-->

Soal PH K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup

Soal PH K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup 

Pada kesempatan kali saya akan membagikan soal Soal PH K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup. Soal ini terdiri atas 3 subtema 
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.

Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar ( assesment as learning ), penilaian sebagai proses pembelajaran ( assessment forlearning ),dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran ( assessment of learning ). Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu  tes tulis, lisan, dan penugasan.



Prosedur dalam Pembuatan Soal PH K13


Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta  pemanfaatan hasil penilaian.
Untuk mengetahui ketuntasan belajar (mastery learning), penilaian ditujukan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan (diagnostic) proses pembelajaran. Hasil tes diagnostic , ditindaklanjuti dengan pemberian umpan balik (feedback)kepada peserta didik, sehingga hasil penilaian dapat segera digunakan untuk perbaikan mutu pembelajaran.

Penilaian KI-3 menggunakan angka dengan rentang capaian/nilai 0 sampai dengan 100 dan deskripsi. Deskripsi dibuat dengan menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Deskripsi berisi beberapa pengetahuan yang sangat baik dan/atau baik dikuasai oleh peserta didik dan yang penguasaannya belum optimal.



Jenis dan Bentuk Soal PH K13

Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tulis, lisan, dan penugasan.
1) Tes Tertulis Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah. berikut

Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. 
Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam penulisan soal. Kisi-kisi yang lengkap memiliki KD, materi, indikator soal, bentuk soal, jumlah soal, dan semua kriteria lain yang diperlukan dalam penyusunan soalnya. Kisi-kisi ini berbentuk format yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kisi-kisi untuk penilaian harian bisa lebih sederhana daripada kisi-kisi untuk penilaian tengah semester atau penilaian akhir semester. 
Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal. Soal-soal yang telah disusun kemudian dirakit untuk menjadi perangkat tes. Soal dapat dikelompokkan sesuai muatan pelajaran dalam satu perangkat tes dapat juga disajikan  secara terintegrasi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. 
Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran, hasil penskoran dianalisis guru dipergunakan sesuai dengan bentuk penilaian. Misalnya, hasil analisis penilaian harian digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini pendidik akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan. 
2) Tes Lisan  Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Jawaban tes lisan dapat berupa kata, frase, kalimat maupun paragraf. Tes lisan bertujuan  menumbuhkan sikap berani berpendapat, menegecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, tes lisan dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes lisan  juga dapat digunakan untuk melihat ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan dan motivasi siswa dalam belajar. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:

Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. 
Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam pembuatan pertanyaan, perintah yang harus dijawab siwa secara lisan.

Menyiapkan pertanyaan, perintah yang akan disampaikan secara lisan.  
Melakukan tes dan analisis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini guru akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan. 
3) Penugasan Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mengukur dan/atau memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan yang berfungsi untuk penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran ( assessmen tof learning ). Sedangkan penugasan sebagai metode penugasan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan, yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di luar sekolah.

Penilaian Pengetahuan dilakukan tidak hanya dengan tes tulis tetapi dapat juga dilakukan dengan tes lisan, dan penugasan. Penilaian tes dilakukan seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester



Waktu dalam Melakukan PH K13

Penilaian Harian (PH) Penilaian harian dilaksanakan setelah menyelesaikan pembelajaran satu sub-tema. Dalam pelaksanaannya penilaian harian dapat berbentuk tes tulis, lisan, atau penugasan sesuai dengan kebutuhan guru. Fungsi penilaian harian yaitu untuk perbaikan pembelajaran dan juga sebagai salah satu bahan pengisian Rapor Peserta Didik. Penilaian harian yang dilaksanakan secara tertulis sekurang-kurangnya satu kali untuk satu tema. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari penilaian harian ditulis NPH, penulisannya menggunakan angka pada rentangan 0-100.


Contoh Soal PH K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup 

SUB TEMA 1 HEWAN DAN TUBUHAN DI SEKITAR RUMAHKU 

SOAL PH PKN
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D
PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Pelaksanaan kewajiban terhadap tanaman dapat ditunjukkan dengan tindakan . . . .
   a. memberi pupuk tanaman setiap hari
   b. menikmati hasil tanaman sepuasnya memanfaatkan tanaman secara bijak
   d. menyiram tanaman sekali dalam satu minggu
2. Keseimbangan hak dan kewajiban dapat ditunjukkan dengan cara mendahulukan hak daripada kewajiban
   a. mendahulukan kewajiban daripada hak
   b. melaksanakan kewajiban tanpa menuntut hak
   d. menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban
3. Salah satu contoh kewajiban individu terhadap tanaman yaitu . . . .
   a. menikmati oksigen yang dihasilkan tanaman
   b. mencium harumnya bunga mekar di taman
   c. menyiram dan memupuk tanaman agar tumbuh subur
   d. menikmati keindahan bunga mekar dengan sempurna
4. Melakukan tebang pilih merupakan salah satu contoh... terhadap tanaman
   a. hak
   b. kewajiban
   c. pelanggaran
   d. aktivitas
5. Memanfaatkan pohon jati sebagai bahan mebel adalah contoh dari
   a. hak
   b. kewajiban
   c. pelanggaran
   d. aktivitas
ISILAH TITIK-TITIK BERIKUT DENGAN JAWABAN YANG BENAR!
6. Sikap bijak terhadap tanaman dapat ditunjukkan dengan merawat tanaman secara
7. Memanfaatkan tanaman merupakan ... setiap orang
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
8. Sebutkan 3 kewajiban kamu terhadap tanaman yang ada sekitar rumahmu!
Jawab:

SOAL PH BAHASA INDONESIA
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
9. Pak Ano tinggal didaerah pantai. la dikenal sebagai pengrajin mutiara. Hasil karya beliau dipasarkan sendiri didaerah sekitar rumahnya yang dekat-dekat pantai saat liburan tiba. Berdasarkan bacaan di atas, pertanyaan yang tepat untuk mewancarai Pak Ano adalah ....
   a. Dimana bapak akan menjual mutiara itu?
   b. Apakah bapak senang kami datang kemari?
   c. berapa buah hiasan dari mutiara yang dapat bapak buat salam satu bulan?
   d. Bagaimana perasaan bapak saat menjual mutiara di pantai
10. Jika kita melakukan wawancara dengan Pak Anto, ia disebut sebagai....
   a. penjual
   b. perajin
   c. pewawancara
   d. narasumber
11. Pertanyaan yang isinya berkaitan dengan tugas kurir barang adalah ....
   a. Berapa jumlah barang yang bapak antarkan setiap hari?
   b. Apakah kendaraan yang bapak pakai setiap harinya?
   c. Mengapa bapak memilih pekerjaan kurir barang ini?
   d. Siapakah yang mendorong bapak mengantarkan barang tugas ini?
12. Bunga biasanya terletak diujung batang atau di ketiak daun. Bagian bunga meliputi tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik. Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan biji. Kalimat pertanyaan yang sesuai pada paragraf di atas adalah . . . .
   a. Di mana tanaman bunga dapat tumbuh?
   b. Apakah fungsi bunga pada tumbuhan?
   c. Bagaimana acara menanam bunga?
   d. Mengapa bunga dapat berwarna-warni?
13. Perawatan yang baik akan menghasilkan tanaman yang.
   a. subur
   b. layu
   c. kurus
   d. gersang

ISILAH TITIK-TITIK BERIKUT DENGAN JAWABAN YANG BENAR!
14. Tanya jawab dengan seseorang untuk dimintai pendapatnya mengenai suatu topik disebut ....
15. Orang yang mewancarai disebut pewancara. Sedangkan orang yang di wawancarai disebut ....
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
16. Jelaskan mengenai wawancara !
Jawab :

SOAL PH ILMU PENGETAHUAN ALAM
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
17. Berikut ini yang termasuk bagian-bagian bunga yaitu ..
    a. tangkai bunga, selaput bunga, mahkota bunga, putik
    b. warna bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, putik
    c. mahkota bunga, kelopak bunga, benang sari, tangkai bunga
    d. kelopak bunga, tangkai bunga, benang sari, tutup bunga

18. Salah satu bagian tumbuhan adalah akar. Fungsi akar adalah
    a. sebagai tempat fotosintesis
    d. kelopak bunga, tangkai bunga, benang sari, tutup bunga
    c. sebagai cadangan makanan
    d. sebagai tempat penyerapan air dan unsur hara
19. Tanaman yang bermanfaat untuk mencegah abrasi dan sebagai tempat ikan didaerah sekitar pantai disebut ....
    a. batu karang
    b. tumbuhan kelapa
    c. tanaman mangrove
    d. tanaman cemara
20. Makanan pokok utama yang ada di Indonesia adalah
    a. jagung
    b. nasi
    a. gandum
    d. roti
21. Bagian tanaman yang digunakan untuk proses fotosintesis adalah ...
    a. akar
    b. batang
    c. daun
    d. buah
ISILAH TITIK-TITIK BERIKUT DENGAN JAWABAN YANG BENAR!
22. Bagian tumbuhan yang berfungsi menegakkan tumbuhan adalah ....
23. Tanaman kopi dan teh merupakan contoh tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah...
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
24. Sebutkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
masing-masing!
Jawab :

SOAL PH ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D
PADA JAWABAN YANG BENAR!
25. Tebu, padi dan kapuk adalah tanaman yang cocok ditanam petani di daerah....
    a. pantai
    b. kota
    c. dataran rendah
    d. daerah sawah
26. Sayuran dan buah-buahan adalah tanaman yang cocok ditanam petani di daerah ....
    a. pantai
    b. dataran rendah
    c. dataran tinggi
    d. daerah sawah
27. Di setiap daerah memiliki potensi sumber daya alam yang ...
    a. sedikit
    b. terbatas
    c. sama
    d. berbeda
28. Daerah yang berada di di sepanjang tepian laut disebut....
    a. pantai
    b. dataran réndah
    c. dataran tinggi
    d. daerah sawah
29. Berikut yang bukan termasuk hasil tanaman dari usaha pertanian adalah ...
    a. padi
    b. jagung
    c. sayur mayur
    d. karet
ISILAH TITIK-TITIK BERIKUT DENGAN JAWABAN YANG BENAR!
30. Aktivitas ekonomi masyarakat suatu daerah bergantung pada
31. Salah satu hasil dari pertanian dengan system bersawah sangat adalah
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
32. Apa tujuan aktivitas ekonomi?
Jawab:

SOAL PH SBDP
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
33. Kolase dibuat dengan cara ....
    a. menjiplak
    b. menempel
    c. memotong
    d. menggunting
34. Karya seni pada gambar disebut ....
    a. melukis
    b. menggambar
    c. kolase
    d. menempel
35. Penilaian terhadap suatu karya seni disebut ....
    a. menikmati seni
    b. apresiasi seni
    c. kolase seni
    d. komentar seni
36. Kegiatan terakhir dalam kegiatan mengapresiasi adalah karya seni tersebut.
    a. mengamati
    b. mengenali
    c. menilai
    d. menghargai
37. Karya seni dengan teknik menempel biji-bijian disebut.
    a. meronce
    b. kolase
    c. menempel
    d. melukis
ISILAH TITIK-TITIK BERIKUT DENGAN JAWABAN YANG BENAR!
38. Selain bahan alam, bahan yang dapat digunakan untuk membuat kolase adalah bahan
39. Langkah pertama sebelum membuat kolase adalah
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
40. Sebutkan bahan buatan untuk membuat kolase!
Jawab :


Untuk Soal PH K13 Kelas 4 tema lainnya bisa di lihat pada link di bawah ini
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi
Soal PH K13 Kelas 4  Tema 5 Pahlawanku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 6 Cita Citaku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku

    Apabila ingin mendapatkan file Soal PH K13 Kelas 4 Semester 1 dan 2 bisa klik ling di bawah ini ;

Demikianlah  Soal PH K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup  yang penulis bagikan mudah mudahan bisa bermanfaat kepada kita semua
....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel