Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Investasi, Persiapkan 6 Tips Berikut

Gurubelajar. Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi. Mengingat fase manajemen keuangan, kegiatan investasi berada pada tahap kelima, setelah menghasilkan pendapatan, menyimpan sebagian dari pendapatan, mengendalikan pengeluaran dan mengambil perlindungan yang memadai.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi
Gambar: www.djkn.kemenkeu.go.id

Investasi adalah kegiatan untuk menumbuhkan uang yang tersedia untuk tumbuh lebih cepat. Jika Anda hanya menabung, uang tidak tumbuh dan lebih buruk dapat terkikis karena inflasi.

Selain itu, dengan kegiatan investasi, kesuksesan dapat dicapai lebih cepat karena kita mengambil keuntungan dari kekuatan bunga majemuk.Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi

Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi

Sebelum memulainya,  hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi, Persiapkan 6 Tips Berikut

1. Pastikan jumlah tabungan memadai

Tabungan yang memadai dihasilkan jika (pendapatan + tabungan) melebihi pengeluaran. Jika arus kas belum positif, jangan mulai berinvestasi.

Hasilkan pendapatan tambahan dan kendalikan nafsu makan untuk mengurangi pengeluaran terlebih dahulu. Jika manajemen arus kas pun masih buruk, jangan bermimpi mengelola investasi dengan baik.

Baca Juga : Cara Memilih Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Bagaimanapun, tujuan utama investasi adalah untuk memperluas uang yang ada selama periode waktu tertentu, bukan untuk meningkatkan aliran pendapatan secara teratur seperti mendapatkan gaji setiap bulan.

Itulah sebabnya jika Anda menemukan tawaran investasi yang menjanjikan pengembalian tetap setiap bulan, perlu berhati-hati.

Takutnya nanti bukan investasi, tapi smelter.

2. Konsisten menabung

"Hemat uang pendapatan, investasikan tabungan" Untuk berinvestasi, yang terbaik adalah menggunakan kelebihan tabungan.

Ini bukan uang yang dipinjam, kecuali jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup dan tahu teknik apa yang harus digunakan. Jadi, yang terbaik adalah mulai berinvestasi dengan kelebihan tabungan, bukan meminjamkan uang.

Jika Anda masih belum memiliki cukup tabungan, jangan mulai berinvestasi. Orang yang masih gagal konsisten dalam menabung, juga akan gagal berinvestasi nantinya. Untuk panduan tentang cara menghemat uang untuk persiapan investasi, silakan baca artikel berikut:

3. Kelola piutang dengan baik

Beberapa penasihat keuangan mengatakan utang dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu utang baik dan utang buruk. Utang yang baik dipatok pada aset seperti tanah dan rumah, sementara utang buruk tidak dipatok pada aset atau digunakan untuk biaya hangus, misalnya pinjaman pribadi dan kartu kredit.

Apa pun kategori utang tersebut, utang tetap menjadi utang.

Dalam persiapan untuk investasi, jika Anda masih memiliki utang baik dengan individu atau lembaga keuangan, yang terbaik adalah menyelesaikan terlebih dahulu.

Baca Juga : 

Jika tidak bisa diselesaikan, setidaknya harus dikelola dengan baik. penyiapan investasi. Artinya, jangan pernah gagal membayar cicilan bulanan dan memiliki target waktu untuk melunasi semua utang.

Jika utang tidak dikelola dengan baik, maka nama-namanya dapat masuk daftar hitam.

Akhirnya, harus mencairkan investasi yang dilakukan dalam waktu singkat untuk melunasi semua utang. Ingat, aktivitas investasi untuk jangka waktu yang lama, setidaknya tiga hingga lima tahun.

Jika diencerkan dalam waktu singkat, dikhawatirkan kerugian akan disebabkan oleh kebutuhan untuk membayar biaya tersembunyi.

4. Persiapkan dana darurat secukupnya

Dana darurat penting untuk saat-saat darurat dan saat tertimpa muibah, dan harus disediakan sebagai persiapan investasi.

Ketika bencana seperti bencana dan kecelakaan terjadi, setidaknya ada sumber daya untuk mendapatkan uang untuk memperbaiki apa pun yang diperlukan. Tidak perlu mencairkan aset investasi yang dilakukan, sangat disayangkan bahwa tujuan investasi sudah terpengaruh.

Lagi pula, proses mencairka investasi mungkin membutuhkan waktu lama, sehingga tidak mungkin untuk mendapatkan uang segera.

5. Ambil asuransi yang memadai

Mirip dengan dana darurat, asuransi cakupan juga sangat penting untuk manajemen risiko dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan. Dan itu juga sangat penting sebagai persiapan investasi.

Jadi, ambil perlindungan yang memadai untuk empat poin utama terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan investasi Anda.

6. Ilmu yang mencukupi

Untuk berinvestasi, jangan hanya bermain setengah setengah. Perlu ada pengetahuan yang tepat untuk mengelola risiko dan menghasilkan keuntungan yang baik. Bagaimanapun, ada banyak peluang investasi yang sah, dan masing-masing membutuhkan cara dan teknik yang berbeda.

Baca Juga : Cara Investasi Emas Yang Aman dan Menguntungkan

Pengetahuan dapat diperoleh dari buku, seminar dan bahkan langsung dengan mengajar dengan mentor investasi. Hanya perlu berusaha dan rajin mencari. Ingat, investasi terbaik adalah berinvestasi dalam pengetahuan!. 

Demikianlah informasi admin tentang Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi, Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url