Cara Mengajarkan Penjumlahan Pada Anak SD Dengan Cepat dan Mudah

Daftar Isi

Gurubelajar. Kali ini kita akan berbagi informasi mengenai bagaimana Cara Mengajarkan Penjumlahan Pada Anak SD Dengan Cepat dan Mudah.  Meski tidak semua orang pandai matematika namun berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh anak agar anak belajar berhitung dengan benar.

Cara Mengajarkan Penjumlahan Pada Anak SD Dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengajarkan Penjumlahan Pada Anak SD

Selain guru sekolahnya Orangtua haruslah juga pandai mengajarkan sama seperti ketika mengajarinya membaca dan menulis berikut ini empat Cara Mengajarkan Penjumlahan Pada Anak SD dengan benar 

1. Ajarkan konsep berhitung yang tepat pada anak sejak dini

Yang bisa kita terapkan pertama kenalkan dan kuatkan pondasi dari konsep berhitung.  Ajarkan konsep berhitung yang tepat pada anak sejak dini.  hal ini akan menghindarkan anak dari kasus menghafal Berhitung dengan cara mengingat atau menghafal justru menimbulkan masalah pada anak kelak.

Baca Juga :  6 Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Islam

Mengenalkan konsep berhitung bisa dimulai dengan menghitung jumlah kancing baju anak,  menghitung jari-jari tangannya ketika sedang mandi,  menghitung jumlah mobil di parkiran dan lain sebagainya. Buatlah kegiatan menghitung menjadi sesuatu yang menyenangkan 

2. Gunakan contoh yang konkret

Cara yang kedua gunakan contoh yang konkret atau pasti.  Daripada sekadar menulis atau menunjukkan angka-angka pada anak, lebih baik Tunjukkan dengan Actual objek sesuai dengan jumlah yang diinginkan. misalnya orang tua ingin mengajarkan konsep 3 ditambah 2 maka guna 5 buah apel atau 5 keping Lego atau benda-benda apapun yang sudah lebih dikenal oleh anak.

Ambil tiga buah apel di atas meja minta anak untuk menghitungnya lalu ambil dua buah lainnya dan letakkan di samping tiga apel tadi kemudian minta anak menghitung jumlahnya secara keseluruhan. cara ini membuat anak belajar berhitung dengan mudah.

3. Buat development berkala

Cara ketiga buat development berkala setelah anak belajar pertambahan menggunakan apel saatnya Ayahbunda mengenalkan konsep hitung pengurangan metode yang digunakan masih bisa menggunakan benda-benda yang ada disekitarnya.  

Baca Juga : Dampak Anak Terlalu Sering Memainkan smartphone

Guru bisa gunakan buah apel lagi susu menyamping lima buah apel lalu. Tanyakan terlebih dahulu pada anak ada berapa buah apel yang ada di atas meja.  jika anak berhasil menghitungnya minta dia ambil dua buah apel.  Letakkan buah apel di meja yang lain.  tanyakan kembali ada berapa buah apel yang tersisa sambil melakukan ini coba tuliskan angka 5 di atas kertas.

Saat anak berhasil menghitung buah apel,  lalu tuliskan angkat dua setelah ia mengambil dua buah apel dan tuliskan angka 3 ketika ia berhasil menjawab berapa buah yang tersisa anak akan belajar dua hal dari aktivitas ini yaitu mengenal metode hitung pengurangan beserta simbol angkanya. 

Intinya saat anak menguasai suatu konsep berhitung bisa mengulang lalu menambahkan lagi dengan konsep baru 

4. Hindari memaksa anak belajar berhitung terlalu cepat

Cara yang keempat hindari memaksa anak belajar berhitung terlalu cepat.  Ajarkan anak sesuai dengan tahap perkembangan dan tahap belajarnya.  jangan terburu-buru darinya berhitung yang abstrak karena yang cepat belum tentu tepat.

Baca Juga :  Cara Mendisiplinkan Anak yang Sering Berkelahi dan Memberontak

Jangan ajarkan anak ke tahap yang lebih tinggi Jika ia belum paham dengan konsep dasarnya.  Amati dan nilai kemampuan dan pemahaman sekecil.  jika diperlukan kembali ke tahap awal meski Hal ini terlihat buang-buang waktu dan energi tidak apa-apa.

Fokus Anda adalah si kecil memiliki kemampuan berhitung yang baik.  Jadi  kemampuan berhitung memang penting tetapi bukan segalanya.  masih ada banyak lagi kemampuan anak yang perlu diasah misalnya kemampuan berbahasa,  kemampuan bersosialisasi dan sebagainya 

Pengalaman fisik dan pengalaman matematis-logis sangat penting dalam mengembangkan pengetahuan anak-anak tidak hanya butuh kemampuan berhitung tetapi juga pengalaman fisik yang ia dapat dari bermain.  

Demikianlah artikel admin tentang Cara Mengajarkan Penjumlahan Pada Anak SD Dengan Cepat dan Mudah. Semoga bisa bermanfaat trimah kasih.

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar