Apa itu Komunikasi Efektif?

Apa itu Komunikasi Efektif?

Apa itu Komunikasi Efektif? 

Komunikasi yang efektif adalah proses pertukaran ide, pemikiran, pengetahuan dan informasi yang disajikan dengan cara yang paling dipahami oleh penerima sehingga tujuan dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin.
Apa itu Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif di Era Komunikasi Virtual.

Dalam keadaan pandemi dimana manusia tidak dapat bertemu, dibutuhkan sebuah metode komunikasi yang sesuai sehingga interaksi dan hubungan baik tetap dapat terjalin. Disinilah teknologi berperan sebagai perangkat yang menghubungkan interaksi sosial.
Komunikasi yang efektif mencakup keterampilan seperti komunikasi verbal dan nonverbal, mendengarkan dengan penuh perhatian, kemampuan untuk memahami dan mengendalikan
emosi, serta mengelola stres. Keterampilan ini perlu dikembangkan dan diasah.
Di era komunikasi virtual, tantangan bagi kita adalah bagaimana menerapkan dan mengasah kemampuan komunikasi ketika harus beralih metode komunikasi , baik secara virtual maupun tatap langsung.

Bagaimana Mengasah Kemampuan Komunikasi Secara Virtual Maupun Tatap Langsung?

Pada dasarnya komunikasi secara langsung maupun virtual mempunyai beberapa kegiatan sebagai berikut:
1. Membagikan informasi.
2. Saling mendengar.
3. Saling mengerti.
4. Membina hubungan baik.
4 Kegiatan tersebut bisa dipraktekkan dalam pembelajaran virtual atau tatap langsung dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti yang dikemukakan oleh Professor Marshall B Rosenberg, seorang psikolog dan ahli komunikasi asal Amerika, berikut ini :
1. Observasi Keadaan
2. Perasaan/Emosi
3. Kebutuhan
4. Permintaan berdasarkan perasaan dan kebutuhan.

4 faktor di atas adalah konsep yang bernama Non-Violent Communication (NVC). Konsep NVC ini digunakan dengan basis pola pikir bahwa komunikasi efektif akan terjadi jika kita memfokuskan untuk mengetahui kebutuhan diri sendiri dan orang lain, daripada menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan orang lain. 
Dengan konsep NVC, diharapkan kita dapat membuka diri dan berusaha untuk memahami orang lain, sambil memahami diri sendiri secara lebih mendalam. Proses NVC adalah jalan untuk menghubungkan diri atau berempati dengan orang lain melalui tahap:
1. Mengamati apa yang terjadi
2. Berusaha untuk mengerti apa yang mereka rasakan
3. Mencoba untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan
4. Mengakomodir permintaan mereka.

Dengan menyadari beberapa faktor-faktor di atas, komunikasi akan selalu dilakukan dengan sebuah kesadaran akan sebuah tujuan yang ingin dicapai secara bertahap, sekaligus melatih diri supaya kemampuan untuk berkomunikasi akan terus berkembang.
Kemampuan berkomunikasi yang dimaksud adalah: kesadaran untuk berempati, mendengarkan, berbicara, dan keterampilan berdialog untuk membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang penting dalam hidup Anda, baik dalam ruang lingkup personal, maupun professional.

Komunikasi dan Teknologi

Teknologi adalah sarana untuk mempraktikkan kesadaran untuk berkomunikasi di masa yang terus berkembang dan seringkali tidak menentu. Teknologi adalah alat untuk menguji ketangguhan kita untuk terus memperbaiki metode komunikasi yang dibutuhkan. Tetapi apapun gawai yang kita gunakan, alat yang paling canggih adalah kemampuan nonteknis adalah diri sendiri, yang senantiasa kita kembangkan sesuai dengan kemajuan zaman.

Bagaimana Menjalankan Komunikasi yang Tepat dan Relevan di Kelas Online Anda?

Tentukan dan putuskan terlebih dahulu mengapa dan apa yang perlu Anda komunikasikan kepada siswa. Anda harus mengetahui hasil akhir yang ingin Anda capai dengan komunikasi yang Anda kirimkan kepada siswa tersebut.
Saat mengajar online, Anda memiliki kebebasan dalam menyusun pesan yang ingin Anda kirimkan kepada siswa. Berikut adalah beberapa pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online Anda:

1) Pendek namun efektif : Saat membuat pesan yang akan Anda kirim ke siswa online Anda, cobalah untuk menggunakan kata-kata pendek dan tepat. Siswa cenderung membaca dan mengerti isi dari sebuah pesan melalui komunikasi yang ringkas dan tertata dengan baik.
2) Jelas : Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga harus jelas dan fokus hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa.
3) Sampaikan apa yang harus dicapai: Ketika berada di ruang kelas online, kadangkala siswa merasa bersikap lebih bebas dibanding ketika berada di kelas fisik. Jadi Anda harus memberikan sekumpulan ekspektasi yang sangat jelas kepada siswa sebelum mereka memulai studi.
4) Jadikan gaya komunikasi Anda memiliki kesan akrab: Membuat komunikasi hangat dengan siswa berarti Anda membuat murid merasa bahwa mereka adalah orang yang nyata dan dihargai. Suasa hangat di dalam kelas akan membuat mereka merasa terhubung satu sama lain termasuk dengan Anda dan teman sekelas mereka.
5) Jelaskan jalur komunikasi yang tepat: - Anda akan selalu ingin memberi siswa Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tambahan jika mereka tidak memahami pesan Anda. Jelaskan jalur komunikasi yang dapat siswa gunakan untuk bertanya, contoh: melalui email, SMS atau pesan singkat.

Gunakan Metode Komunikasi yang Paling Efektif

Lakukan riset terlebih dahulu mengenai alat komunikasi yang akrab dan yang dimiliki oleh murid, lalu tentukan jalur apa yang ingin Anda gunakan. Berikut contoh pilihan perangkat komunikasi yang dapat digunakan:
• Google Hangouts - https://plus.google.com/hangouts adalah aplikasi pesan, video, dan suara. Dengan fitur perpesanan, Anda dapat melakukan percakapan pribadi dengan salah satu siswa Anda, sekelompok kecil, atau Anda dapat berbicara dengan semua siswa Anda sekaligus. Dengan menggunakan fitur video, Anda dapat mengubah percakapan Anda menjadi obrolan video.
• Whatsapp, SMS - kirim pesan singkat atau rekam video pendek dan bagikan sebagai pesan video. Manfaatnya: terasa lebih akrab, siswa dapat memutar ulang video jika mereka melewatkan intisari pesan.
• Telpon - Berikan pilihan untuk dapat menelpon Anda jika ada sebuah pertanyaan atau keperluan mendesak yang membutuhkan jawaban yang cepat.

Miliki Rencana Komunikasi

Rencanakan kapan dan mengapa Anda harus berkomunikasi dengan siswa online Anda. Ini adalah cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten.
Beri tahu siswa Anda metode apa yang akan Anda gunakan untuk berkomunikasi sehingga mereka siap dan tahu di mana, serta apa yang harus mereka lakukan sebelumnya. Seberapa sering Anda akan berkomunikasi dengan siswa Anda. Untuk komunikasi rutin seperti pengumuman, Anda perlu merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda. Apakah akan dilakukan dua mingguan, mingguan, atau setiap sehari?
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url