Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online di Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online di Rumah. Dengan keadaan sekolah yang ditutup karena wabah Virus Covid 19 yang sedang berlangsung, anak-anak dan siswa terpaksa harus belajar dan ikut kelas online atau belajar online. Banyak orang tua dan peneliti masih berbicara tentang keuntungan dan juga khawatir tentang kurangnya pembelajaran online.

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online di Rumah

Sementara beberapa tetap skeptis tentang sistem pembelajaran online saat ini, pendidikan untuk anak-anak masih perlu dilanjutkan. Anak-anak ini akan menjadi pemimpin sekaligus motor penggerak negara di masa depan. Oleh karena itu, pendidikan adalah sesuatu yang tidak kita hindari untuk perkembangan anak-anak kita yang berkelanjutan.

Terdapat banyak platform yang telah digunapakai untuk pembelajaran secara online bersama pengajar atau guru. Antaranya ialah dengan menggunakan aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams dan juga yang lain-lain, namun semuanya terdapat Kelebihan dan Kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online di Rumah

Kelebihan Belajar Secara Online

Adapun kelebihan belajar secara online adalah sebagai berikut :

Biaya lebih rendah

Belajar online tidak memerlukan biaya tambahan seperti biaya transportasi dan bahkan sewa kelas jika anak Anda mengambil kelas tambahan. Biayanya hanya untuk instruktur serta biaya internet.

Selain itu beberapa biaya yang terlibat untuk penyediaan peralatan tambahan atau gadget untuk kelas online. Tetapi biaya yang terlibat mungkin tidak sebanyak pembayaran bulanan yang harus dibayar untuk biaya kelas tambahan.

Waktu Yang Lebih Fleksibel

Hal ini tentu akan memudahkan Anda yang saat ini sedang mengikuti kelas online atau online dengan pilihan waktu yang lebih fleksibel. Jadwal belajar akan lebih mudah diatur dan dikelola serta tidak terikat dengan metode pembelajaran konvensional.

Akses Kelas Yang Lebih Mudah

Ini melibatkan modul pembelajaran telah didigitalkan serta dapat dimasukkan ke dalam platform pembelajaran seperti Google Classroom. Pelajar tentunya lebih mudah mengakses modul pembelajaran yang telah disediakan oleh guru dan tenaga pengajar. Selain itu pelajar dapat mengakses nota-nota tersebut semula walaupun mungkin tertinggal ketika kelas.

Hal ini tentu akan memudahkan siswa untuk terus memahami studinya meskipun waktu yang dialokasikan untuk kelas online tidak cukup. Selain itu, siswa masih dapat berinteraksi dengan guru bahkan setelah kelas dengan meninggalkan pesan di bagian aplikasi percakapan.

Dapat Mengambil Kelas Dari Mana Saja

Dengan keunggulan jaringan internet yang lebih luas, tentunya Anda bisa mengambil kelas dari seluruh dunia dari rumah saja. Keuntungan ini tentu memungkinkan Anda untuk menghemat uang hanya dengan belajar dari rumah tanpa harus pergi ke kelas, belum lagi terletak di negara lain. Misalnya, Anda dapat mulai belajar kelas bahasa tanpa harus pergi ke negara bahasa aslinya.

Namun dalam kelebihan belajar secara online terdapat juga beberapa kekurangan dan juga keadaan yang tidak baik untuk pelajar. 

Kekurangan Belajar Secara Online Ialah:

Adapun kekurangan belajar secara online adalah sebagai berikut :

Siswa terisolasi dari teman sebaya:

Pembelajaran secara berinteraksi terus dan bersemuka dengan pengajar serta rakan sekelas lain tentunya memberikan pengalaman hidup yang lebih baik untuk pelajar. Selain dapat bersama-sama berbincang pelajar juga dapat belajar bersosial dalam masyarakat secara umum. Ini tentunya dapat meningkatkan kemahiran berkomunikasi dengan lebih baik. 

Berkumpul dan berinteraksi dengan teman sebaya adalah sifat yang tidak dapat kita tolak untuk anak-anak. Ini sampai batas tertentu akan mempengaruhi perkembangan komunikasi verbal jika anak-anak tidak terkena lingkungan secara langsung.

Jadwal Kelas yang Berbeda

Jika Anda mengambil kelas dengan guru yang berada di luar negeri, tentu saja, masalah utamanya adalah perbedaan yang signifikan dalam zona waktu. Siswa harus begadang sampai larut malam hanya untuk menghadiri kelas online yang diadakan. Akibatnya kesehatan siswa akan memburuk dan konsentrasi pada kelas akan menurun.

Kesimpulan

Oleh yang demikian, walaupun dengan teknologi dan dunia internet yang semakin maju dan capaian yang cepat tentunya lebih banyak perkara yang kita boleh pelajari secara online. Akan tetapi, belajar secara online ini juga ada banyak kelebihan serta kekurangannya yang perlu kita pertimbangankan. 

Demikianlah artikel admin tentang Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online di Rumah. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url