-->

Soal dan Pembahasan Asesmen Pasca Tahap 1 Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 II

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 II

Pada kesempatan kali ini admin membagikan Soal dan Pembahasan Asesmen Pasca Program Tahap 1 Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 II. Sebelum mengikuti jawaban di bawah ini sebaiknya bapak juga perlu menganalis kembali, karena jawaban yang admin berikan adalah menurut admin sendiri bukan berasal dari kunci jawaban

Soal dan Pembahasan Asesmen Pasca Program Tahap 1 Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 II

Adapun soal dan pembahasan Asesmen Pasca Program Tahap 1 Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 dapat anda lihat di bawah ini :

Di dalam kelas, guru Ani menggunakan media belajar audio visual karena menyadari peserta didiknya memiliki gaya belajar yang berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan…
A. Karakteristik peserta didik
B. Potensi media dan teknologi
C. Keadaan latar atau lingkungan
D. Tujuan pembelajaran
Pembahasan: A. Karakteristik peserta didik

Perhatikanlah daftar dibawah ini;
– Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik
– Membuat instruksi tugas yang mudah dipahami orangtua dan peserta didik
– Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran
Tergolong dalam cara 5M manakah pernyataan-pernyataan di atas?
A. Membangun keberlanjutan
B. Memahami konsep
C. Memilih tantangan
D. Memberdayakan konteks
Pembahasan: A. Membangun keberlanjutan 

Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh yang harus dipahami oleh guru adalah…
A. Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
B. Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
C. PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
D. Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
Pembahasan: B. Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik merupakan salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh

Sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Jumlah rombongan belajar yang banyak membuat sekolah harus membagi peserta didik bergiliran hadir selama 3 hari di sekolah. Di sisi lain guru-guru merasa waktu yang diberikan masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah langkah yang dapat dipilih oleh guru?
A. Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
B. Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta didik
C. Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung
D. Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV sebagai pendukung
Pembahasan: C. Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung hal ini sesuai dengan prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh

Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda menerima banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring, guru Dinda merasa bahwa peserta didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat dihindari jika guru Dinda melakukan…
A. Asesmen formatif
B. Asesmen kognitif
C. Asesmen diagnosis awal
D. Asesmen sumatif
Pembahasan: C. Asesmen diagnosis awal 

Mengumpulkan tugas pembelajaran melalui e-mail, Google Drive, atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan jenis aktivitas pembelajaran….
A. Daring sinkron
B. Daring asinkron
C. Luring sinkron
D. Luring asinkron
Pembahasan: B. Daring asinkron, Daring adalah pembelajaran melalui e-mail, Google Drive, atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan pembelajaran daring, sedangkan Asinkrong artinya bukan pada waktu yg bersamaan

Mengapa KI dan KD perlu diselaraskan?
A. Agar memudahkan guru dalam mengajar
B. Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional
C. Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
D. Agar asesmen mudah dilakukan
Pembahasan: C. Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid 

Konsep utama pembelajaran terpadu (blended) adalah….
A. Guru menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
B. Pembelajaran berpusat pada peserta didik dimana peserta didik mengakses sumber belajar daring maupun luring secara mandiri
C. Fasilitas internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
D. Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring
Pembahasan: B. Pembelajaran berpusat pada peserta didik dimana peserta didik mengakses sumber belajar daring maupun luring secara mandiri ini merupakan konsep dari pembelajaran terpadu

Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari pendidikan adalah…
A. Konsep
B. Keterampilan
C. Konteks
D. Kompetensi
Pembahasan: D. Kompetensi ,

Dalam menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh harus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala atau kesulitan terjadi. Oleh karena itu hal penting yang harus dilakukan adalah…
A. Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
B. Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
C. Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
D. Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
Pembahasan: B. Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
3. Memahami  pengetahuan  faktual  dan konseptual  dengan  cara  mengamati, menanya  dan  mencoba  berdasarkan rasa    ingin    tahu    tentang    dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,  dan  benda-benda  yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya    serta    menjelaskan   cara menghasilkan,     menyalurkan,     dan menghemat energi listrik.
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
4. Menyajikan  pengetahuan  faktual  dan konseptual  dalam  bahasa  yang  jelas, sistematis,   logis   dan   kritis,   dalam karya   yang   estetis,   dalam   gerakan yang mencerminkan  anak  sehat,  dan dalam  tindakan  yang  mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
4.5 Menyajikan   karya   tentang   berbagai cara  melakukan  penghematan  energi dan  usulan  sumber  alternatif  energi listrik.
Guru Prima akan mengajar materi listrik untuk kelas VI sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam tabel di atas. Sebelumnya, guru Prima melakukan asesmen diagnosis dan mendapat informasi bahwa ada orang tua murid yang bekerja di Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan memiliki waktu luang. Dari informasi tersebut, manakah aktivitas pembelajaran yang cocok diterapkan guru Prima?
A. Memberi tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
B. Membuat acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
C. Mengajak murid menghitung meteran listrik di rumah
D. Meminta murid belajar mandiri dari Youtube
Pembahasan:B. Membuat acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN

Definisi dari pengetahuan konten adalah…
A. Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar.
B. Pengetahuan mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
C. Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
D. Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
Pembahasan: D. Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari

Guru Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah pada peserta didiknya. Untuk mengerjakan tugas tersebut, peserta didik diminta untuk mewawancarai orangtua masing-masing. Pembelajaran tersebut termasuk dalam memperoleh informasi dengan sumber belajar….
A. Pesan
B. Bahan
C. Orang
D. Alat
Pembahasan: C. Orang

Definisi dari media pembelajaran adalah….
A. Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi
B. Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
C. Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
D. Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
Pembahasan:C. Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar

Selain memanusiakan hubungan, melibatkan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui cara memilih tantangan. Dari pilihan di bawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat untuk direkomendasikan kepada orang tua?
A. Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
B. Menyusun jadwal belajar bersama anak
C. Bertanya tantangan belajar kepada anak
D. Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
Pembahasan : B. Menyusun jadwal belajar bersama anak

Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah…
A. Belajar dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
B. Murid dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
C. Menyatukan belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian didiskusikan bersama
D. Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga
Pembahasan:D. Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga

Asesmen untuk belajar dapat digunakan untuk….
A. Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahapan belajar
B. Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
C. Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
D. Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
Pembahasan: A. Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahapan belajar

Guru Johnny mengajar di kelas 1 SD. Di awal pertemuan, guru Johnny menanyakan perasaan dan keadaan siswanya. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa guru Johnny sedang melakukan tahap…
A. Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
B. Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
C. Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
D. Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Pembahasan: D. Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal

Soal Soal dan Pembahasan Asesmen Pasca Program Tahap 1 Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 II.

Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan  sebuah kubus, kawat, dan penggaris dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan. Dari ilustrasi tersebut, manakah yang termasuk media belajar?
A. Ibu Tini sebagai guru matematika
B. Bangun ruang sebagai kompetensi yang dipelajari
C. Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
D. Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
Pembahasan:C. Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran

Manakah diantara pengalaman belajar berikut yang lebih efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik….
A. Melihat simulasi
B. Melihat pameran
C. Berpartisipasi dalam workshop
D. Melakukan simulasi
Pembahasan: D. Melakukan simulasi karena simulasi dalam piramida dale berada pada tingkat bawah

Asesmen diagnosis berkala termasuk ….
A. Asesmen pembelajaran
B. Asesmen terhadap belajar
C. Asesmen formatif
D. Asesmen sumatif
Pembahasan:C. Asesmen formatif

Apa tujuan dilakukannya asesmen diagnosis?
A. Sebagai bahan pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
B. Membandingkan pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
C. Untuk memenuhi penilaian hasil belajar (raport)
D. Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
Pembahasan: D. Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran

Tujuan dari asesmen diagnosis di awal pembelajaran adalah…
A. Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
B. Memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
C. Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
D. Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
Pembahasan: B. Memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar

Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan…
A. Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
B. Penyederhanaan dari kurikulum nasional
C. Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
D.Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
Pembahasan:B. Penyederhanaan dari kurikulum nasional

Kompetensi 3 (Pengetahuan)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya  berdasarkan rasa ingin tahu tentang    dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,  dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali  informasi tentang  cara-caraperawatan tumbuhan dan    hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.
Kompetensi 4 (Keterampilan) 
4. Menyajikan pengetahuan  faktual dalam bahasa  yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis,dalam   gerakan yang mencerminkan  anak  sehat, dan dalam tindakan  yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
4.1 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan  kosakata baku dan kalimat efektif.
Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah menentukan tujuan kompetensi yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pada KD 3 dan 4, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?
A. Menetapkan indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
B. Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
C. Membuat aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
D. Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
Pembahasan: B. Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa karena materi dapat ditentukan setelah membuat tujuan pembelajaran

Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan Guru Roni menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah. Mengetahui hal tersebut, Guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta didiknya untuk mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5M yang dilakukan Guru Roni adalah…
A. Membangun keberlanjutan
B. Memahami konsep
C. Memanusiakan hubungan
D. Memberdayakan konteks
Pembahasan: A. Membangun keberlanjutan

Pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.  Semua jenjang pada setiap satuan pendidikan pada kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat: 
A. Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional 
B. Menggunakan kurikulum darurat
C. Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri
D. Tidak menggunakan kurikulam yang ada

Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh, Guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Di beberapa kesempatan, guru Aben menjelaskan mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak jauh lewat video tutorial dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang dilakukan guru Aben ini tergolong dalam cara 5M…
A. Memberdayakan konteks
B. Memilih tantangan
C. Memahami konsep
D. Membangun keberlanjutan
Pembahasan: C. Memahami konsep 

Setelah melakukan asesmen diagnosis kognitif awal, Isma, seorang siswa kelas 5, memiliki hasil asesmen dengan nilai 1 semester di bawah rata-rata kelas. Dari pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan guru kelas 5 adalah…
A. Menghubungi orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
B. Melakukan asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata kelas
C. Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
D. Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
Pembahasan:C. Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan

Setelah melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa yang dapat dilakukan guru selama proses pembelajaran?
A. Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
B. Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
C. Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
D. Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid di kelas
Pembahasan: B. Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa

Dari pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen di awal pembelajaran yang tepat?
A. Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
B. Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
C. Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
D. Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
Pembahasan: D. Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi ini merupakan kaidah dari siklus asesmen di awal pembelajaran

Guru Adi memberikan tugas proyek secara berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan. Selama proyek berlangsung, guru Adi meminta peserta didik untuk memberikan laporan setiap minggu. Guru Adi juga memberikan komentar dan masukan di laporan mingguan peserta didik.Dari cerita diatas, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis…
A. Konten
B. Konsep
C. Kompetensi
D. Topik
Pembahasan: C. Kompetensi, Karena kompetensi merupakan tujuan dari capain kurikulum K13

Kelebihan merancang sumber belajar sendiri adalah….
A. Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
B. Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
C. Mudah ditemui di kehidupan nyata
D. Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
Pembahasan: A. Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik, itulah kelebihan dari sumber belajar yang dirancang sendiri

Mengukur penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian kurikulum merupakan kategori….
A. Asesmen pembelajaran
B. Asesmen untuk belajar
C. Asesmen sebagai belajar
D. Asesmen terhadap belajar
Pembahasan: D. Asesmen terhadap belajar

Siswa dengan hasil rata-rata kelas akan diajar oleh guru kelas sesuai dengan materi di jenjang tersebut
Siswa dengan hasil 1 semester dibawah rata-rata akan mendapatkan pelajaran tambahan dari guru kelas di jenjangnya
Siswa dengan hasil 2 semester dibawah rata-rata akan dititipkan pada guru kelas di bawah jenjangnya, atau membentuk kelompok belajar didampingi orangtua atau pendamping lain yang relevan
Dari pilihan berikut ini, manakah aktivitas yang dilakukan guru pada tahap pengelolaan hasil asesmen?
A. Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua peserta didik di kelas
B. Melakukan penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
C. Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
D. Membagi peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
Pembahasan: B. Melakukan penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah

Empat kemampuan yang menandai penguasaan kompetensi pada siswa adalah ….
A. Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
B. Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
C. Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
D. Kemandirian, menalar, kecerdasan, ujian bermakna
Pembahasan:A. Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna

Penggunaan media belajar seperti tape recorder, radio, dan telepon merupakan media belajar yang berjenis….
A. Visual
B. Audio
C. Audio visual
D. Multimedia
Pembahasan: B. Audio 

Pembelajaran Jarak Jauh merupakan….
A. Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas melalui WAG/email
B. Pembelajaran yang dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
C. Pembelajaran yang diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
D. Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid
Pembahasan: D. Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid, ini merupakan prinsip dari PJJ

Saat melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak mulai merasa bosan untuk melanjutkan belajar sementara LKS yang harus ia dikerjakan cukup banyak. Apa yang sebaiknya dilakukan?
A. Tetap memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar
B. Menghentikan pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
C. Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
D. Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
Pembahasan: C. Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran

Ketika Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah…
A. Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
B. Membangun kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
C. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
D. Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
Pembahasan: D. Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik

Di tahun ajaran baru, guru Wendy ditugaskan menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun ajaran dimulai, guru Wendy mempersiapkan banyak hal untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah soal-soal yang terdiri dari materi pelajaran kelas 4 semester 1 dan beberapa materi dari kelas 3 dan 2. Yang dilakukan Guru Wendy merupakan tahapan…
A. Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
B. Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
C. Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
D. Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Pembahasan: A. Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal

