-->

Apliasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 3 ( Tiga ) Revisi 2020

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Apliasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 3 ( Tiga ) Revisi 2020
KKM SD

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 3 ( Tiga ) Revisi 2020,  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah kriteria ketuntasan belajar (KKB) yang ditentukan oleh sekolah. Kriteria ketuntasan minimal pada akhir jenjang satuan pendidikan untuk beberapa kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan nilai batas ambang kompetensi

Pedoman dalam menentukan  penetapan KKM SD Kurikulum 2013 yaitu :

  • KKM di buat dan ditetapkan pada awal tahun oleh setiap sekolah  berdasarkan hasil musyawarah guru mapel dan kepala sekolah di setiap sekolah.
  • Ketuntasan Belajar tiap indikator yang telah diputuskan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%.
  • Nilai dari Kriteria ketuntasan minimal dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100.
  • Setiap Satuan pendidikan atau sekolah dapat menetapkan dan menentukan Kriteria ketuntasan minimal berada di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal, dan berupaya secara berjenjang meningkatkan untuk mencapai ketuntasan maksimal.
  • Nilai Kriteria ketuntasan minimal harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta didik

Fungsi  Kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) yaitu :

  • Sebagai acuan bagi guru dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai muatan KD mata pelajaran yang diikuti. 
  • Sebagai acuan bagi siswa dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.
  • Dapat digunakan sebagai bagian komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di satuan pendidikan.
  • Merupakan kontrak pedagogik antara guru dengan siswa dan sekolah dengan masyarakat.
  • Merupakan target sekolah dalam pencapaian kompetensi tiap mapel.

Langkah Langkah Penetapan KKM yaitu :

  • Pendidik atau kelompok guru menetapkan Kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa.
  • Hasil dari penetapan KKM oleh pendidik atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan pendidik dalam melakukan penilaian
  • Kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sebaiknya disosialisaikan kepada semua pihak-pihak yang berkepentingan baik siswa, orang tua, dan dinas pendidikan KKM dicantumkan dalam LHB pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.

Tata Cara Penentuan  KKM yaitu :
Ada tiga indikator penting dalam penentuan KKM yaitu
Kompleksitas: (kesulitan atau kerumitan) dalam setiap Kompetensi dasar atau indikator yang harus dicapai oleh peserta didik
Daya Dukung ( Ketersediaan Tenaga  ) : Sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan, Biaya operasional pendidikan,  Manajemen Sekolah, Kepedulian stakeholders sekolah
INTAKE: (Tingkat Kemampuan Rata-rata Peserta Didik) yaitu tingkat pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran.

Contoh Penetapan KKM SD K13 Kelas 3 Mapel Matematika


Nama Sekolah
: SD Negeri
Muatan Pelajaran
: Matematika
Kelas
: III (Tiga)
Tahun Pelajaran
: 2020/2021
No
Kompetensi Dasar
Kompleksitas
Daya Dukung
Intak Siswa
KBM KD
1
3,1
Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
65
75
80
73
2
3,2
Menjelaskan penyajian bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4) pada garis bilangan
65
75
80
73
3
3,3
Menyatakan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
65
75
80
73
4
3,4
Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari kesuluruhan menggunakan benda-benda konkret
65
75
80
73
5
3,5
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
65
75
80
73
6
3,6
Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
65
75
80
73
7
3,7
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari  
65
75
80
73
8
3,8
Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret
65
75
80
73
9
3,9
Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
65
75
80
73
10
3,10
Menjelaskan keliling bangun datar
65
75
80
73
11
3,1
Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
65
75
80
73
12
3,1
Menjelaskan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
65
75
80
73
13
3,1
Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
65
75
80
73
14
3,1
Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam bentuk gambar
65
75
80
73
15
4,1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan  sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
65
75
80
73
16
4,2
Menggunakan penyajian bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) pada garis bilangan
65
75
80
73
17
4,3
Menyajikan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
65
75
80
73
18
4,4
Menyajikan pecahan sebagai bagian dari kesuluruhan menggunakan benda-benda konkret
65
75
80
73
19
4,5
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
65
75
80
73
20
4,6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung
65
75
80
73
21
4,7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari
65
75
80
73
22
4,8
Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret
65
75
80
73
23
4,9
Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
65
75
80
73
24
4,10
Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
65
75
80
73
25
4,1
Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
65
75
80
73
26
4,1
Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
65
75
80
73
27
4,1
Mengelompok-kan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
65
75
80
73
28
4,1
Menyajikan  data  berkaitan dengan diri peserta didik dalam bentuk gambar
65
75
80
73


RATA-RATA KKM
65
75
80


KKM Mapel : Matematika
73


Fitur fitur  dan Cara Menggunakan Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas Tiga Revisi Terbaru 

Di dalam Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Revisi Terbaru terdapat tiga menu utama yaitu :
  • Data Utama yaitu untuk mengedit identitas guru, kepala sekolah dan nama sekolah kompenen, dengan mengedit komponen ini maka semua identitas guru, kepala sekolah dan nama sekolah berubah otomatis.
  • Menu Mapel yaitu menu untuk mengisi KKM setiap mata pelajaran, dalam mengisi KKM cukup menambahkan nilai maka akan terhitung secara otomatis, tidak perlu lagi menjumlah secara manual setelah menambahkan nilai KKM setiap indikator KD
  • Menu Rekap KKM yaitu menu untuk melihat rekap seluruh KKM dalam setiap mata pelajaran 

Manfaat Menggunakan Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas Tiga Revisi Terbaru 

  • Manfaat utama dalam Aplikasi KKM K13 ini yaitu guru tidak perlu lagi menghitung nilai nilai KKM setiap KD dan mata pelajaran secara manual yang cukup memusingkan dan bisa menyita banyak waktu bagi guru
  • Dengan adanya aplikasi KKM ini bisa memudahkan para guru kelas 3 untuk mengubdate nilai KKM nya karna guru yang memakai KKM itu itu saja tanpa pernah mengubdata KKM nya setiap tahun termasuk guru yang kurang profesional

Apabila bapak dan ibu guru berminat mendapatkan KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 3 dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :
Download Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 3

Apabila guru berniat memiliki sebuah Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 1 sampai 6 ,  bisa di unduh pada link dibawah ini :

KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 1
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 2
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 3
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 4
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 5
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 6

Demikianlah artikel saya tentang KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Revisi. Mudah mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua

....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel