Download RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 dan 2 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1

RPP 1 Lembar k13 Kelas 4 Semester 1 dan 2. Dalam perangkat pembelajaran RPP ini sudah derivisi dalam bentuk format yang baru. Menurut Sri Anitah pembelajaran di kelas tinggi, khususnya untuk kelas IV, menghadapkan siswa pada konsep dan generalisasi, hingga penerapannya yaitu meliputi menyelesaikan tugas-tugas, menggabungkan, menghubungkan, memisahkan, menyusun, mendesain, mengekspresikan Sehingga guru dituntut harus berpengalaman mengajar dan mampu membuat RPP yang sesuai dengan tinkat kelas 4 serta mampu mengarahkan kegiatan pembelajaran agar sasaran pembelajaran dalam RPP dapat tercapai denagan baik.

Siswa SD Kelas IV dapat diklasifikasikan sesuai perkembangan kognisi menurut Piaget masuk dalam tahap operasional konkret (usia 7-11 tahun) . Anak-anak mulai mampu berpikir logis untuk menggantikan cara berpikir sebelumnya yang masih bersifat intuitif-primitif, namun membutuhkan contoh-contoh yang konkret.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa karakteristik siswa kelas IV SD yaitu ia memiliki rasa ingin tahu yang kuat, senang dengan bermain atau suasana yang menyenangkan, senang mencoba-coba, memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi sehingga cenderung tidak senang kegagalan, akan belajar efektif jika senang dengan situasi yang ada, dan senang mengajarkan apa yang ia bisa kepada temannya maka hendaknya dalam membuat RPP untuk kelas 4 SD haruslah sesuai dengan karekteristik murid kelas 4 dan materi pembelajaran kurikulum 2013 .

Komponen RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 dan 2

Pada pelantikan kabinet terbaru dimana menteri pendidikan yang baru memberikan gebrakan yang baru dengan Mememberikan kemudahan kepada pendidik di seluruh Indonesia dengan menerbitkan edaran tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, atau yang dikenal dengan RPP Format 1 lembar sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.

Adapun Ketiga komponen Inti terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.

1.  Komponen Tujuan Pembelajaran

tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik. Yang menarik untuk digaris bawahi yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. 

2.  Kegiatan Pembelajaran

Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup

a.  Kegiatan Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.

b.  Kegiatan Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

c.  Kegiatan Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

3.  Penilaian Pembelajaran

Penilaian adalah suatu kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi atau data untuk menentukan pencapaian hasil belajar siswa. dalam memberikan penilaian Guru diharapkan menggunakan berbagai metode dan teknik penilaian Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan 

Dalam menyusun RPP 1 Lembar kelas 4 baik dalam perumusan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen/penialaian pembelajaran seorang guru dapat berpatokan pada buku guru tematik khusus kelas 4 dan kurikulum 2013 revisi karena penjabaran ketiga komponen tersebut sudah ada dalam buku tersebut. tinggal kita memilih yang sekiranya mana yang dianggap penting sehingga bisa menghasilkan RPP 1 revisi 2020/2021 lembar yang berkualitas.

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4

Dalam penyusunan rpp 1 lembar kelas 4 semester 1 revisi memuat 5 tema yaitu Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Tema Berbagai Pekerjaan dan Tema 5 Pahlawanku. Setiap tema terdiri atas 3 sub tema pembelajaran dan setiap sub tema memuat 6 hari atau 6 kali pembelajaran. berikut ini saya sajikan satu contoh RPP 1 Lembar kelas 4 semester 1 yaitu tema 2 Selalu Berhemat Energi sub tema 1 sumber energi pada pembelajaran 1   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Rejosari Kelas/Semester : IV/Ganjil Tema : Selalu Berhemat Energi Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan ( 1X 35 Menit ) Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (3.4 dan 4.4), IPA (3.5 dan 4.5)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik mampu menyajikan teks petunjuk membuat sesuatu; 2. Peserta didik mampu menyajikan berbagai sumber energi; 3. Peserta didik mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber protein hewani.

B. Kegiatan Pembelajaran

Langkah – Langkah Pembelajaran 1. Pendahuluan 1. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam 2. Guru meminta peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran 3. Mengingatkan siswa untuk sering mencuci tangan dan tangan selalu memakai masker; dan mengingatkan siswa tentang alat yg dibawa pada pertemuan berikutnya. 4. Guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini 2. Kegiatan Inti 1. Pemberian rangsangan ( stimulation) a. Guru mengingatkan siswa tentang bahan yg harus disiapkan b. Siswa menyiapkan alat dan bahan gelas, sendok, gula, susu bubuk dan air (boleh ditambahkan pelengkap sesuai selera). 2. Pernyataan identifikasi masalah ( problem statement ) Siswa dbagi menjadi beberapa kelompok masing masing kelompok membuat susu sesuai dengan kemampuan dan pengalamnanya masing - masing 3. Pengolahan data ( data processing ) Guru mengambil salah satu contoh kelompok dan menyimpulkannya secara bersama– sama dengan siswa apakah sudah sesuai dengan penjelasan cara membuat susu yg baik dan benar. 4. Pembuktian ( vericication) Guru mempersilakan masing – masing ketua kelompok membawa hasil susu yg telah dibuat dan guru membuktikannya di depan dengan mengambil contoh sampel yang berbeda dengan teori pembuktian cara membuat susu yg baik dan benar. 5. Menarik kesimpulan Siswa dan guru menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran hari ini 3. Kegiatan Penutup 1. Memberikan umpan balik 2. Menyanyikan lagu 3. Mengakhiri pertemuan dengan berdoa sebelum pulang;

C. Penilaian

1. Penilaian Pengetahuan : penilaian dilakukan dengan mengamati siswa mengurutkan membuat susu

2. Penilaian Keterampilan : penilaian keterampilan dengan unjuk kerja 

Link Download RPP K13 1 Lembar kelas 4 semester 1 dan 2

Untuk mendapatkan file  RPP 1 Lembar kelas 4 semester 1 dan 2 bisa mengklik link di bawah ini :

Apabila guru guru berminat untuk mendapatkan RPP K13 1 lembar SD kelas 1 sd 6 semester 1 dapat unduh rpp pada link yang ada di bawah ini 

Download RPP K13 1 Lembar SD Kelas 1 Semester 1

Download RPP K13 1 Lembar SD Kelas 2 Semester 1

Download RPP K13 1 Lembar SD Kelas 3 Semester 1

Download RPP K13 1 Lembar SD Kelas 4 Semester 1

Download RPP K13 1 Lembar SD Kelas 5 Semester 1

Download RPP K13 1 Lembar SD Kelas 6 Semester 1

Download RPP K13 1 Lembar Pendais SD Kelas 1 sd 6 Semester 1

Download RPP K13 1 Lembar Penjaskes SD Kelas 1 sd 6 Semester 1

Download RPP K13 1 Lembar Matematika SD Kelas 4,5 dan 6 Semester 1

Demikianlah informasi tentang RPP 1 Lembar SD kelas 4 semester 1 mudah mudahan bermanfaat kepada kita semua.

Next Post Previous Post