9 Tips Menghadapi Ujian Sekolah, Serta Persiapan Sebelum Ujian

Daftar Isi

Cara Berhasil Lulus Ujian

9 Tips Menghadapi Ujian Sekolah, Serta Persiapan Sebelum Ujian

Menjelang ujian, banyak siswa yang stres, cemas, dan takut. Situasi seperti ini sangat sering terjadi karena siswa takut akan hasil yang tidak memuaskan. Akibat stres tersebut, ada juga siswa yang mengeluh dengan berbagai alasan untuk tidak masuk sekolah. 

Alih-alih melakukan hal-hal seperti itu, Anda harus menggunakan waktu yang Anda miliki untuk mempelajari subjek yang diuji. Selain itu, ada beberapa tips menghadapi ujian sekolah yang bisa kamu terapkan.

Sebelum kita bahas tips menghadapi ujian sekolah terlebih dahulu admin uraikan tips persiapan sebelum menghadapi ujian . adapun tipsnya sebagai berikut 

Tips Persiapan Ujian

1. Tempat latihan harus senyaman mungkin. Hapus semua barang yang tidak perlu dari meja agar tidak terganggu saat mengerjakan tugas. Tempatkan buku teks dan alat tulis di dekat Anda yang mungkin Anda perlukan.

2. Buatlah RPP, mengingat suasana kerja yang lebih banyak: pagi, siang, atau malam. Manfaatkan waktu ini untuk menjadi produktif. Penting juga untuk setiap hari (atau lebih, jika perlu) untuk menyoroti topik Anda untuk dipelajari atau diulang. Jadi Anda tidak akan bingung, dan mempelajari semua topik tanpa kecuali.

3. Penting untuk bergantian antara aktivitas dan istirahat (misalnya olahraga selama 40 menit, kemudian istirahat 10 menit). Waktu istirahat bisa digunakan untuk filling atau snack.

4. Jangan menghafal setiap huruf dalam buku teks, penting untuk mengatur apa yang telah Anda pelajari (berguna untuk membuat rencana, diagram, daftar). Ini akan membantu menyoroti dan mengingat perhitungan paling penting dari teks secara visual.

5. Kerjakan sebanyak mungkin tugas yang diterbitkan (terutama dari tahun lalu), latihan ini akan menunjukkan pengetahuan Anda yang sebenarnya saat ini.

6. Berguna untuk melatih sesuai dengan kondisi sebenarnya yang diberikan dalam ujian (untuk ini, gunakan stopwatch).

7. Beberapa hari sebelum ujian, tinjau kembali semua topik yang telah Anda pelajari dan kerjakan dengan lancar. Fokus pada pertanyaan-pertanyaan yang menyebabkan kesulitan dan coba temukan jawabannya.

Fakta menarik: warna kuning dan ungu meningkatkan aktivitas intelektual. Jadi Anda bisa menambahkan beberapa gambar dengan warna ini ke interior.

Penting: Istirahat dan tidur nyenyak sebelum ujian. Di malam hari sebelum tidur, ada baiknya berjalan-jalan di udara segar dan mengalihkan perhatian Anda, santai.

Tips Menghadapi Ujian Sekolah

1. Dengarkan baik-baik dan hafalkan poin-poin organisasi yang disuarakan sebelum ujian, sehingga Anda dapat dengan cepat dan tanpa kesalahan mengisi formulir yang diperlukan.

2. Baca soal 2 kali lalu tulis jawabannya.

3. Mulailah dengan pertanyaan paling sederhana yang Anda tahu jawabannya dengan benar. Ini akan membantu Anda untuk rileks dan terlibat dalam jadwal kerja sebelum mengerjakan soal yang sulit.

4. Jangan terpaku pada soal yang sulit dan tidak dapat dipahami.

5. Selalu membaca seluruh soal sampai akhir untuk menghindari kesalahpahaman.

6. Fokus hanya pada pertanyaan saat ini, lupakan yang sebelumnya dan jangan pikirkan yang berikutnya.

7. Banyak soal yang paling mudah diselesaikan dengan menghilangkan jawaban yang salah. (Bahkan jika Anda tidak yakin jawaban mana yang benar, metode ini akan memudahkan Anda menemukannya).

8. Rencanakan ujian Anda selesai.  Anda punya waktu untuk memeriksa semua jawaban dan memikirkan soal soal yang sulit.

9. Di akhir ujian, baca lagi jawabannya, ini akan membantu menghindari kesalahan dan kesalahan yang jelas.

Penting! Ingatlah bahwa setiap pertanyaan berikutnya adalah kesempatan untuk mendapatkan poin, jadi jangan kecewa jika beberapa pertanyaan menimbulkan kesulitan (ini terjadi pada setiap ujian).

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar