Dasar-Dasar Copywriting Yang Perlu Kita Ketahui

Daftar Isi

Apa itu copywriting?

Copywriting adalah kalimat yang mengandung unsur iklan. Bahasa yang sederhana, kalimat atau tulisan bagi pembaca untuk mendapatkan apa yang ditawarkan.

Seperti bahasa gaul sekarang, 'menghasut' untuk menarik perhatian pembaca yang dibujuk dan tertarik kemudian membeli.

Dasar-Dasar Copywriting Yang Perlu Kita Ketahui

Pada artikel ini kami menggunakan istilah 'pembaca'. 'Pembaca' dapat berupa 'pendengar' atau 'audiens'. Alasan dalam penulisan copywriting, selain dibaca dalam caption gambar, email, pamflet, blog; juga dapat digunakan sebagai skrip penjualan untuk video atau voice over.

Anda belum pernah melihat gambar produk di media sosial, tetapi Anda bahkan tidak ingin membelinya. Hingga ia membaca caption yang menyertai gambar tersebut.

Dalam pikiran, 'Eh, ini seperti benda ini. Saya Harus membeli ini.'

Haa! Ini lah yang dimaksud dengan copywriting. Kedengarannya rumit, tetapi jika Anda sudah mengetahui rumusnya, mudah untuk mengatur kalimat copywriting.

Tarik perhatian pembaca, pastikan pembaca beri perhatian dan pastikan pembaca berminat sebelum perhatian dia berlalu pergi

Kali ini kami membagikan rumus dasar copywriting yang sudah lama digunakan. Ada banyak jenis copywriting yang lebih kompleks dan rumit. Jadi sebagai permulaan kita pelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Cobalah untuk berlatih formula ini terlebih dahulu dan perhatikan hasilnya.

Formula AIDA dalam Copywriting

A: Attention (Perhatian)

Tarik perhatian pembaca supaya mereka sedar keberadaan produk yang anda tawarkan.

Seperti memberikan pick up line yang menarik, konten copywriting harus dimulai dengan kalimat yang dapat membuat pembaca 'terjebak'.

Jika dalam caption, email atau blog, judul atau headline yang digunakan harus bisa menarik perhatian. Hal ini sangat penting karena dalam sehari ada banyak iklan lain yang bermunculan.

Kita harus berebut untuk mendapatkan perhatian sehingga orang-orang memperhatikan dengan seksama apa yang kita katakan.

Baca Juga : Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Aman

Untuk mencapai tujuan itu, mulailah dengan memikirkan apa yang akan dipedulikan oleh calon pelanggan. Perhatikan mereka; latar belakang, industri, tantangan, dan dorongan yang membuat mereka tertarik ketika mereka mendengar informasi dari Anda.

Menciptakan

Gunakan kalimat sederhana dan berikan tindakan

Meningkatkan emosi dalam copywriting

Ajukan pertanyaan untuk meningkatkan umpan balik

Ubah copywriting sesuai dengan pembaca target

Jangan lakukan itu

Kalimat clickbait seperti 'penting', 'gratis'

Kalimat klise seperti 'Bisakah saya memberi Anda waktu sebentar?'

I: Interest (Minat)

Menarik perhatian pada satu hal. Pegang perhatian pembaca pada satu hal lain.

Untuk memastikan bahwa iklan atau aktivitas pemasaran Anda berhasil membuat pembaca tetap memperhatikan, Anda harus memberi mereka alasan.

Tindakan yang tersedia dapat dilakukan misalnya menjelaskan kepada pembaca, masalah yang mereka hadapi akan berdampak negatif pada kehidupan mereka.

Cara lain, Anda membuat alur cerita yang membuat seseorang 'merasakan' masalah yang kami soroti, dan kemudian membawa mereka untuk menemukan solusi yang tepat.

Kunci untuk langkah Interest (Minat) dalam formula AIDA ini akan menjadikan masalah itu seolah-olah masalah peribadi pembacanya, jadi anda akan dapat tarik perhatian pembaca sasaran dan bukannya pembaca yang tak berkaitan.

D: Desire (Keinginan)

Ketika pembaca Anda terjebak dan tertarik, lanjutkan dengan memberi tahu mereka apa yang Anda tawarkan.

Perkuat lebih lanjut penawaran Anda dengan keuntungan yang meyakinkan untuk mengubah minat menjadi keinginan. Bagaimana penawaran Anda bisa membuat hidup mereka lebih mudah atau lebih baik.

Untuk lebih meningkatkan kredibilitas, sisipkan contoh, studi kasus atau testimonial untuk membantu membujuk mereka ke langkah berikutnya.

Menciptakan:

Tampilkan keunikan anda

Tunjukkan kelebihan yang memfokuskan pembaca

Demonstrasi keahlian/kredibilitas dengan contoh-contoh

Jangan Lakukan:

Melebih-lebih dalam promosi

Terlalu banyak tawaran sehingga hilang fokus asal

A: Action (Tindakan)

Tutup tawaran anda dengan call-to-action (CTA) yang jelas dan padat.

Jujurlah tentang langkah-langkah yang perlu diambil oleh calon pelanggan Anda.

Baca Juga : Contoh Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik untuk Mahasiswa

Haruskah mereka mengisi formulir kontak atau membalas email Anda?

Jangan bingung mereka dengan banyak opsi atau permintaan yang tidak jelas seperti 'Beri tahu kami pendapat Anda.

Kiat tambahan, kurangi gangguan untuk memfasilitasi tindakan dengan memberikan tautan yang dapat diklik. Tautan seperti ini dapat mengarahkan pembaca langsung ke aktivitas penjualan.

Semakin kurang gangguan, semakin tinggi kemungkinan pembaca akan membeli. 

Menciptakan:

Arahan yang jelas untuk tindakan selanjutnya

Jangan lakukan:

Sebuah ayat yang tidak jelas tentang apa yang harus mereka lakukan

Hal-hal ajakan bertindak ke opsi yang berbeda

Kesimpulan – Formula AIDA Asas Copywriting

Formula AIDA ini sangat penting untuk copywriting. Anda mencoba untuk melalui empat langkah dasar ini terlebih dahulu. Rumus lain adalah perpanjangan dari rumus AIDA.

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar