Hal yang Perlu Diketahui Tentang Investasi Emas

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Investasi Emas.Jika Anda melihatnya sekarang, tren investasi emas mulai mendapatkan perhatian lebih seperti saat 'kegilaan' investasi emas sekitar tahun 2011.

Ini karena, melihat pergerakan grafik harga emas, ditemukan bahwa harga emas sekarang dalam tren naik, dan hampir sama dengan harga puncak pada tahun 2011.

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Investasi Emas

Bagi mereka yang konsisten membeli dan menyimpan emas pada tahun-tahun turunnya harga emas sebelum ini, pastinya sekarang tersenyum gembira melihat nilai emas yang disimpan mencatatkan keuntungan.

Itulah keuntungan 'istiqamah' dalam berinvestasi emas.

Bagi mereka yang baru saja akan mulai berinvestasi dalam emas sekarang, pasti bertanya-tanya, apakah tren kenaikan harga emas ini akan terus berlanjut?

Baca Juga : Cara Investasi Emas Yang Aman dan Menguntungkan

Atau apakah sudah mencapai puncaknya, dan akankah ia mulai jatuh setelah ini?

Saya tidak memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, tetapi, 

3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Investasi Emas

Jika Anda ingin mulai berinvestasi dalam emas sekarang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Harga emas tidak ditentukan oleh permintaan dan penawaran saja

Sebelumnya mungkin banyak yang percaya bahwa harga emas ditentukan oleh permintaan dan penawaran saja. Jika permintaan tinggi dan penawaran rendah, harga emas akan melonjak naik, dan begitu juga sebaliknya.

Sebenarnya, ini adalah konsep yang kurang tepat.

Banyak faktor lain yang mempengaruhi harga emas selain faktor permintaan dan tawaran, seperti sentimen pasaran yang lemah, ketidaktentuan ekonomi dan kejadian-kejadian ‘luarbiasa’ seperti perang dan bencana besar.

Semua faktor ini boleh mempengaruhi harga emas walaupun paras permintaan dan tawaran emas adalah normal.

Misalnya, semasa Brexit baru-baru ini, harga emas dunia (dalam US Dollar) meningkat dengan mendadak dalam masa sehari (sehingga 4.7%)

Harga emas juga telah meningkat tajam selama krisis keuangan sebelumnya, hingga 7,7% di Dot Com Crash 2000 dan 32% dalam Krisis Keuangan Global 2008.

Selain daripada itu, harga emas turut dipengaruhi kestabilan nilai US Dollar; dalam kebanyakan situasi, semakin stabil nilai US Dollar, semakin lemah harga emas.

Oleh karena itu, setiap faktor yang mempengaruhi nilai Dolar AS, juga akan mempengaruhi harga emas.

Kesimpulan yang dapat diambil untuk poin pertama ini adalah karena harga emas dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, maka sangat sulit untuk memprediksi pergerakan harga emas di masa mendatang.

Bisa jadi harga emas terus naik, atau tiba-tiba turun tajam. Oleh karena itu, tidak mudah untuk percaya jika ada yang mengatakan bahwa harga emas akan terus naik dan naik.

2. Emas bukanlah penyimpan nilai terbaik

Banyak yang terlibat dalam investasi emas karena asumsi mereka bahwa emas adalah penyimpan nilai terbaik. Misalnya, ketika ada ketidakpastian di pasar saham, banyak investor mengubah investasi saham mereka menjadi emas, berharap emas dapat mempertahankan nilai investasi mereka.

Bahkan, orang-orang yang mempromosikan investasi emas sering menggunakan istilah "emas tahan inflasi" sebagai ekspresi populer untuk menarik orang untuk membeli dan menyimpan emas.

Fakta yang sebenar, walaupun emas adalah penyimpan nilai yang baik, namun emas bukanlah penyimpan nilai yang terbaik.

Baca Juga : Cara Memilih Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Seperti disebutkan pada poin pertama di atas, harga emas dapat berfluktuasi setiap saat dan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Ada kalanya harga emas akan naik, dan ada kalanya harga emas akan turun bahkan lebih buruk daripada kenaikan inflasi.

Misalnya, bagi mereka yang membeli dan menyimpan emas pada puncaknya pada tahun 2011, jika menurut harga saat ini setelah 5 tahun, nilai emas yang dipegang masih lebih rendah daripada saat dibeli.

Selain itu, menurut penelitian, volatilitas harga emas (volatilitas) lebih tinggi daripada volatilitas pasar saham / ekuitas, untuk 5, 10 dan 20 tahun sebelumnya.

Karena sifat volatilitas yang tinggi, berinvestasi dalam emas juga merupakan investasi yang berisiko dan banyak hal yang perlu dipikirkan sebelum mulai berinvestasi dalam emas.

Dan investasi emas lebih cocok untuk jangka panjang untuk menyerap efek fluktuasi harga emas.

Jika Anda menginginkan investasi lain sebagai alternatif untuk memegang nilai, investasi obligasi / sukuk lebih stabil daripada investasi emas.

3. Instrumen investasi emas beragam

Investasi emas yang paling populer adalah melalui emas fisik, baik dalam bentuk perhiasan, emas batangan atau koin dinar emas.

Masalah utama dengan emas fisik adalah penyimpanannya; jika disimpan sendiri di rumah dapat terkena risiko dicuri, jika disimpan di brankas bank akan dikenakan biaya pula.

Jadi, sebagai alternatif untuk berinvestasi dalam emas dalam bentuk fisik, adalah mungkin untuk memilih instrumen investasi emas lainnya.

Dimungkinkan untuk memilih investasi investasi emas dalam bentuk sertifikat / akun investasi emas seperti yang ditawarkan oleh beberapa bank 

Sertifikat/rekening investasi emas adalah pilihan instrumen investasi emas yang baik, namun jumlahnya terbatas, ada masalah kepatuhan syariah dan biaya tersembunyi seperti biaya jasa dan biaya penarikan.

Dimungkinkan juga untuk secara tidak langsung terlibat dalam investasi emas melalui pasar saham, yaitu dengan membeli saham perusahaan yang melakukan operasi terkait emas seperti menjual atau menambang emas.

Yang ingin kami tekankan pada poin ketiga ini adalah investasi emas dapat dilakukan dengan banyak cara, terserah kepada investor untuk memilih cara berinvestasi terbaik dan sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko masing-masing.

Penutup

Sama seperti peluang investasi lainnya, berinvestasi dalam emas tidak menjanjikan keuntungan sepanjang waktu. Ada kalanya pengembaliannya bagus, ada kalanya itu akan terjadi sebaliknya.

Tambahan lagi, emas merupakan item komoditi yang mana turun-naik harganya adalah sukar diramal dan emas tidak mempunyai intrinsic value seperti aliran tunai atau hasil dividen.

Bahkan, tren bullish harga emas saat ini tidak diketahui apakah akan berlanjut untuk waktu yang lama atau hanya dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, jangan sembarangan terlibat dalam investasi emas tanpa pengetahuan yang cukup atau hanya dengan mengikuti kata-kata / bujukan orang lain.

Baca Juga : Tips Investasi Properti Yang Menguntungkan

Lebih penting lagi, jangan tertipu dan terjebak dalam skema investasi emas yang menjanjikan pengembalian palsu, seperti yang terjadi beberapa tahun yang lalu.

Idealnya, alokasikan hanya sebagian dari uang yang tersedia, mungkin sekitar 10 hingga 20%, untuk investasi emas. Jadilah investor yang cerdas, bukan yang hanya mengikuti tren.

Demikianlah artikel admin tentang Hal yang Perlu Diketahui Tentang Investasi Emas. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url