Pentingnya Asuransi Kendaraan dan Jenis Polis Asuransi Kendaraan

Pentingnya Asuransi Kendaraan dan Jenis Polis Asuransi Kendaraan

Pentingnya Asuransi Kendaraan dan Jenis Polis Asuransi Kendaraan

Sebagai orang yang cerdas secara finansial, Anda harus memiliki skema perlindungan asuransi. Meski sangat penting, namun tingkat kesadaran masyarakat akan asuransi masih rendah termasuk pentingnya asuransi kendaraan . Alasan yang sering diberikan adalah karena tidak mampu memberikan komitmen finansial dan tidak melihat adanya keuntungan yang bisa diperoleh.

Alasan Utama Mengapa Harus Ada Asuransi Sebagai Perlindungan

Dalam konsep asuransi, syarat utama untuk memperoleh manfaat dari suatu skema perlindungan adalah harus ditanggung sebelum terjadi kecelakaan atau kecelakaan. Termasuk asuransi kendaraan. Ada tiga alasan utama mengapa Anda perlu memiliki asuransi:

1.Menjaga Harta atau Aset

Membeli mobil baru atau memperbarui pajak jalan, Anda harus mengambil asuransi. Alasan, asuransi yang akan melindungi harta benda pada saat terjadi bencana, kecelakaan, kebakaran, pencurian, atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Jika terjadi sesuatu pada aset Anda, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi yang sesuai. Oleh karena itu, pertanggungan asuransi sangat penting untuk mengurangi kerugian Anda akibat bencana yang terjadi.

2. Melindungi Investasi

Tabungan akan sering digunakan untuk melakukan investasi jika jumlahnya cukup. Investasi diyakini akan memberikan pengembalian di masa depan bila dilakukan secara terus menerus. Namun sayangnya ketika baru memulai investasi, Anda menghadapi bencana yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Selain biaya pengobatan, Anda juga harus membayar banyak biaya perbaikan kendaraan. Tabungan yang tersedia tidak cukup, sehingga tidak ada cara lain selain mengambil uang yang sudah diinvestasikan. Mendapatkan uang dari likuidasi investasi juga tidak bisa dihindari untuk menutupi biaya yang diperlukan.

Ketika ini terjadi, Anda tidak hanya menghadapi risiko kerugian atas investasi, tetapi juga mempengaruhi tujuan keuangan Anda di masa depan. Situasinya akan berbeda jika Anda mengambil asuransi pertanggungan yang tepat sejak awal.

3. Hindari Mewarisi Hutang

Ketika pergi, hindari mewariskan hutang kepada pasangan, keluarga, atau ahli waris yang ada. Selain berduka atas kepergianmu, mereka juga bingung dengan beban yang ditinggalkan. Idealnya, tinggalkan warisan dan harta yang dapat membantu mereka bertahan hidup atau memfasilitasi urusan mereka.

Dengan kulit asuransi yang memadai, santunan dapat diserahkan kepada ahli waris. Nantinya, uang kompensasi itu bisa digunakan untuk menutupi biaya hidup mereka dalam jangka panjang.

Pentingnya Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan harus dibayar sebelum dapat memperbaharui pajak jalan atau pajak jalan.Banyak orang berpikir bahwa asuransi hanya membebani pengguna kendaraan. Namun nyatanya mampu mengurangi beban pemilik kendaraan. 

Ketika kendaraan mengalami kerusakan parah atau kecelakaan yang mengakibatkan pembayaran biaya perbaikan yang besar, asuransi sangat membantu. Disinilah pentingnya asuransi kendaraan untuk menjelaskan biaya perbaikan kendaraan.

Asuransi kendaraan merupakan suatu bentuk perlindungan dari pihak penanggung kepada pemilik atau pengemudi kendaraan. Pertanggungan mencakup segala kerusakan atau kerugian akibat mengemudikan kendaraan di jalan.

Beban keuangan dapat dikurangi bila Anda memiliki asuransi kendaraan apabila terjadi pencurian atau kecelakaan pada kendaraan pemegang polis asuransi. Selain itu, juga melindungi Anda dari menjadi korban pengemudi berbahaya lainnya di jalan.

Mengapa Membeli Asuransi Kendaraan?

Jumlah kendaraan di Indonesia sangat banyak, sehingga angka kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Pada tahun 2015 tercatat 666.674 kendaraan yang terdaftar, dimana 591.298 adalah milik pribadi. Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas pada tahun 2014 tercatat 470.000 kasus dengan jumlah kematian 6.600 orang. Untuk kasus pencurian kendaraan bermotor pada tahun yang sama sebanyak 34.117 unit.

Angka tersebut dapat memberi Anda gambaran bahwa kemungkinan terjadinya hal ini dapat terjadi pada diri Anda sendiri tidak peduli seberapa waspada Anda. Ada baiknya jika Anda memiliki cadangan yaitu asuransi kendaraan untuk menghindari kerugian yang besar.

Berdasarkan Road Transport Act 1987, setiap pengemudi yang memiliki kendaraan harus memiliki asuransi kendaraan minimal Asuransi Perlindungan Pihak Ketiga.

Tarif premi asuransi kendaraan ditetapkan dan dikendalikan oleh Bank Negara, sehingga meskipun Anda memilih perusahaan yang berbeda, preminya sama untuk paket atau pertanggungan tertentu. Untuk beberapa paket mungkin biayanya sedikit mahal, tetapi ada banyak pilihan tergantung pada jenis pertanggungan dan besarnya anggaran Anda.

Jenis Polis Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor adalah polis asuransi yang dapat melindungi kendaraan bermotor termasuk mobil, sepeda motor, truk, dan bus dari risiko kerusakan akibat kecelakaan atau pencurian. Secara umum, terdapat 3 jenis polis asuransi kendaraan. Hanya syarat dan ketentuan yang mungkin sedikit berbeda menurut perusahaan asuransi atau takaful.

1. Polisi Pihak Ketiga

Polis pihak ketiga adalah polis asuransi kendaraan paling dasar. Premi polis pihak ketiga paling rendah dibandingkan polis lainnya karena terbatasnya cakupan yang ditawarkan.

Di Indonesia, setidaknya pengemudi atau pemilik kendaraan memiliki asuransi ini. Bahkan perlu dibeli saat membeli kendaraan. Tidak memiliki asuransi di negara ini merupakan pelanggaran hukum.

Polis asuransi pihak ketiga atau pihak ketiga akan melindungi Anda dari klaim pihak ketiga jika terjadi kecelakaan yang merusak kendaraan mereka. Termasuk klaim atas cedera atau kematian pihak ketiga karena kecelakaan yang disebabkan oleh Anda.

2. Polisi Pihak Ketiga, Kebakaran dan Kecurian

Sangat mirip dengan polis pihak ketiga, namun cakupan polis ini mencakup risiko kebakaran dan pencurian. Polis ini juga melindungi kendaraan dari risiko kehilangan, pencurian, dan kebakaran yang tidak disengaja.

Dengan polis asuransi ini, Anda dapat mengajukan klaim apabila terjadi upaya pencurian seperti kaca pecah atau pintu pecah, dan terjadi kebakaran pada mobil.Yang tidak dapat diklaim ke asuransi adalah kecelakaan di jalan .

3. Polisi Komprehensif

Jika Anda ingin cakupan yang komprehensif, kebijakan yang komprehensif paling cocok. Jika Anda membeli mobil baru dengan pinjaman bank, polis ini harus dibeli. Polis yang komprehensif tidak hanya melindungi kendaraan dari risiko kecelakaan, pencurian, dan kebakaran, tetapi juga melindungi Anda jika terjadi cedera pada saat terjadi kecelakaan.

Polis asuransi ini disarankan untuk dibeli bagi Anda yang memiliki mobil baru atau mobil mewah. Pasalnya, biaya perbaikan mobil mewah sangat mahal. Di sisi lain, Anda tidak memerlukan kebijakan yang komprehensif jika Anda memiliki mobil murah yang biaya perbaikannya masih terjangkau atau jika Anda memiliki mobil tua yang tidak peduli jika mobil tersebut tergores atau penyok.

Meski ada polis asuransi, bukan berarti Anda bisa lengah dalam berkendara atau parkir di sembarang tempat. Polis asuransi kendaraan yang mencakup risiko cedera dan kematian pribadi dan penumpang saat ini tidak tersedia. Ketika pekerjaan Anda menghabiskan banyak waktu mengemudi, disarankan untuk mengambil asuransi diri yang melindungi Anda dari cedera dan kecelakaan.

Demikian artikel tentang  Pentingnya Asuransi Kendaraan dan Jenis Polis Asuransi Kendaraan . Karena sangat penting untuk masa depan, pertimbangkan jenis polis asuransi untuk kendaraan Anda sebelum memutuskan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url