Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Daftar Isi

Gurubelajar. Trapesium adalah sejenis bentuk geometri yang memiliki empat sisi. Trapesium memiliki dua sisi yang paralel, yang disebut sebagai sisi-sisi paralel, sementara yang lainnya tidak. Biasanya, trapesium memiliki satu sisi yang lebih panjang dari sisi-sisi paralelnya, yang disebut sebagai sisi-sisi tegak.

Rumus Luas dan Keliling Trapesium
Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Jenis jenis trapesium

Ada beberapa jenis trapesium, termasuk:

Trapesium sembarang: trapesium yang memiliki semua sisi yang memiliki panjang tidak sama.

Trapesium sama kaki: trapesium yang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan saling berhadapan, serta satu sisi yang lebih panjang daripada yang lainnya.

Trapesium siku-siku: trapesium yang memiliki salah satu sudut yang siku-siku (90 derajat).

Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Adapun rumus luas dan keliling trapesium sebagai berikut :

Apa rumus keliling trapesium?

Rumus keliling trapesium adalah jumlah panjang semua sisi-sisinya. Jadi, jika Anda memiliki trapesium dengan sisi-sisi bernama a, b, c, dan d, maka rumus kelilingnya adalah a + b + c + d.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki trapesium dengan sisi-sisi yang memiliki panjang 5 cm, 6 cm, 7 cm, dan 8 cm, maka kelilingnya adalah 5 + 6 + 7 + 8 = 26 cm.

Apa rumus luas trapesium?

Rumus luas trapesium adalah setengah dari hasil kali panjang alasnya dengan tinggi trapesium. Jadi, jika Anda memiliki trapesium dengan alas bernama a dan tinggi bernama t, maka rumus luasnya adalah 1/2 x a x t.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki trapesium dengan alas yang memiliki panjang 6 cm dan tinggi yang memiliki panjang 4 cm, maka luasnya adalah 1/2 x 6 x 4 = 12 cm2.

Ingat bahwa alas trapesium tidak harus berbentuk persegi atau persegi panjang. Jadi, Anda harus menentukan panjang dan lebar alas trapesium sebelum menghitung luasnya.

Apa rumus luas trapesium siku2?

Untuk menghitung luas trapesium siku-siku, Anda dapat menggunakan rumus seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, yaitu 1/2 x a x t, di mana a adalah panjang alas trapesium dan t adalah tinggi trapesium.

Namun, ada cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menghitung luas trapesium siku-siku. Anda dapat menggunakan sisi-sisi yang paralel untuk menentukan tinggi trapesium, dan kemudian menggunakan rumus segitiga siku-siku untuk menghitung luas trapesium.

Jadi, jika Anda memiliki trapesium siku-siku dengan alas bernama a dan sisi yang paralel bernama b, maka Anda dapat menentukan tinggi trapesium dengan rumus segitiga siku-siku, yaitu 1/2 x b x c, di mana c adalah sisi yang berlawanan dengan sisi yang paralel. Setelah menentukan tinggi trapesium, Anda dapat menggunakan rumus 1/2 x a x t untuk menghitung luas trapesium siku-siku.

Rumus luas dan keliling trapesium sembarang

Untuk menghitung luas trapesium sembarang, Anda dapat menggunakan rumus seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, yaitu 1/2 x a x t, di mana a adalah panjang alas trapesium dan t adalah tinggi trapesium.

Untuk menghitung keliling trapesium sembarang, Anda dapat menggunakan rumus seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, yaitu jumlah panjang semua sisi-sisinya. Jadi, jika Anda memiliki trapesium dengan sisi-sisi bernama a, b, c, dan d, maka rumus kelilingnya adalah a + b + c + d.

Namun, jika Anda tidak memiliki informasi tentang tinggi trapesium atau tidak dapat menentukannya, Anda dapat menggunakan sisi-sisi yang paralel dan salah satu sisi yang tidak paralel untuk menghitung luas trapesium.

Untuk melakukan ini, pertama-tama tentukan sisi yang tidak paralel bernama d, dan sisi-sisi yang paralel bernama a dan b. Kemudian, gunakan rumus segitiga sama kaki untuk menentukan tinggi trapesium, yaitu sqrt(b^2 - (d/2)^2). Setelah menentukan tinggi trapesium, Anda dapat menggunakan rumus 1/2 x a x t untuk menghitung luas trapesium.

Contoh soal tentang luas dan keliling trapesium

Berikut adalah beberapa contoh soal tentang luas dan keliling trapesium:

1. Sebuah trapesium memiliki alas yang memiliki panjang 8 cm dan tinggi yang memiliki panjang 6 cm. Tentukan luas trapesium tersebut!

Jawab: Luas trapesium tersebut adalah 1/2 x 8 x 6 = 24 cm2.

2. Sebuah trapesium memiliki sisi-sisi yang memiliki panjang 5 cm, 6 cm, 7 cm, dan 8 cm. Tentukan keliling trapesium tersebut!

Jawab: Keliling trapesium tersebut adalah 5 + 6 + 7 + 8 = 26 cm.

3. Sebuah trapesium siku-siku memiliki alas yang memiliki panjang 9 cm dan salah satu sisi yang paralel yang memiliki panjang 12 cm. Tentukan luas trapesium tersebut!

Jawab: Pertama-tama tentukan tinggi trapesium dengan menggunakan rumus segitiga siku-siku, yaitu 1/2 x 12 x c, di mana c adalah sisi yang berlawanan dengan sisi yang paralel. Jika kita asumsikan bahwa c adalah 15 cm, maka tinggi trapesium adalah 1/2 x 12 x 15 = 90 cm. Kemudian, luas trapesium tersebut adalah 1/2 x 9 x 90 = 405 cm2.

4. Sebuah trapesium memiliki alas yang memiliki panjang 10 cm dan salah satu sisi yang paralel yang memiliki panjang 15 cm. Tentukan luas trapesium tersebut!

Jawab: Pertama-tama tentukan sisi yang tidak paralel bernama d, dan sisi-sisi yang paralel bernama a dan b. Jika kita asumsikan bahwa d adalah 8 cm, maka kita dapat menentukan tinggi trapesium dengan rumus segitiga sama kaki, yaitu sqrt(15^2 - (8/2)^2) = sqrt(225 - 64) = sqrt(161) = 13 cm. Kemudian, luas trapesium tersebut adalah 1/2 x 10 x 13 = 65 cm2.

Semoga tulisan admin tentang Rumus Luas dan Keliling Trapesium bisa bermanfaat

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar