Sembilan Produk Canggih Untuk Rumah Pintar Anda

Sesuai dengan perkembangan zaman, produk-produk canggih tidak hanya memfasilitasi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga membantu memberi Anda keuntungan sebagai pemilik rumah atas aspek keamanan dan keamanan.

Sembilan Produk Canggih Untuk Rumah Pintar Anda

Bagi pemilik rumah yang masih mencari ide untuk melengkapi rumah idaman Anda, pada artikel kali ini kami akan membagikan 9 produk canggih untuk smart home Anda. Mari kita mulai!

Konsep Rumah Pintar

Bagi mereka yang masih bertanya-tanya apa itu rumah pintar atau rumah pintar, singkatnya sistem rumah pintar berbasis internet yang dioperasikan oleh produk-produk canggih.

Dengan teknologi pintar ini juga, Anda dapat mengontrol penggunaan produk-produk canggih hanya dengan aplikasi di ponsel atau yang lebih mengesankan, hanya dengan perintah suara. Menarik, bukan?

Manfaat Rumah Pintar

Dengan konsep rumah pintar yang semakin populer di Malaysia, sebenarnya ada beberapa keuntungan dari konsep ini. Berikut adalah beberapa manfaat bagi mereka yang ingin mencoba sistem rumah pintar ini:

  • Anda dapat memantau konsumsi energi listrik di rumah Anda hanya dengan aplikasi sederhana di ponsel
  • Menghemat konsumsi energi untuk waktu yang lama
  • Anda dapat memantau keamanan rumah bahkan jika Anda berada di mana saja hanya dengan menggunakan ponsel

Daftar Produk Smart Home

Nah, yuk simak daftar produk smart home yang bisa anda coba di pasaran.

1. Sistem alarm (alarm pintar)

Tidak lengkap rasanya seperti rumah pintar yang aman tanpa sistem alarm keamanan yang baik. Faktanya, sistem alarm memiliki beberapa kategori. Sistem alarm atau smart alarm ini dapat ditempatkan di beberapa lokasi dengan fungsi yang berbeda-beda.

Alarm keamanan

Ditempatkan untuk mendeteksi insiden pembobolan oleh penyusup.

Ini akan menggunakan beberapa komponen untuk mendeteksi setiap gerakan di rumah

Menghapus suara alarm yang keras untuk memberikan peringatan

Baca Juga : Tips Investasi Properti Yang Menguntungkan

Ada juga sistem alarm keamanan pintar yang dapat secara otomatis menghubungi nomor untuk dihubungi.

Alarm kebakaran

Alarm kebakaran pintar juga dikatakan lebih sensitif untuk menghindari peringatan palsu.

Dapat dipantau dengan menggunakan ponsel untuk memperingatkan pengguna secara langsung.

rumah pintar, rumah pintar, sistem alarm, cctv, pagar otomatis, kunci pintu digital, kunci pintu pintar

2. CCTV

Selanjutnya, CCTV  adalah salah satu produk yang wajib dimiliki untuk rumah pintar Anda. Singkatnya, yang menarik, produk CCTV yang ditawarkan di pasaran kini juga memiliki instruksi yang lebih sederhana dan Anda hanya bisa memasang CCTV sendiri di rumah.

CCTV ini tidak hanya berguna untuk keselamatan keluarga Anda dari pencuri luar, tetapi juga dapat bertindak untuk mengawasi keselamatan keluarga Anda di dalam ruangan.

Yang lebih menarik, rekaman CCTV  ini dapat digunakan sebagai bukti kuat dari sudut pandang hukum.

Bahkan, desain CCTV saat ini juga menjadi lebih unik dan menarik karena didesain dengan berbagai bentuk kamuflase yang dapat menyerupai barang-barang lain di dalam rumah seperti lampu dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara memilih cctv dan merek terbaik untuk rumah Anda, dengan berbagi artikel di sini.

3. Pagar otomatis

Selain itu, Anda juga bisa mencoba smart automatic fencing system untuk membantu memperketat keamanan di rumah. Jika pagar otomatis dibuka begitu saja menggunakan kontrol, smart autogate atau pagar otomatis memiliki lebih banyak keunggulan dari itu.

Pertama-tama, pagar otomatis biasanya akan menggunakan remote control yang kemungkinan akan kehabisan baterai. Namun, sebagian besar sistem smart autogate menggunakan sistem kontrol suara dan juga hanya menggunakan aplikasi di ponsel.

Bahkan, sistem pagar otomatis pintar ini juga memiliki opsi untuk dioperasikan dengan WIFI atau tanpa WIFI. Dengan menggunakan kunci pagar digital ini, Anda tidak hanya akan merasa lebih aman dengan sistem kontrol, tetapi juga akan memudahkan rutinitas harian Anda.

4. Kunci pintu rumah pintar (Smart door lock)

Bayangkan Anda kembali ke rumah dan ingin membuka pintu masuk, tetapi sayangnya kunci rumah hilang dan tidak ditemukan. Bosan pulang kerja, dan sekarang harus mencari cara untuk membuka pintu rumah ini. Entah itu mencari kunci cadangan yang ada atau akhirnya, cukup pecahkan kenop pintu yang ada.

Baca Juga : Cara Memilih Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Namun, tidak mungkin lagi menggunakan kunci pintu rumah pintar. Tidak hanya itu, kunci rumah pintar yang ada di pasaran saat ini juga menawarkan berbagai opsi untuk membuka kunci rumah pintar. Diantaranya adalah:

  • Kunci fisik
  • Kata sandi
  • NFC
  • Aplikasi di perangkat seluler

5. Pencahayaan rumah pintar

Bagi mereka yang menginginkan penghematan listrik jangka panjang, mengapa tidak memasang penerangan rumah pintar di rumah. Bahkan jika itu hanya lampu, cahaya memainkan peran penting dalam menghidupkan suasana dan menentukan suasana hati Anda saat berada di rumah.

Misalnya, dengan lampu rumah pintar dari Philips Hue, Anda tidak hanya dapat mematikan sakelar lampu hanya dengan aplikasi atau kontrol suara, tetapi Anda bahkan dapat memilih warna lampu yang diinginkan tergantung pada suasana yang diinginkan.

Baik itu lampu untuk malam film atau makan malam romantis dengan pasangan, cukup pilih opsi warna yang Anda inginkan. Bahkan, juga cocok digunakan di kamar tidur dengan pilihan lampu yang cocok untuk dibaca sebelum tidur.

Jika sebelumnya Anda sudah mulai mengantuk dan perlu bangun dari tempat tidur hanya untuk mematikan sakelar lampu, kali ini hanya menggunakan kontrol suara atau aplikasi yang ada, cukup tidur nyenyak.

Tidak cukup hanya itu, untuk penggunaan di dalam ruangan, cukup gunakan lampu sensor gerakan yang hanya akan menyala ketika penghuninya berada di dalam rumah. Ini juga akan menghemat tagihan listrik Anda untuk waktu yang lama.

6. Robot vakum

Lampunya sudah, kunci pintu sudah, tapi bagaimana dengan produk-produk canggih untuk membantu Anda membersihkan rumah pintar Anda? Jangan khawatir, robot vakum dapat membantu proses pembersihan rumah menjadi lebih mudah dan cepat!

Ya, kita tahu proses menghirup debu setiap hari terutama bagi pemilik hewan peliharaan pasti sangat mengganggu. Tidak hanya harus berurusan dengan debu dan kotoran, bulu yang lucu itu penuh dengan rasa merate di lantai.

Yang menarik perhatian lagi, Anda bisa mengatur jadwal pembersihan harian sesuai dengan waktu yang diinginkan tanpa harus berada di rumah.

Bayangkan saja, Anda pulang dengan lantai rumah yang sudah dibersihkan. Bahkan, ada penyedot debu robot yang juga menawarkan fungsi mengepel lantai juga.

7. Smart switch (smart plug)

Smart switch atau smart plug adalah produk canggih lain yang perlu Anda coba untuk rumah pintar Anda. Dengan menggunakan smart plug atau smart switch, Anda juga bisa memantau konsumsi listrik dari setiap item listrik yang bisa disambungkan ke switch ini.

Dengan smart switch ini, Anda dapat mengubah barang-barang listrik biasa menjadi barang-barang listrik pintar. Bagaimana cara kerjanya? Dengan menggunakan aplikasi hanya pada ponsel, Anda dapat mengontrol pasokan listrik pada barang-barang listrik tersebut.

Anda hanya perlu memasang adaptor steker pintar ini pada colokan utama item listrik ini. Kemudian, melalui aplikasi di ponsel Anda dapat membuka atau menutup sakelar pada barang. Tidak hanya itu, sebagian besar aplikasi smart switch ini menawarkan fungsi untuk mengatur jadwal penutupan atau pembukaan switch pada saat yang Anda inginkan.

Baca Juga : Cara Investasi Emas Yang Aman dan Menguntungkan

Jadi, dengan menggunakan teknologi smart switch ini, Anda sudah bisa:

Nyalakan pembuat kopi atau pembuat kopi sebelum bangun tidur. Bangun sendirian, kopinya sudah panas menunggu untuk diminum

Lupa mematikan saklar listrik sebelum meninggalkan rumah? Tidak perlu lagi break back home, cukup matikan switch hanya dengan menggunakan aplikasi di ponsel

8. Sensor gas (Detektor gas)

Tahukah Anda bahwa kebocoran gas tidak hanya dapat terjadi di dalam mobil, tetapi ada juga kasus kebocoran gas di rumah? Karena gas memiliki sifat yang sangat sulit dideteksi oleh mata, beberapa bahkan tidak berbau, bagaimana cara menghindari masalah ini?

Untungnya dengan perkembangan teknologi terkini, Anda bisa menggunakan sensor gas pintar atau smart gas detector. Secara umum, detektor gas ini memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi untuk mendeteksi kebocoran gas yang terjadi di dalam rumah.

Biasanya melekat pada dinding atau langit-langit di dapur atau di sekitar area rumah.

Ketika perangkat mendeteksi keberadaan gas beracun, itu akan memancarkan suara alarm serta memperingatkan pemilik rumah melalui aplikasi di ponsel mereka.

Bahkan jika Anda tertidur, jika terjadi kebocoran gas, setidaknya Anda dapat mengambil tindakan pencegahan sebelum hal-hal yang lebih buruk terjadi.

9. Smart Flower Pot (pot bunga pintar)

Bagi penggemar tanaman hias, saatnya anda bisa bersinar! Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya yang dibutuhkan pohon ini? Jangan heran ya, bahkan pot bunga pintar pun dijual di pasaran.

Misalnya, Smart Flower Pot Xiaomi menggunakan sensor untuk mendeteksi kelembaban tanah dan tingkat pupuk untuk pohon Anda. Jadi, Anda sekarang dapat memilih tanaman indoor apa yang akan ditanam untuk lebih banyak udara siha t.

Bahkan, ada banyak pilihan produk canggih untuk rumah pintar yang dapat Anda coba. Meskipun teknologi ini mungkin masih baru, jangan heran jika kehidupan di rumah di masa depan menggunakan teknologi pintar ini sepenuhnya.

Jadi, apa salahnya mencoba jika itu memfasilitasi kehidupan sehari-hari Anda serta semakin meningkatkan tingkat keamanan di rumah. Jika Anda juga memiliki produk dan gadget lain yang ingin Anda bagikan dengan kami, jangan ragu untuk membagikannya kepada kami!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url