-->

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1

Daftar Isi [Tampilkan]
....


Download RPP 1 Lembar k13 Kelas 4  Semester 1

Pada kesempatan kali saya akan membagikan RPP 1 Lembar k13 Kelas 4 Semester 1. Dalam RPP ini sudah derivisi dalam bentuk format yang baru. Menurut Sri Anitah pembelajaran di kelas tinggi, khususnya untuk kelas IV, menghadapkan siswa pada konsep dan generalisasi, hingga penerapannya yaitu meliputi menyelesaikan tugas-tugas, menggabungkan, menghubungkan, memisahkan, menyusun, mendesain, mengekspresikan Sehingga guru dituntut harus berpengalaman mengajar dan mampu membuat RPP yang sesuai dengan tinkat kelas 4 serta mampu mengarahkan kegiatan pembelajaran agar sasaran pembelajaran dalam RPP  dapat tercapai denagan baik.

Siswa SD Kelas IV dapat diklasifikasikan sesuai perkembangan kognisi menurut Piaget masuk dalam tahap operasional konkret (usia 7-11 tahun) . Anak-anak mulai mampu berpikir logis untuk menggantikan cara berpikir sebelumnya yang masih bersifat intuitif-primitif, namun membutuhkan contoh-contoh yang konkret.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa karakteristik siswa kelas IV SD yaitu ia memiliki rasa ingin tahu yang kuat, senang dengan bermain atau suasana yang menyenangkan, senang mencoba-coba, memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi sehingga cenderung tidak senang kegagalan, akan belajar efektif jika senang dengan situasi yang ada, dan senang mengajarkan apa yang ia bisa kepada temannya maka hendaknya dalam membuat RPP untuk kelas 4 SD haruslah sesuai dengan karekteristik murid kelas 4.



Komponen RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1

Pada pelantikan kabinet terbaru dimana menteri pendidikan yang baru memberikan gebrakan yang baru  dengan Mememberikan kemudahan kepada pendidik di seluruh Indonesia dengan menerbitkan edaran tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.

Adapun Ketiga komponen Inti terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.

1.    Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik.  Yang menarik untuk digaris bawahi  yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. 
2.    Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a.    Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan  perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b.    Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 
c.    Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3.    Penilaian Pembelajaran
Penilaian adalah suatu kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi atau data untuk menentukan pencapaian hasil belajar siswa. dalam memberikan penilaian Guru diharapkan menggunakan berbagai metode dan teknik penilaian Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan 

Dalam menyusun RPP 1 Lembar kelas 4 baik dalam perumusan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen/penialaian pembelajaran seorang guru dapat berpatokan pada buku guru tematik khusus kelas 4 karena penjabaran ketiga komponen tersebut sudah ada dalam buku tersebut. tinggal kita memilih yang sekiranya mana yang dianggap penting sehingga bisa menghasilkan RPP 1 lembar yang berkualitas.


Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1

 Dalam penyusunan RPP kelas 4 untuk semester 1 memuat 5 tema yaitu Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Tema 2  Selalu Berhemat Energi, Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Tema Berbagai Pekerjaan dan Tema 5 Pahlawanku. Setiap tema terdiri atas 3 sub tema pembelajaran dan setiap sub tema memuat 6 hari atau 6 kali pembelajaran. berikut ini saya sajikan satu contoh RPP 1 Lembar kelas 4 semester 1 yaitu  tema 2 Selalu Berhemat Energi sub tema 1 sumber energi pada pembelajaran 1   
       
   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                    (RPP)
Satuan Pendidikan       :     SDN 255 PINRANG
Kelas / Semester          :     VI (Enam) / 1
Tema 1                           :     Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1                   :     Sumber Energi
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
  2. Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
  3. Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  4. Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis.
  5. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
  6. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
B.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pendahuluan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
Berdiskusi  
  1. Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa.
  2. Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?)
  3. Setiap kelompok mendikusikan pertanyaan berikut.
  4. Apa yang diceritakan gambar tersebut?
Mencoba
  1. Sebagai pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru membawa satu jenis  tumbuhan dan memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa untuk mengamati tumbuhan tersebut dengan teliti.
  2. Siswa juga kemudian diminta untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela kelas.
  3. Guru mengajukan pertanyaan:
  4. Siswa menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek benda berdasarkan hasil percobaan.
  5. Siswa menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk laporan.
Berdiskusi
  1. Siswa mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di buku.
  2. Siswa secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian mendiskusikan pertanyaan bacaan terkait materi tentang ketersediaan sumber daya alam.
Membaca
  1. Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.
  2. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan menuliskannya di buku.
  3. Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban mereka.
  4. Guru memberikan penguatan
  5. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, dan menuliskannya di buku.
  6. Siswa mendiskusikan jawaban bersama teman.
  7. Siswa kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan salah satu sumber daya alam yang patut dicontoh. Gambar mereka harus memuat kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya.
  8. Siswa saling menyampaikan gambar mereka kepada seorang teman untuk diberikan masukan.
  9. Siswa kemudian menjelaskan gambar mereka dalam bentuk tulisan.
  10. Tulisan yang dibuat harus memuat Sumber daya alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan, serta contoh-contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya.
Renungkan
  1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
  2. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran pertama, Buku Guru.
Pengayaan
  1. Apabila memiliki waktu, siswa dapat menggunakan beragam benda lainnya saat melakukan percobaan IPA, atau mencoba jenis percobaan lain untuk membuktikan proses penguapan oleh panas matahari.
Remedial
  1. Bagi siswa yang belum terampil menuangkan instruksi tertulis ke dalam bentuk gambar, dan sebaliknya, akan diberikan pendampingan oleh guru.
  2. Siswa tersebut dapat diberikan tugas rumah terkait materi
Kegiatan Penutup
  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
C. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
  1. Bahasa Indonesia : Tugas Teks visual
  2. IPA : Tugas Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan siswa diperiksa menggunakan rubrik.
  3. IPS : Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.
                                                                                                           Pinrang, ………………… 2020     


....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel