Lima Cara Menjaga Kebersihan Udara Dalam Ruangan

Gurubelajar. Cara Menjaga Kebersihan Udara Dalam Ruangan. Situasi saat ini yang melanda negara kita, seperti pandemi COVID-19 dan kondisi cuaca yang tidak menentu, memaksa kita untuk tinggal di rumah. Lebih baik meluangkan waktu bersama keluarga!

Cara Menjaga Kebersihan Udara Dalam Ruangan

Namun, bahkan udara di dalam rumah tidak akan aman! Mengutip laporan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), kualitas udara di dalam rumah lebih tercemar daripada udara di luar. Ha serius!

Apa Pentingnya Udara Bersih Di Rumah?

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, kualitas udara yang tercemar (baik di dalam maupun di luar ruangan) telah mempengaruhi 25 juta orang pada tahun 2017, termasuk 7 juta anak-anak.

Masalah kesehatan karena udara dalam ruangan yang tercemar termasuk kelelahan, sesak napas, kurang tidur dan gatal-gatal pada seluruh tubuh.

Tidak tahu bahwa asma atau kelelahan juga telah menyebabkan peningkatan kunjungan ke rumah sakit dan klinik sebesar 17 juta dibandingkan dengan penyakit lain.

Melihat pentingnya kebutuhan akan udara di rumah yang bersih ini? Tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kenyamanan keluarga.

udara bersih, filter udara, pembersih udara pohon hias di rumah, pentingnya udara bersih 

Masalahnya sekarang, tidak peduli berapa kali Anda membersihkan rumah, masih ada bahan terkontaminasi yang terbang, membuat rumah Anda belum tentu aman untuk ditempati.

Mengapa Udara Dalam Ruangan Dapat Terkontaminasi?

Ya, kualitas udara di dalam rumah terkadang lebih buruk daripada di luar. Partikel atau gas yang bukan bagian dari udara mampu mempengaruhi kualitas udara.

Inilah yang disebut polusi udara. Polusi udara juga dapat terjadi di dalam ruangan. Bagaimana?

Menurut studi Asthma And Allergy Foundation Of America, Anda membawa udara luar ruangan ke dalam rumah ketika Anda membuka pintu atau jendela, termasuk serbuk sari dan asap.

Lubang di sekitar pintu, dinding, dan jendela juga memungkinkan udara luar ruangan yang terkontaminasi masuk ke dalam rumah.

Baca Juga : Tips Investasi Properti Yang Menguntungkan

Udara di rumah terdiri dari alergen seperti debu, bulu hewan peliharaan dan jamur.

udara bersih, filter udara, pembersih udara pohon hias di rumah, pentingnya udara bersih 

Kelembaban, di sisi lain, dapat menyebabkan tingkat hama menjadi lebih tinggi. Aktivitas memasak menyebarkan minyak dan partikel lemak ke udara.

Selain itu, rutinitas membersihkan rumah, penggunaan penyemprot serangga, wewangian ruangan atau bahkan saat mandi mampu melepaskan partikel kecil, kemudian akan membentuk debu dan racun ke udara.

Ditambah dengan AC yang kurang terawat.

Dan inilah yang menyebabkan udara di dalam rumah mencemari dengan cepat. Situasinya dapat memburuk tanpa adanya ventilasi yang baik di rumah.

5 Cara Menjaga Kebersihan Udara Dalam Ruangan

Menciptakan rumah yang lebih bersih dan sehat menjadi tugas setiap kepala rumah. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan aliran udara yang baik di rumah. Rajin tahu tidak hanya.

1. Filter udara

Tidak ada yang bisa menyangkal pentingnya udara bersih dan segar bagi kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari.

Seiring dengan fasilitas teknologi saat ini, untuk mendapatkan udara yang berkualitas, cukup gunakan filter udara.

Kini sudah banyak brand seperti Cuckoo, Coway dan lainnya yang memproduksi filter udara dengan filter dan kipas angin yang berfungsi untuk menyedot dan mendistribusikan udara segar.

Ini juga menyedot udara kotor, menghilangkan partikel yang terkontaminasi dari udara dan menjebak partikel halus dan meningkatkan kualitas udara di ruang tertentu.

Namun, penggunaan filter udara sedikit memberatkan karena harus membayarnya berbulan-bulan dan datang dengan kontrak penggunaan.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Jika Anda mampu membelinya, mengapa tidak? Bagaimanapun, kesehatan harus didahulukan, bukan?

Selain itu Anda juga dapat meningkatkan kualitas udara dengan memahami lingkungan tempat Anda tinggal. Pemantauan kualitas udara adalah cara yang bagus untuk memeriksa tingkat kebersihan udara.

Anda dapat menemukan berbagai perangkat pemantauan kualitas udara yang terjangkau di pasaran saat ini. Ini bagus untuk mengukur unsur-unsur seperti karbon dioksida dan materi partikulat (pencemar di udara).

2. Gunakan wewangian alami

Kita terbiasa menggunakan wewangian atau air diffuser untuk membuat rumah sebagai gantinya. Air diffuser bertindak untuk melepaskan partikel berbau segar ke udara.

Dengan desainnya yang menarik terutama ketika diletakkan di atas meja, itu cukup menarik perhatian. Ada desain yang cantik kan.

Namun, hindari menggunakan wewangian sintetis seperti penyegar udara dan lilin aromaterapi karena menghasilkan gas dan molekul yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.

Sebagai gantinya, gunakan bunga alami, produk aromaterapi berbasis minyak atau cairan (minyak atsiri) yang memiliki sifat anti-bakteri.

Beberapa juga dapat menggunakan soda kue (soda kue) yang dicampur dengan jus jeruk nipis untuk menyegarkan udara dan menetralkan bau di rumah tanpa mengeluarkan polutan dan bahan kimia beracun.

3. Tanam pohon di dalam ruangan

Tahukah Anda, ada tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda karena dapat membersihkan udara dan menyediakan lingkungan yang lebih tenang serta membantu mengurangi stres hidup dan mengendalikan tekanan darah.

Tanaman adalah cara alami sederhana yang mampu meningkatkan kualitas udara di rumah Anda.

Penelitian oleh NASA menunjukkan bahwa tanaman dapat menyingkirkan polutan beracun, menghirup oksigen segar untuk lingkungan dalam ruangan yang lebih sehat.

Di antara tanaman di gedung yang dapat Anda tanam untuk mendapatkan udara segar, selain fakta bahwa mudah tumbuh dan sulit mati adalah pohon krisan.

Ini telah terbukti efektif dalam membersihkan udara karena mampu menghilangkan amonia, benzena, formaldehida dan xilena dari udara dalam ruangan.

Selain itu, pohon dracaene yang telah terbukti mampu menghilangkan molekul pencemar di rumah, serta pohon lidah jin yang tepat tinggal di tempat yang kering dan menerima sedikit sinar matahari.

Tanaman lain seperti Chinese Evergreen, Bamboo palm dan Geranium juga dapat dipertimbangkan.

4. Produk pembersih ramah lingkungan

Merupakan tanggung jawab Anda untuk membersihkan rumah, namun, Anda juga harus peka dalam penggunaan produk pembersih rumah tangga karena tidak semuanya cocok.

Banyak produk pembersih rumah mengandung pelarut yang mengeluarkan gas seperti formaldehida dan benzena.

Rekomendasi kami, gantilah dengan produk ramah lingkungan yang mengandung lebih sedikit wewangian dan kimia sintetis.

Baca Juga :  Cara Memilih Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Selain itu, Anda juga bisa membuat produk pembersih sendiri yang ramah lingkungan, dari bahan-bahan tertentu. Simpan bahkan jimat, siap dapat disimpan dan digunakan berulang kali.

Di antara bahan-bahan yang dapat Anda gunakan adalah natrium bikarbonat (soda kue). Soda kue dipercaya sebagai bahan pencuci yang secara efektif menghilangkan minyak dan kotoran larut dalam air.

Jika Anda menolak untuk larut, soda kue bertindak seperti bubuk cental dan mampu menghilangkan kotoran semudah ABC!

Tidak ada soda kue, Anda juga bisa menggunakan cuka. Ya, cuka mungkin sedikit berbau tetapi karena sifat asamnya, cuka ini efektif dalam memberantas kotoran – minyak, noda tanah liat, minyak, bulu binatang, noda cat dan lain-lain.

Cukup larut dalam air, dan Anda siap untuk membersihkan rumah Anda!

5. Cuci/lap furniture baru terlebih dahulu

Membeli furnitur baru juga justru berkontribusi terhadap polusi udara di dalam rumah.

Ya, keseruan seseorang yang memamerkan furnitur yang dibeli dengan memamerkan tanpa mencuci terlebih dahulu juga dapat berkontribusi terhadap polusi udara di dalam rumah.

Tahukah Anda, furnitur baru seperti sofa dan set meja makan biasanya mengandung senyawa organik volatil (VOC) seperti toluena dan benzena yang terdapat pada lem, cat, kain, bahan bangunan, kain, dan lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa senyawa ini mengandung bahan kimia tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia dalam jangka pendek/panjang.

Jadi sangat penting bagi Anda untuk menyingkirkan bahan majemuk ini terlebih dahulu sebelum membawa furnitur ini ke dalam rumah.

Yang dapat Anda lakukan adalah membuka jendela, jendela, atau pintu untuk menghapus VOC selama sehari dalam beberapa bulan pertama.

Jika tidak, Anda dapat menyimpan furnitur Anda di ruang tertentu terlebih dahulu seperti toko atau garasi dan meninggalkannya dalam waktu seminggu.

Dan setelah itu, Anda dianjurkan untuk mencuci (menyeka) furnitur terlebih dahulu dengan deterjen alami untuk mencegah molekul berbahaya menyebar di rumah.

Penutup

Kebutuhan untuk memiliki udara bersih di dalam rumah sangat penting, tidak hanya untuk anak-anak, tetapi jika ada anggota keluarga lain dengan penyakit tertentu seperti asma dan lain-lain.

Ventilasi yang bersih akan memberi kita kenyamanan dan kesejahteraan. Ingat, kebersihan tidak hanya dilihat dari mata telanjang, tetapi lebih dari itu. Jadi jangan pernah menerima begitu saja kebersihan udara di rumah Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url