Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Daftar Isi

Gurubelajar. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti. Pelatihan mandiri ini merupan topik kedua dari pelatihan mandiri guru merdeka mengajar yaitu topik merdeka belajar yang terdiri atas 5 modul pelatihan 

Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

TOPIK : Merdeka Belajar

Pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran KHD

Pemahaman untuk memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya.

Penerapan pembelajaran yang memerdekakan murid

Adapun kunci jawaban ini admin dapatkan setelah mengikuti Pelatihan mandir yang ada di portal merdeka mengajar. 

Adapun Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti yang benarnya sudah admin tandai dengan cetak berwarnah biru. Untuk jawaban saya perhatikan tiap guru berbeda beda urutan nomor dan pilihan jawaban tetapi untuk soal dan jawaban tidak berbeda hanya sifatnya di acak. Jadi disini guru perlu membaca baik baik sehinnga tidak salah menjawab. 

Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti sebagai berikut :

1. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali...

A. Rasa takut

B. Cemas

C. Percaya Diri

D. Pengetahuan 

2. Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?

A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.

B. Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

C. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut.

D. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya

3. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali...

A. jiwa

B. cipta

C. karsa

D. rasa

4. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan...yang berperan menentukan karakter seseorang.

A. bagian jasmani

B. bagian biologis

C. bagian intelligible

D. bagian keterampilan

5. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...

A. dibiarkan tanpa intervensi

B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan

C. memiliki bakat tertentu

D. Ada kemauan

6. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah...

A. Sekolah

B. Keluarga

C. Sahabat

D. Taman Kanak-Kanak

7. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan...

A. Kognitif

B. Afektif

C. Psikomotorik

D. Budi Pekerti

8. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?

A. Membantu murid menemukan budi pekertinya

B. Mengendalikan budi pekerti murid

C. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri

D. Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri

9. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu...

A. Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’

B. Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’

C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’

D. Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme’

10. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...

A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis

B. menyamarkan watak - watak baik murid

C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis

D. menebalkan watak - watak tidak baik murid

11.Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori...

A. Hereditas

B. Negatif

C. Komplementer

D. Tabularasa

12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu...

A. Biologis dan intelligible

B. Biologis dan fisiologis

C. Intelligible dan fisiologis

D. Tabularasa dan biologis

Kesimpulan

Adapun jawaban diatas hanya sebagai referensi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal post test dalam platform merdeka mengajar.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mendidik dan Mengajar

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh

Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan

Demikianlah artikel admin tentang Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti. Semoga bermanfaat

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar