Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Aman

Gurubelajar. Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Aman. Penggunaan kartu kredit ada banyak manfaatnya, jika digunakan dengan benar. Di era digital ini, ada banyak fasilitas yang membuat Anda semakin nyaman untuk berbelanja, seperti pembelian online, pay waves, ekstensi kartu menjadi aplikasi, dan lain sebagainya. 

Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Aman

Namun, kenyamanan ini juga membuatnya lebih nyaman bagi orang-orang dengan niat buruk untuk mencuri informasi Anda, dan menyalahgunakan kartu kredit Anda dalam penipuan yang dapat mengakibatkan Anda kehilangan jutaan rupiah. 

Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Aman

Berikut ini admin bagikan Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Aman, agar anda bisa mencegah menjadi korban pencuri dan scammer.

Menginstal notifikasi untuk setiap pembelanjaan

Saat Anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit Anda, Anda memiliki opsi untuk menerima pemberitahuan melalui SMS atau email dengan rincian transaksi. Sebagian besar bank mengizinkan Anda memilih batas pengeluaran untuk menghasilkan pemberitahuan ini, misalnya untuk setiap pembelanjaan lebih dari Rp.1.000.000, Anda akan menerima pemberitahuan, sedangkan jika jumlah transaksi lebih kecil, tidak ada pemberitahuan yang dikeluarkan. 

Baca Juga : Contoh Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik untuk Mahasiswa

Namun, untuk keamanan optimal kartu kredit Anda, pasang pemberitahuan melalui SMS untuk setiap transaksi, berapa pun jumlahnya. Jadi, jika kartu Anda digunakan tanpa izin Anda, Anda akan segera mengetahuinya dan dapat mengambil tindakan untuk melaporkan penggunaannya ke bank.

Selalu pilih PIN, bukan pay wave

Dengan fasilitas gelombang pembayaran, Anda cukup menyentuh kartu Anda ke mesin kartu untuk menyelesaikan transaksi Anda – tidak ada PIN, tanda tangan, atau langkah-langkah keamanan lainnya yang harus diambil. Fasilitas ini memang membuatnya sangat cepat dan mudah dibayar, namun ada risikonya juga. 

Jika opsi gelombang pembayaran diizinkan pada pengaturan kartu Anda, pencuri hanya perlu mencuri kartu Anda untuk menggunakannya, dan bahkan dengan opsi pembayaran PIN, pencuri perlu mengetahui PIN Anda juga sebelum menghabiskan. 

Jadi, lebih baik menghubungi bank Anda untuk menghentikan opsi gelombang pembayaran pada kartu Anda, sehingga semua transaksi harus dilakukan hanya dengan menggunakan PIN. Mungkin pengaturan semacam ini akan sedikit memperlambat setiap transaksi Anda, tetapi itu sepadan untuk keselamatan Anda.

Pelajari tagihan kartu kredit dengan cermat sebelum membayar

Beberapa orang, setelah menerima tagihan kartu kredit, akan melihat jumlah tagihan dan membayar hanya tanpa meneliti daftar biaya yang dibebankan. Ini bukan langkah yang bijaksana, karena ada juga pencuri kartu kredit yang menggunakan informasi kartu Anda untuk menghabiskan sedikit waktu dalam jangka waktu yang lama. 

Biaya sekecil itu mungkin lebih sulit dideteksi (dibandingkan dengan pencuri yang terus menggunakan kartu kredit Anda untuk membeli barang senilai RM10,000). Dan, jika lambat untuk mendeteksi, Anda bisa kehilangan banyak uang tanpa menyadarinya. 

Jadi, selalu periksa tagihan Anda, dan jika ada transaksi yang tidak dikenal, laporkan langsung ke bank sehingga Anda dapat mengganti kartu Anda sebelum pencuri dapat membelanjakannya lagi.

Pastikan Ponsel pintar terkunci dengan aman

Sekarang, setiap aplikasi yang kita gunakan dapat dihubungkan ke kartu kredit untuk memudahkan proses pembayaran. Aplikasi seperti Grab, Food Panda, Lazada, Fave, dan sebagainya semuanya meminta Anda untuk menambahkan informasi kartu Anda, sehingga Anda dapat membayar hanya dengan satu klik. 

Baca Juga : 10 Tips Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Cara ini memang cepat dan mudah; namun, jika pencuri berhasil meretas ponsel Anda, semua akun Anda akan terpengaruh. Skenario kasus terbaik adalah keluar dari setiap aplikasi setelah menggunakannya, sehingga kata sandi perlu diisi untuk masuk ke aplikasi dan mengakses metode pembayaran yang telah dipertahankan. 

Paling tidak, Anda perlu mengunci ponsel Anda dengan aman, menggunakan kata sandi, PIN, atau keamanan biometrik seperti sidik jari atau pemindaian retina untuk memastikan sangat sulit untuk membuka ponsel Anda dan mengakses aplikasi Anda.

Gunakan Dompet RFID

Dompet RFID, bisa juga disebut Dompet Anti RFID atau RFID blocking wallet, adalah dompet yang dilengkapi RFID security sehingga skimmer tidak dapat mengambil informasi kartumu. Dompet RFID berisi lapisan atau pembungkus yang terbuat dari serat karbon atau logam

Jika metode pembayaran diizinkan untuk pengaturan kartu Anda, pencuri mungkin dapat menggunakan mesin pembaca data untuk "membaca" kartu Anda dengan proses yang sama seperti pembayaran dengan metode pembayaran. 

Data ini dapat diduplikasi untuk pembayaran lain di masa mendatang bahkan tanpa harus mencuri kartu Anda. Jadi, Anda dapat melindungi kartu Anda dengan menggunakan dompet RFID yang dirancang untuk mencegah pembacaan data untuk kartu yang disimpan di dompet.

Baca Juga : Cara Dapat Uang Dari Aplikasi Novelah

Dengan penggunaan kartu kredit yang cermat, Anda dapat menikmati manfaat menggunakan kartu kredit tanpa mengkhawatirkan tindakan pencuri dan penipu. Ikuti tips keamanan saat menggunakan kartu kredit Anda dan berbelanja dengan hati yang gembira hari ini!

Demikianlah artikel admin tentang Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Aman. Semoga bermanfaat trimah kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url