7 Tips Belajar di Rumah yang Menyenagkan

Hak untuk belajar di rumah tidak bisa menciptakan keunggulan?

Ada yang bilang, dek tidak bisa belajar tatap muka dengan guru, sehingga siswa sulit mencapai kesuksesan.

7 Tips Belajar di Rumah yang Menyenagkan

Untuk Guru Konseling Unggul, belajar di mana saja, semuanya sama, asalkan Anda bekerja keras untuk mencapai kesuksesan dalam diri Anda.

“Tidak perlu belajar tatap muka untuk mencapai keunggulan. Belajar online juga bisa, asalkan kita belajar,” 

Karena guru dan siswa sekarang harus mengikuti pembelajaran dengan metode Belajar Mengajar di Rumah ( PJJ ), Admin akan membagikan tujuh tips bagus untuk belajar di rumah.

Di bawah ini admin akan uraikan 7 tips belajar di rumah yang menyenagkan sebagai berikut :

1) Tetapkan tujuan pribadi

Siswa harus memiliki tujuan dalam diri mereka sendiri. Tujuannya adalah apa yang kita impikan. Tujuan perlu ditulis agar kita dapat merencanakan bagaimana ingin mencapai hal-hal tersebut, bahkan jika tujuan ditulis menggunakan papan visi pasti akan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berhasil. Anak juga dapat menyusun jadwal manajemen waktu di rumah berdasarkan jadwal kelas yang telah diatur oleh pihak sekolah.

2) Perlu ada disiplin diri

Disiplin mencakup tiga hal yaitu manajemen waktu, manajemen diri dan manajemen materi yang baik. Anak-anak harus mematuhi jadwal yang telah dibuat. Konsisten dalam mengikuti jadwal. Bersiaplah untuk memulai kelas dengan sarapan dan bersih-bersih. Siswa juga perlu memastikan materi disiapkan terlebih dahulu sebelum kelas dimulai.

3) Persiapan awal sebelum kelas dimulai

Untuk memudahkan proses PJJ, anak-anak disarankan untuk meninjau kembali topik yang ingin diajarkan guru terlebih dahulu. Identifikasi topik yang akan diajarkan dan siapkan bahan seperti buku teks, buku catatan, alat tulis, kertas grafik dan bahan lain yang diperlukan untuk memulai pembelajaran. Hal ini akan meningkatkan minat dan rasa ingin tahu siswa untuk terus mencari ilmu.

4) Fokus pada pembelajaran

Sepanjang proses PJJ, semua siswa harus benar-benar fokus. Konsentrasi akan terpengaruh jika Anda tidak mempersiapkan terlebih dahulu. Untuk kelas yang dibuat melalui Google Meet atau yang memerlukan sistem audio, dorong anak-anak untuk memakai earphone. Dengan memakai earphone, proses mendengarkan dan bertanya akan lancar. Kurangi gerakan sepanjang waktu belajar karena banyak bergerak akan mengurangi fokus dan waktu belajar.

5) Hindari gangguan eksternal

Siswa harus memberi tahu orang tua dan anggota keluarga tentang jadwal kelas dan jadwal belajar pribadi. Orang tua harus toleran dan menghormati jadwal anak. Hindari memberikan tugas tambahan pada saat itu. Jika mampu, sediakan ruang belajar karena akan membangkitkan minat dan meningkatkan fokus selama proses PJJ. Pelajar juga harus menghindari membuka software lain di gadget saat belajar seperti youtube, game online atau software lain yang tidak berhubungan.

6) Istirahat yang cukup

Orang tua dan anak-anak perlu menjaga waktu tidur. Direkomendasikan bagi yang sekolah, tidur 9-10 jam sehari di malam hari. Pola makan yang bergizi dan seimbang juga harus diberikan untuk menjaga kesehatan dan mencegah tubuh menjadi lesu dan mudah lelah selama PJJ. Anak-anak perlu berolahraga atau bersantai meski sebentar. Lakukan peregangan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran.

7) Yakin dan konsisten

Anak-anak perlu percaya diri bahwa Anda pantas untuk berprestasi karena setiap manusia memiliki potensi diri. Yakinlah, setiap orang yang berusaha akan berhasil. Siswa juga harus konsisten dalam segala tindakan. Orang tua perlu membantu anak-anaknya dengan memberikan kata-kata penyemangat yang positif agar dapat membangkitkan semangat dan kepercayaan diri mereka. Orang tua yang baik akan melahirkan anak yang luar biasa dan membangun keluarga yang luar biasa.

sumber :gpsbestari.sinarharian

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url