Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Merancang Modul Projek SD

Daftar Isi

Gurubelajar. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Merancang Modul Projek SD. Pelaksanaan Projek tidak terlepas dari pembuatan modul projek. Modul ini menjelaskan komponen, alur pembuatan modul projek, prinsip perencanaan kegiatan, dan juga contoh modul projek untuk setiap jenjang dan tema yang dapat menjadi inspirasi penerapan projek Ibu/Bapak sekalian.

Daftar Materi:

Pemilihan Elemen Profil Pelajar Pancasila

Merancang Rubrik Asesmen Projek

Merancang Modul Projek

Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Merancang Modul Projek SD


TOPIK 7 : Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan Projek untuk melihat ketercapaian kompetensi holisitik para murid.

Adapun Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Merancang Modul Projek SD yang benarnya sudah admin tandai dengan cetak berwarnah biru. Untuk jawaban saya perhatikan tiap guru berbeda beda urutan nomor dan pilihan jawaban tetapi untuk soal dan jawaban tidak berbeda hanya sifatnya di acak. Jadi disini guru perlu membaca baik baik sehinnga tidak salah menjawab. 

Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Merancang Modul Projek SD

Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Merancang Modul Projek SD sebagai berikut :

1. Pak Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya?

a. Tidak perlu menambah kegiatan projek

b. Menambah asesmen yang harus dilakukan oleh murid-muridnya

c. Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya

d. Semua salah

2. Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek…

a. Alur Kegiatan Projek

b. Tema, Topik dan Dimensi juga elemen dan sub-elemen yang dipilih

c. Rubrik asesmen dan instrumen asesmennya

d. Semua benar

3. Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah:

1. Modul Projek memliki 5 dimensi

2. Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur

3. Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran

Dengan kondisi modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek?

a. Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini

b. Mengganti alur kegiatan projek sehingga 1 projek dapat dilakukan dalam satu tahun

c. Menambah dimensi menjadi 6 dimensi agar lebih holistik

d. Semua benar

4. Dalam pelaksanaan satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi yang menjadi fokus. Pernyataan diatas adalah…

A. Benar

B. Salah

5. SD Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh-oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu diatas?

a. Kearifan lokal

b. Bangunlah jiwa dan raganya

c. Suara Demokrasi

d. Bhinneka Tunggal Ika

6. Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra.

Pernyataan di atas adalah..

a. Benar

b. Salah

7. Bu Ganes sedang membuat rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar?

a. Bu Ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya

b. Bu Ganes membuat indikator yang sulit untuk diukur

c. Tidak perlu melibatkan murid dalam rancangan rubrik

d. Bu Ganes membuat deskripsi yang mudah untuk dipahami para guru, murid tidak perlu paham.

8. Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek adalah..

a. Kearifan lokal

b. Bhinneka Tunggal Ika

c. Kewirausahaan

d. Suara Demokrasi

9. Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen ………. untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid

Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah…

a. Sumatif

b. Awal pembelajaran

Kesimpulan

Adapun jawaban diatas hanya sebagai referensi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal post test dalam platform merdeka mengajar.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Tema Projek SD

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila

Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Merancang Modul Projek SD

Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Pelaksanaan Projek SD

Kunci Jawaban Post Test Modul 6 Dokumentasi Projek

Kunci Jawaban Post Test Modul 7 Evaluasi Projek

Demikianlah artikel admin tentangKunci Jawaban Post Test Modul 4 Merancang Modul Projek SD. Semoga bermanfaat

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar