Apa Itu Merdeka Belajar, Simak penjelasannya Berikut ini

Gurubelajar. Apa Itu Merdeka Belajar, Simak penjelasannya Berikut ini ? Kebebasan untuk Belajar merupakan konsep penting dalam pendidikan. Hal ini mengacu pada hak peserta didik untuk menjadi mandiri, ditentukan sendiri, dan memikul tanggung jawab untuk belajar mereka sendiri. 

Agar tidak hanya belajar tetapi juga berpikir kritis dan mandiri, setiap anak harus memiliki akses terhadap pendidikan berkualitas yang memenuhi kebutuhan individunya.

Apa Itu Merdeka Belajar

Apa Itu Merdeka Belajar

Kebebasan untuk belajar adalah salah satu hak paling mendasar yang dinikmati siswa. Merupakan hak untuk bebas dari pembatasan yang ditempatkan pada jumlah jam yang diperbolehkan untuk dipelajari oleh seorang siswa. Dalam kebanyakan kasus, sekolah harus membatasi seberapa banyak siswa diperbolehkan belajar untuk mempromosikan kebebasan siswa.

Belajar mendukung kebebasan dalam beberapa cara. Pertama, memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dengan cara yang bebas dari kendala. Misalnya, seorang siswa yang menyukai matematika dapat belajar lebih banyak matematika, tanpa merasa dibatasi oleh jumlah jam yang boleh mereka habiskan untuk belajar. 

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online di Rumah

Pembelajaran juga memungkinkan siswa untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan mereka, yang pada akhirnya dapat membantu mereka untuk mencapai tujuan dan sasaran mereka. Selain itu, pembelajaran seringkali memberikan siswa rasa pemberdayaan dan kepercayaan diri. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk mengendalikan pembelajaran mereka sendiri, dan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dapat mereka gunakan di masa depan.

Namun, dalam beberapa kasus, sekolah mungkin terlalu membatasi pembelajaran. Misalnya, seorang siswa yang sedang berjuang untuk mempelajari mata pelajaran baru mungkin berkecil hati untuk melanjutkan mempelajari mata pelajaran tersebut. 

Hal ini dapat merusak perkembangan siswa, dan dapat menunda pencapaian tujuan mereka. Dalam kasus seperti ini, sekolah harus berhati-hati untuk memastikan bahwa siswa masih dapat belajar dengan bebas. Dengan membatasi jumlah pembelajaran yang memaksa siswa untuk terlibat, sekolah dapat membantu memastikan bahwa siswa bebas untuk fokus pada mata pelajaran yang penting bagi mereka.

Kebebasan untuk belajar adalah salah satu hak paling mendasar yang dinikmati siswa. Merupakan hak untuk bebas dari pembatasan yang ditempatkan pada jumlah jam yang diperbolehkan untuk dipelajari oleh seorang siswa. 

Baca Juga :  Pembelajaran Kolaboratif di Era dan Pasca Pandemi, Mengapa Tidak?

Dalam kebanyakan kasus, sekolah harus membatasi seberapa banyak siswa diperbolehkan belajar untuk mempromosikan kebebasan siswa. Hal ini karena terlalu banyak belajar dapat membebani, dan dapat mengganggu kemampuan siswa untuk fokus dan belajar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url