Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum

Daftar Isi

Gurubelajar. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum. Adapun kunci jawaban ini admin dapatkan setelah mengikuti Pelatihan mandir yang ada di portal merdeka mengajar. 

Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum

Adapun Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum yang benarnya sudah admin tandai dengan cetak berwarnah biru. Untuk jawaban saya perhatikan tiap guru berbeda beda urutan nomor dan pilihan jawaban tetapi untuk soal dan jawaban tidak berbeda hanya sifatnya di acak. Jadi disini guru perlu membaca baik baik sehinnga tidak salah menjawab. 

Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum

Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum sebagai berikut :

1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.

a. benar

b. salah

2. Empat komponen kurikulum menurut Ralph Tyler adalah…

Jawab : Tujuan, konten, metode/cara, dan evaluasi.

3. (1) Mewariskan nilai dan budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini

(2) Mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan saat ini dan masa depan

(3) Menilai dan memilih sesuatu yang relevan sebagai kontrol sosial

Hal diatas merupakan…

Jawab : Peran kurikulum

4. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali…

a. meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan

b. mengajak murid untuk mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan

c. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut.

d. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda.

5. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah…

a. kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid.

b. perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri.

c. kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman

d. perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju.

6. Salah satu bentuk tindakan perubahan kurikulum yang kurang tepat dengan kondisi generasi saat ini adalah…

Jawab : Mengandalkan tugas dalam bentuk tulisan

7. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.

Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah…

a. hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum.

b. hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu disekolah perkotaan.

c. hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid disekolahnya.

d. hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid.

8. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah…

a. tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah.

b. setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda.

c. kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan.

d. guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah.

9. Dalam rapat MGMP di daerahnya, Pak Simon ditunjuk untuk menyusun modul ajar yang akan digunakan oleh seluruh sekolah di daerahnya. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Pak Simon adalah…

Jawab : Mengajak beberapa guru dari sekolah lain untuk ikut menyusun modul berdasarkan karakteristik umum sekolah di daerahnya

10. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah…

a. meminta murid untuk mengerjakan latihan sesuai yang terdapat pada buku paket.

b. melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya.

c. mengajak murid untuk melakukan pengawetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewani lainnya.

d. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya.

11. Hal-hal unik yang dimiliki sekolah, murid, sosial, budaya guru dan tenaga kependidikan lainnya disebut…

Jawab : Karakteristik satuan pendidikan

12. Pak Rudi sedang mengembangkan kurikulum yang akan dilaksanakan pada semester ini. Hal-hal berikut perlu dilakukan Pak Rudi dalam mengembangkan rencana pembelajaran pada mata pelajaran yang diampunya, kecuali…

Jawab : Menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang harus diadakan sesuai dengan minat dan bakat muridnya

13. Saat mengevaluasi kurikulum operasional, Bu Atikah menilai murid belum dilibatkan secara aktif dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah. Komponen kurikulum yang dievaluasi oleh Bu Atikah adalah…

Jawab : Peorganisasian pembelajaran

14. Prinsip pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan terdiri atas…

Jawab : Berpusat pada murid, kontekstual, esensial, akuntabel, dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan

15. Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:

(1) berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah

(2) memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

(3) memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas

(4) memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga

Hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali…

a. mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olahraga sesuai minat dan sumber daya yang ada.

b. memasukan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini.

c. mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pembelajaran untuk menyiapkan murid menjadi

d. Melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah sebagai bagian penanaman nilai karakter pancasila

Kesimpulan

Adapun jawaban diatas hanya sebagai referensi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal post test dalam platform merdeka mengajar.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum

Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 2 Kurikulum Merdeka

Baca Juga Jawaban Topik Lainnya :

Kunci Jawaban Topik : Merdeka Belajar

Kunci Jawaban Topik : Asesmen SD/Paket A

Kunci Jawaban Topik : Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

Kunci Jawaban Topik : Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/ Paket A

Kunci Jawaban Topik : Profil Pelajar Pancasila

Kunci Jawaban Topik : Disiplin Positif

Demikianlah artikel admin tentang Kunci Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum. Semoga bermanfaat

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar