-->

Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2020

    Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi

    Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2020,  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah kriteria ketuntasan belajar (KKB) yang ditentukan oleh sekolah. Kriteria ketuntasan minimal pada akhir jenjang satuan pendidikan untuk beberapa kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan nilai batas ambang kompetensi

    Pedoman dalam menentukan  penetapan KKM SD Kurikulum 2013 yaitu :

    • KKM di buat dan ditetapkan pada awal tahun oleh setiap sekolah  berdasarkan hasil musyawarah guru mapel dan kepala sekolah di setiap sekolah.
    • Ketuntasan Belajar tiap indikator yang telah diputuskan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%.
    • Nilai dari Kriteria ketuntasan minimal dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100.
    • Setiap Satuan pendidikan atau sekolah dapat menetapkan dan menentukan Kriteria ketuntasan minimal berada di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal, dan berupaya secara berjenjang meningkatkan untuk mencapai ketuntasan maksimal.
    • Nilai Kriteria ketuntasan minimal harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta didik

    Fungsi  Kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) yaitu :

    • Sebagai acuan bagi guru dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai muatan KD mata pelajaran yang diikuti. 
    • Sebagai acuan bagi siswa dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.
    • Dapat digunakan sebagai bagian komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di satuan pendidikan.
    • Merupakan kontrak pedagogik antara guru dengan siswa dan sekolah dengan masyarakat.
    • Merupakan target sekolah dalam pencapaian kompetensi tiap mapel.

    Langkah Langkah Penetapan KKM yaitu :

    • Pendidik atau kelompok guru menetapkan Kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa.
    • Hasil dari penetapan KKM oleh pendidik atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan pendidik dalam melakukan penilaian
    • Kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sebaiknya disosialisaikan kepada semua pihak-pihak yang berkepentingan baik siswa, orang tua, dan dinas pendidikan KKM dicantumkan dalam LHB pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.

    Tata Cara Penentuan  KKM yaitu :
    Ada tiga indikator penting dalam penentuan KKM yaitu
    Kompleksitas: (kesulitan atau kerumitan) dalam setiap Kompetensi dasar atau indikator yang harus dicapai oleh peserta didik
    Daya Dukung ( Ketersediaan Tenaga  ) : Sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan, Biaya operasional pendidikan,  Manajemen Sekolah, Kepedulian stakeholders sekolah
    INTAKE: (Tingkat Kemampuan Rata-rata Peserta Didik) yaitu tingkat pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran.

    Contoh Penetapan KKM SD K13 Kelas 4 Mapel Bahasa Indonesia


    Nama Sekolah
    :
    SDN
    Muatan Pelajaran
    :
    Bahasa Indonesia
    Kelas
    :
    IV (Empat)
    Tahun Pelajaran
    :
    2019/2020
    Tema
    Mapel
    Kompetensi Dasar
    Kompleksitas
    Daya Dukung
    Intak Siswa
    KBM KD
     1
    Bahasa Indonesia
    3.1
    Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
    70
    75
    65
    70

    4.1
    Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulis
    65
    60
    70
    65


    3.2
    Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
    70
    75
    65
    70


    4.2
    Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
    60
    65
    70
    65
    2
    Bahasa Indonesia
    3.2
    Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
    75
    70
    60
    68


    4.2
    Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
    60
    60
    75
    65


    3.4
    Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
    70
    75
    60
    68


    4.4
    Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif  
    75
    60
    70
    68
    3
    Bahasa Indonesia
    3.3
    Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
    65
    70
    75
    70


    4.3
    Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
    70
    75
    65
    70
    4
    Bahasa Indonesia
    3.5
    Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
    60
    60
    75
    65


    4.5
    Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan
    70
    75
    60
    68
    5
    Bahasa Indonesia
    3.7
    Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
    70
    75
    65
    70


    4.7
    Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
    60
    65
    70
    65


    3.8
    Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
    75
    70
    60
    68


    4.8
    Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri
    60
    60
    75
    65
     6
    Bahasa Indonesia
    3.6
    Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
    70
    75
    60
    68


    4.6
    Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
    75
    60
    70
    68
    7
    Bahasa Indonesia
    3.9
    Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
    60
    65
    70
    65


    4.9
    Menyampaikan hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh pada cerita fiksi
    75
    70
    60
    68


    3.10
    Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
    60
    60
    75
    65


    4.10
    Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
    70
    75
    60
    68
     8
    Bahasa Indonesia
    3.9
    Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
    75
    60
    70
    68


    4.9
    Menyampaikan hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh pada cerita fiksi
    65
    70
    75
    70


    3.10
    Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
    70
    75
    65
    70


    4.10
    Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
    60
    65
    70
    65
    9
    Bahasa Indonesia
    3.7
    Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
    75
    70
    60
    68


    4.7
    Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
    60
    60
    75
    65


    3.8
    Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
    65
    75
    60
    67


    4.8
    Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri
    70
    60
    70
    67



    RATA-RATA KKM
    67
    67
    67



    KKM Mupel Bahasa Indonesia
    67

    Fitur fitur  dan Cara Menggunakan Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi Terbaru 

    Di dalam Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas Empat Revisi Terbaru terdapat tiga menu utama yaitu :
    • Data Utama yaitu untuk mengedit identitas guru, kepala sekolah dan nama sekolah kompenen, dengan mengedit komponen ini maka semua identitas guru, kepala sekolah dan nama sekolah berubah otomatis.
    • Menu Mapel yaitu menu untuk mengisi KKM setiap mata pelajaran, dalam mengisi KKM cukup menambahkan nilai maka akan terhitung secara otomatis, tidak perlu lagi menjumlah secara manual setelah menambahkan nilai KKM setiap indikator KD
    • Menu Rekap KKM yaitu menu untuk melihat rekap seluruh KKM dalam setiap mata pelajaran 

    Manfaat Menggunakan Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi Terbaru 

    • Manfaat utama dalam Aplikasi KKM K13 ini yaitu guru tidak perlu lagi menghitung nilai nilai KKM setiap KD dan mata pelajaran secara manual yang cukup memusingkan dan bisa menyita banyak waktu bagi guru
    • Dengan adanya aplikasi KKM ini bisa memudahkan para guru kelas 4 untuk mengubdate nilai KKM nya karna guru yang memakai KKM itu itu saja tanpa pernah mengubdata KKM nya setiap tahun termasuk guru yang kurang profesional

    Apabila bapak dan ibu guru berminat mendapatkan KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :
    Download Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4


    Apabila guru berniat memiliki sebuah Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 1 sampai 6 ,  bisa di unduh pada link dibawah ini :

    KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 1
    KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 2
    KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 3
    KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 4
    KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 5
    KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 6

    Demikianlah artikel saya tentang KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi. Mudah mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua
    LihatTutupKomentar