Guru Amir mengajar di daerah pedesaan yang tidak semua orangtua memiliki gawai (telepon pintar, televisi, radio). Model pembelajaran jarak jauh manakah yang sebaiknya digunakan guru Amir?
A. Model PJJ dengan kelas daring
B. Model guru kunjung
C. Model kelas luring berkelompok kecil
D. Model PJJ melalui televisi
Pembahasan: C. Model kelas luring berkelompok kecil

Melakukan kolaborasi antara guru, orangtua, dan peserta didik termasuk dalam cara 5 M…
A. Memanusiakan hubungan
B. Memahami konsep
C. Memberdayakan konteks
D. Memilih tantangan
Pembahasan: A. Memanusiakan hubungan, salah satu contoh dari memanusiakan hubungan adalah Melakukan kolaborasi antara guru, orangtua, dan peserta didik

Pekan lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan kepada peserta didik yang dapat mereka kerjakan dari rumah. Dari laporan yang sudah terkumpul, guru Adit memberikan komentar dan masukan untuk masing-masing peserta didik. Cara 5M yang diterapkan guru Adit adalah…
A. Membangun keberlanjutan
B. Memahami konsep
C. Memilih tantangan
D. Memberdayakan konteks
Pembahasan: A. Membangun keberlanjutan, Adapun contoh dari Membangun keberlanjutan yaitu Membuat panduan tugas yang rinci namun tidak mendikte, pastikan memberi umpan balik pada setiap penugasan yang diberikan kepada murid, perbanyak asesmen formatif untuk membantu murid memahami kemampuan awalnya dan kebutuhan belajar berikutnya, pastikan ada kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penilaian dari setiap tugas yang diberikan, pastikan melakukan refleksi berkala sebagai titik periksa kemajuan pengerjaan tugas. Hindari memberi tugas tanpa memberi umpan balik kepada orang tua dan murid, hindari memberikan tugas sebagai sumatif tanpa membuat asesmen formatif untuk membantu murid memahami kemampuan awalnya dan kebutuhan belajar berikutnya

Seorang guru akan melakukan asesmen diagnosis sebelum mengajar materi baru. Pada tahap persiapan, guru tersebut menyusun 10 soal sederhana. Bagaimanakah pemilihan soal yang sebaiknya dilakukan?
A. 2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
B. 4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
C. 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
D. soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
Pembahasan: C. 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari hal ini sesuai kaidah assesmen diagnostik berkala

Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan…
A. Berfokus pada proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
B. Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
C. Umpan balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
D. Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
Pembahasan: B. Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar 

Penggunaan televisi dan radio merupakan media dalam pembelajaran jarak jauh model….
A. Dalam jaringan/online
B. Luar jaringan /offline
C. Terpadu (memadukan)
D. Kunjungan guru
Pembahasan: B. Luar jaringan /offline karena televisi dan radio tidak memerlukan koneksi jaringan internet

Pembelajaran yang berfokus pada pendidikan kecakapan hidup adalah salah satu prinsip Pembelajaran Jarak Jauh. Anda dapat menerapkan prinsip tersebut dengan memberikan aktivitas…
A. Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang
B. Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
C. Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
D. Pembelajaran materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
Pembahasan : A. Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang hal ini karena transaksi membeli dan menjual barang sesuai dengan aktifitas siswa

Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non-kognitif  awal. Adit, seorang siswanya, memiliki nilai tinggi pada asesmen diagnosis kognitif. Namun, pada asesmen diagnosis non-kognitif, Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.Dari cerita diatas, tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
A. Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
B. Berdiskusi dengan Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
C. Membuat aktivitas belajar yang kreatif
D. Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
Pembahasan: B. Berdiskusi dengan Adit dan orangtuanya terkait yang dirasakan Adit dan mencoba menemukan solusi bersama-sama.

Guru Irene adalah seorang guru kelas 3. Di awal tahun ajaran baru, Guru Irene memulai kelas meminta siswa bercerita dengan menjawab tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang Guru Irene berikan: 
“Bagaimana kabar kamu hari ini?”
“Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
“Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang sedang dilakukan  Guru Irene merupakan langkah-langkah asesmen awal pada tahap…
A. Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
B. Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
C. Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
D. Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Pembahasan: D. Tahap pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal karena itu .

Demikianlah artikel kami tentang Soal dan Pembahasan Asesmen Pasca Program Tahap 1 Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 II. Mudah mudahan memberi manfaat.
....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel