Soal PH K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagi Pekerjaan


Soal PH K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagi Pekerjaan

Soal PH K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagi Pekerjaan

Pada kesempatan kali saya akan membagikan soal Soal PH K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagi Pekerjaan. Soal ini terdiri atas 3 subtema 
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.

Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar ( assesment as learning ), penilaian sebagai proses pembelajaran ( assessment forlearning ),dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran ( assessment of learning ). Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu  tes tulis, lisan, dan penugasan.

Prosedur dalam Pembuatan Soal PH K13

Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta  pemanfaatan hasil penilaian.

Untuk mengetahui ketuntasan belajar (mastery learning), penilaian ditujukan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan (diagnostic) proses pembelajaran. Hasil tes diagnostic , ditindaklanjuti dengan pemberian umpan balik (feedback)kepada peserta didik, sehingga hasil penilaian dapat segera digunakan untuk perbaikan mutu pembelajaran.

Penilaian KI-3 menggunakan angka dengan rentang capaian/nilai 0 sampai dengan 100 dan deskripsi. Deskripsi dibuat dengan menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Deskripsi berisi beberapa pengetahuan yang sangat baik dan/atau baik dikuasai oleh peserta didik dan yang penguasaannya belum optimal.


Jenis dan Bentuk Soal PH K13 Kelas 4

Teknik penilaian pengetahuan dalam soal soal PH K13 Kelas 4 menggunakan tes tulis, lisan, dan penugasan.

1) Tes Tertulis Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. 
Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam penulisan soal. Kisi-kisi yang lengkap memiliki KD, materi, indikator soal, bentuk soal, jumlah soal, dan semua kriteria lain yang diperlukan dalam penyusunan soalnya. Kisi-kisi ini berbentuk format yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kisi-kisi untuk penilaian harian bisa lebih sederhana daripada kisi-kisi untuk penilaian tengah semester atau penilaian akhir semester. 
Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal. Soal-soal yang telah disusun kemudian dirakit untuk menjadi perangkat tes. Soal dapat dikelompokkan sesuai muatan pelajaran dalam satu perangkat tes dapat juga disajikan  secara terintegrasi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. 
Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran, hasil penskoran dianalisis guru dipergunakan sesuai dengan bentuk penilaian. Misalnya, hasil analisis penilaian harian digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini pendidik akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan. 
2) Tes Lisan  Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Jawaban tes lisan dapat berupa kata, frase, kalimat maupun paragraf. Tes lisan bertujuan  menumbuhkan sikap berani berpendapat, menegecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, tes lisan dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes lisan  juga dapat digunakan untuk melihat ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan dan motivasi siswa dalam belajar. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:

Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. 
Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam pembuatan pertanyaan, perintah yang harus dijawab siwa secara lisan. 
Menyiapkan pertanyaan, perintah yang akan disampaikan secara lisan.  
Melakukan tes dan analisis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini guru akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan. 
3) Penugasan Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mengukur dan/atau memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan yang berfungsi untuk penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran ( assessmen tof learning ). Sedangkan penugasan sebagai metode penugasan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan, yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di luar sekolah.

Penilaian Pengetahuan dilakukan tidak hanya dengan tes tulis tetapi dapat juga dilakukan dengan tes lisan, dan penugasan. Penilaian tes dilakukan seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester


Waktu dalam Melakukan PH K13


Penilaian Harian (PH) Penilaian harian di kelas 4 SD sama dengan kelas lainya yakni dilaksanakan setelah menyelesaikan pembelajaran satu sub-tema. Dalam pelaksanaannya penilaian harian dapat berbentuk tes tulis, lisan, atau penugasan sesuai dengan kebutuhan guru. Fungsi penilaian harian yaitu untuk perbaikan pembelajaran dan juga sebagai salah satu bahan pengisian Rapor Peserta Didik. Penilaian harian yang dilaksanakan secara tertulis sekurang-kurangnya satu kali untuk satu tema. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari penilaian harian ditulis NPH, penulisannya menggunakan angka pada rentangan 0-100.

Contoh Soal PH K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagi Pekerjaan

Latihan Soal PH Subtema 1

Soal PH Bahasa Indonesia KD 3.5


1.    Bacalah cerita singkat berikut!
     2.    … Tiba-tiba, “kak, kaaak!” teriak Dodo, si burung kakatua dari balik pohon. “Ada apa, Do? Apa yang kamu lihat?” Tanya Abu si kera. “Aku melihat beberapa manusia sedang menebang pohon,” jawab Dodo. “Mengapa mereka lakukan hal itu?” teriak Abu si kera. “Entahlah Abu,” jawab Gigi si gajah.
Tokoh yang melakukan penebang hutan pada cerita di atas adalah . . . .
          a.    Dodo, si burung kakatua
          b.    Abu dan Aba, si kera
          c.    Gigi, si gajah
          d.    manusia
3.     Bacalah teks di bawah ini.
Pada suatu hari, seekor kelinci yang sangat rajin sedang membantu Pak Tani memanen wortelnya. Saat kelinci sedang bekerja, datanglah tikus pemalas. Tikus mengajak kelinci bermain. Namun, kelinci menolak.
4.     Tokoh yang memiliki sifat rajin pada cerita di atas adalah . . . .
a.    kelinci
b.    Pak Tani
c.    tikus
d.    wortel
5.    Berdasarkan cerita pada soal nomor 2, sifat tikus adalah . . . .
6.    Bagaimana cara menilai sikap tokoh pada sebuah cerita? Jelaskan!
7.    Bacalah kembali cerita “Si Kancil dan Kerbau yang Malas”. Lalu, nilailah sikap para tokoh pada cerita tesebut!

Muatan PPKn KD 3.1
1.    Memiliki sikap toleransi antarumat merupakan contoh pengamalan sila ke . . . Pancasila .
a.    1                c. 3
b.    2                d. 4
2.    Lambang sila pertama Pancasila adalah . . . .
a.     Bintang
b.     Rantai
c.     Pohon beringin
d.     Padi dan Kapas
3.    Menerima hasil musyawarah dengan lapang dada merupakan contoh pengamalan sila ke . . . .
4.    Setujuhkah kamu jika musyawarah merupakan contoh pengamalan sila Pancasila? Jelaskan pendapatmu!
5.    Tuliskan contoh pengamalan sila Pancasila yang sudah kamu lakukan!

Muatan IPS KD 3.3
1.    Pekerjaan berikut yang sesuai dengan keadaan alam sekitarnya adalah . . . .

Pekerjaan
Keadaan alam
a
nelayan
pegunungan
b
pekebun
dataran tinggi
c
petani garam
perbukitan
d
peternak
esisir pantai
2.    Pak Danar memanfaatkan pepohonan di sekitar rumahnya. Ia mengolah kayu pohon menjadi berbagai perabot rumah tangga. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh Pak Danar adalah . . . .
a.    produksi
b.    distribusi
c.    konsumsi
d.    koalisi
3.    Bu Lilis membuka sebuah rumah makan. Ia ingin memperkerjakan warga sekitar di rumah makannya. Contoh pekerjaan yang sesuai dengan kegiatan ekonomi Bu Lilis adalah . . . .
4.    Bandingkanlah mata pencaharian pada kedua wilayah berikut! Lalu, tuliskan sumber daya alam yang dimanfaatkan pada pada mata pencaharian tersebut
5.    Tuliskan mata pencaharian yang sesuai dengan kegiatan Distribusi!

Muatan SBdP KD 3.1
1.    Contoh gambar tiga dimensi yang dapat dibuat dari kubus adalah . . . .
          a.    globe
          b.    bola
          c.    kotak tisu
          d.    gelas
2.    Gambar tiga dimensi yang dapat dibuat dari tabung adalah . . . .
          a.    gelas
          b.    kotak tisu
          c.    rumah
          d.    mobil
3.    Ciri-ciri benda tiga dimensi adalah memiliki . . ., . . ., dan . . . .
4.    Buatlah sebuah gambar tiga dimensi sesuai kreasimu!
5.    Buatlah gambar tiga dimensi dari prisma dan kerucut!
Muatan IPA KD 3.8
1.    Berikut upaya pelestarian yang tepat terhadap pepohonan di hutan adalah . . . .
          a.    menanam eceng gondok
          b.    menerapkan sistem tebang pilih
          c.    membuka lahan untuk dijadikan permukiman
          d.    menebang pohon untuk membangun jalan
2.    Organisasi dunia yang bertugas menjaga dan mengawasi masyarakat dalam melestarikan lingkungan adalah . . . .
a.    WHO
b.    WWF
c.    UNICEF
d.    UNHCR
3.    Sikap tepat dalam menjaga kelestarian sungai adalah . . . .
4.    Mengapa pemanfaatan sumber daya alam harus memerhatikan kelestariannya? Jelaskan pendapatmu!
5.    Tuliskan peranmu sebagai pelajar dalam melestarikan sumber daya alam sekitar !


Untuk Soal PH K13 Kelas 4 tema lainnya bisa di lihat pada link di bawah ini
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi
Soal PH K13 Kelas 4  Tema 5 Pahlawanku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 6 Cita Citaku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku

Apabila ingin mendapatkan file Soal PH K13 Kelas 4 Semester 1 dan 2 bisa klik ling di bawah ini ;
Download Soal PH K13 Kelas 4 Semester 1 dan 2

Demikianlah  Soal PH K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagi Pekerjaan yang penulis bagikan mudah mudahan bisa bermanfaat kepada kita semua

Next Post Previous Post