Paparan Layar Digital Berkepanjangan, Menyebabkan Mata Tidak Sehat

Paparan Layar Digital Berkepanjangan, Menyebabkan Mata Tidak Sehat

Setiap orang menghabiskan lima sampai delapan jam sehari melihat layar digital! Jadi, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata. Yuk baca tips yang kami bagikan disini

Paparan Layar Digital Berkepanjangan, Menyebabkan Mata Tidak Sehat

Dan mereka telah mengundang Dr. Siva Kumar Sundralingam dari Columbia Asia Klang yang juga dokter mata.

Dia telah berbagi bahwa kontak yang terlalu lama ke layar digital dapat menyebabkan mata tidak sehat.Paparan Layar Digital Berkepanjangan, Menyebabkan Mata Tidak Sehat

dr. Siva di sebelah kanan menekankan perawatan kesehatan mata.Salah satu bagian tubuh kita yang sering diabaikan untuk dirawat adalah mata

Namun, diperhatikan atau tidak, mata merupakan salah satu bagian yang kita gunakan sepanjang hari tanpa istirahat. Mulai dari Anda membuka mata di pagi hari untuk melihat jam hingga sebelum menutup mata.

Paparan Layar Digital Berkepanjangan, Menyebabkan Mata Tidak Sehat

Orang Malaysia menghabiskan lima sampai delapan jam sehari melihat layar digital dan anak-anak tidak terkecuali!


Ya, sangat lama dan banyak menghabiskan lebih banyak waktu menghadap layar digital daripada istirahat dan tidur .Ketergantungan kita pada gadget adalah salah satu alasan hal ini terjadi.


Paparan Layar Digital Berkepanjangan, Menyebabkan Mata Tidak Sehat. Layar digital di sini antara lain smartphone, komputer, televisi dan gadget lainnya.

Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti bekerja, layar digital juga digunakan untuk kebutuhan sosial.Namun, penggunaan layar digital menjadi salah satu penyebab utama mata tidak sehat dan kering.


Jika mata kering dan tidak sehat dibiarkan terlalu lama, dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.Di antaranya menyebabkan kelelahan parah dan nyeri otot . Dan secara langsung menurunkan kualitas hidup kita.

Dan tahukah Anda, karena teknologi yang terlalu canggih sekarang, anak-anak juga tidak terkecuali dengan masalah ini.

Saat ini, anak-anak terpapar penggunaan layar digital, bahkan terkadang dalam waktu yang sangat lama.

Bagaimana dengan kesehatan mata mereka karena mereka tentu saja akan memilih untuk melanjutkan hiburan daripada mengatakan mata mereka sudah berakhir.

Bagaimana cara mengidentifikasi masalah mata?

Umumnya, untuk orang dewasa dan anak-anak, jika seseorang memiliki masalah mata, gejalanya adalah;

mata memerah

sering berkedip

sering menggosok mata rub

untuk kasus yang parah, mata dipenuhi dengan kapiler darah (seperti pembuluh darah merah di bagian putih mata)

pusing atau sakit kepala

Ini hanya secara umum dan jika masalah mata telah mencapai titik mengganggu aktivitas sehari-hari, dapatkan pemeriksaan dari spesialis.


Klinik mata juga memiliki alat yang dapat melihat tingkat kekeringan mata kita. Mereka akan mengklasifikasikan tingkat kekeringan mata Anda. Bagaimana cara menghindari masalah mata akibat layar digital?

Menghindari penggunaan layar digital sama sekali hampir tidak mungkin karena pekerjaan dan kebutuhan sehari-hari. Jadi apa yang bisa Anda lakukan?

gunakan obat tetes mata yang dapat membantu melindungi mata anda agar tidak terlalu kering dan lelah dan juga aman digunakan pada anak-anak.

menggunakan pelindung layar yang dapat mengurangi paparan cahaya biru dari layar digital

menambah waktu istirahat mata dengan memejamkan mata sejenak atau melihat pemandangan alam dan untuk anak-anak, minimalkan paparan mereka ke layar digital



Systane telah berbagi tips praktis untuk perawatan mata . Ini disingkat 20-20-20;istirahatkan mata Anda dan berkedip selama 20 detik.

Jauhkan mata Anda 20 kaki dari layar digital.dan lakukan setiap 20 menit.Selain itu, mereka juga menyarankan untuk memperbesar tulisan di layar agar bisa dilihat dari kejauhan.


Selain itu, basahi mata Anda secara teratur dengan cairan pelindung mata.Mari kita amalkan kesehatan mata dan anak kita .

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url