kelas dan kurikulum meningkatkan keterampilan peserta didik dengan berpartisipasi dalam desain, pembuatan, perakitan, dan pengoperasian robot.

Pencetakan 3D – Sama seperti robotika, pencetakan 3D juga merupakan kegiatan yang menciptakan kegembiraan bagi siswa dan meningkatkan keterampilan mereka secara keseluruhan terutama keterampilan pemecahan masalah. Hal ini dapat membuka kemungkinan baru dalam pembelajaran dan penerapan keterampilan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url