-->

Soal PH K13 Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 semester 1 dan 2

Daftar Isi [Tampilkan]
....
soal ph k13 Kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6 sd

Soal PH K13 Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 semester 1 dan 2

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan soal penilaian harian ( PH K13 ) Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 dan 2, dalam pembelajaran K13 terdapat penilaian pengetahuan (KI-3). Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar ( assesment as learning ), penilaian sebagai proses pembelajaran ( assessment forlearning ),dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran ( assessment of learning ). Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu  tes tulis, lisan, dan penugasan.

Prosedur dalam Pembuatan Soal PH K13

Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta  pemanfaatan hasil penilaian.
Untuk mengetahui ketuntasan belajar (mastery learning), penilaian ditujukan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan (diagnostic) proses pembelajaran. Hasil tes diagnostic , ditindaklanjuti dengan pemberian umpan balik (feedback)kepada peserta didik, sehingga hasil penilaian dapat segera digunakan untuk perbaikan mutu pembelajaran.

Penilaian KI-3 menggunakan angka dengan rentang capaian/nilai 0 sampai dengan 100 dan deskripsi. Deskripsi dibuat dengan menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Deskripsi berisi beberapa pengetahuan yang sangat baik dan/atau baik dikuasai oleh peserta didik dan yang penguasaannya belum optimal.

Jenis dan Bentuk Soal PH K13 

Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tulis, lisan, dan penugasan.
1) Tes Tertulis Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  • Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. 
  • Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam penulisan soal. Kisi-kisi yang lengkap memiliki KD, materi, indikator soal, bentuk soal, jumlah soal, dan semua kriteria lain yang diperlukan dalam penyusunan soalnya. Kisi-kisi ini berbentuk format yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kisi-kisi untuk penilaian harian bisa lebih sederhana daripada kisi-kisi untuk penilaian tengah semester atau penilaian akhir semester. 
  • Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal. Soal-soal yang telah disusun kemudian dirakit untuk menjadi perangkat tes. Soal dapat dikelompokkan sesuai muatan pelajaran dalam satu perangkat tes dapat juga disajikan  secara terintegrasi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. 
  • Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran, hasil penskoran dianalisis guru dipergunakan sesuai dengan bentuk penilaian. Misalnya, hasil analisis penilaian harian digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini pendidik akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan. 
2) Tes Lisan  Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Jawaban tes lisan dapat berupa kata, frase, kalimat maupun paragraf. Tes lisan bertujuan  menumbuhkan sikap berani berpendapat, menegecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, tes lisan dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes lisan  juga dapat digunakan untuk melihat ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan dan motivasi siswa dalam belajar. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:
  • Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. 
  • Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam pembuatan pertanyaan, perintah yang harus dijawab siwa secara lisan. 
  • Menyiapkan pertanyaan, perintah yang akan disampaikan secara lisan.  
  • Melakukan tes dan analisis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini guru akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan. 
3) Penugasan Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mengukur dan/atau memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan yang berfungsi untuk penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran ( assessmen tof learning ). Sedangkan penugasan sebagai metode penugasan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan, yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di luar sekolah.

Penilaian Pengetahuan dilakukan tidak hanya dengan tes tulis tetapi dapat juga dilakukan dengan tes lisan, dan penugasan. Penilaian tes dilakukan seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester

Waktu dalam Melakukan PH K13

Penilaian Harian (PH) Penilaian harian dilaksanakan setelah menyelesaikan pembelajaran satu sub-tema. Dalam pelaksanaannya penilaian harian dapat berbentuk tes tulis, lisan, atau penugasan sesuai dengan kebutuhan guru. Fungsi penilaian harian yaitu untuk perbaikan pembelajaran dan juga sebagai salah satu bahan pengisian Rapor Peserta Didik. Penilaian harian yang dilaksanakan secara tertulis sekurang-kurangnya satu kali untuk satu tema. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari penilaian harian ditulis NPH, penulisannya menggunakan angka pada rentangan 0-100.
Contoh pelaksanaan penilaian harian dalam satu Tema. Tema   : I
soal ph K13 kelas 4

Keterangan: Pada subtema-1 penilaian harian dilaksanakan secara tertulis, menghasilkan NUH1. Pada subtema-2 penilaian harian dilaksanakan secara lisan, meskipun tidak menghasilkan nilai tetapi guru harus dapat mengetahui tingkat ketercapaian KD 3.1 pada subtema-2 tersebut. Pada subtema-3, tidak ada penilaiannya karena KD 3.1 tidak diajarkan pada subtema-3, sedangkan pada subtema-4, penilaian harian dilaksanakan melalui penugasan yang nilainya dapat diperoleh dari produk.

Contoh Soal penilaian harian k13 SD

SOAL PH IPS
1.Berikut yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah ...
a. batu bara
b. minyak bumi
c. belerang
d. rumput laut
2.Perhatikan gambar berikut!

gambar soal ph





Profesi yang memanfaatkan sumber daya alam tersebut adalah ....
a. peternak
b. pekebun
c. petani
d. penjahit
3.Manfaat sumber daya laut bagi para nelayan adalah ....
4.Setujuhkah kamu, jika sumber daya alam harus dikelola dengan baik? Jelaskan pendapatmu!
5.Mengapa sumber daya disuatu wilayah dapat memengaruhi kesejahteraan masyarakat sekitar?

SOAL PH SBDP
1.Saat bernyanyi, kita harus memperhatikan panjang pendeknya bunyi sesuai dengan ketukan. Panjang dan pendeknya bunyi disebut ....
a. intonasi
b. artikulasi
c. irama
d. nada
2.Lagu nasional Indonesia yang menceritakan tentang kekayaan sumber daya alam Indonesia adalah ....
a. Tanah Air
b. Halo-halo Bandung
c. Maju Tak Gentar
d. Garuda Pancasila
3.Irama memiliki . . . sendiri yang menentukan panjang pendeknya bunyi.
4.Pencipta lagu Desaku yang Kucinta adalah . . . .
5.Nyaanyikan satu lagu nasional Indonesia dengan irama dan notasi yang tepat!

Untuk mendapatkan file Soal PH K13 Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 semester 1 dan 2 dapat anda unduh pada link di bawah ini :
Download Soal PH K13 Kelas 1 Semester 1 dan 2
Download Soal PH K13 Kelas 2 Semester 1 dan 2
Download Soal PH K13 Kelas 3 Semester 1 dan 2
Download Soal PH K13 Kelas 4 Semester 1 dan 2
Download Soal PH K13 Kelas 5 Semester 1 dan 2
Download Soal PH K13 Kelas 6 Semester 1 dan 2

....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel