6 Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak dan Sumbernya

Gurubelajar. Pada artikel kali ini admin akan membahas 6 Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak dan Sumbernya. Kecerdasan orang tua ini belum tentu sama ya dengan anaknya karena kecerdasan ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik saja jadi ada faktor stimulasi,  juga Faktor lingkungan yang ikut menentukan kecerdasan si kecil.  

Salah satu faktor lingkungan adalah kecukupan nutrisi yang orang tua berikan kepada anak bahkan  asupan nutrisi yang baik ini sangat berpengaruh besar terhadap kecerdasan  sikecil.  Karena nutrisi atau zat gizi ini yang merupakan bahan utama pembentukan serta perbaikan sel-sel otak anak terutama di saat ia masih tahap tumbuh kembang emas.

Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak dan Sumbernya

Enam Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak dan Sumbernya

Ada beberapa nutrisi yang sangat penting untuk kecerdasan anak.  tapi tidak terdapat di semua  makanan.  jadi hanya di makanan-makanan tertentu saja karena itu penting bagi orang tua untuk  mengetahui Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak dan Sumbernya sebagai berikut :

1. Asam folat

Nutrisi yang pertama adalah asam folat mungkin Bunda sudah tidak asing lagi dengan asam folat ini karena memang kebutuhan asam folat harus terpenuhi bahkan ketika janin didalam kandungan.  asam folat ini merupakan bahan utama pembentukan sumsum tulang belakang dan  juga otak janin.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak yang Hiperaktif, Bunda harus tahu

Kekurangan asam folat sangat berbahaya karena bisa menyebabkan cacat tabung saraf serta meningkatkan risiko gangguan perkembangan saraf dan juga otak pada bayi.  untuk memenuhi kebutuhan asam folat Bunda bisa dapatkan dari makanan-makanan ini . 

Contoh mkanan yang banyak mengandung asam folat adalah telur kemudian sayuran hijau seperti bayam kangkung brokoli Kemudian dari buah-buahan seperti pisang tomat jeruk serta jenis kacang-kacangan serta susu.

2. Zat besi

Yang kedua adalah zat besi jika Bunda menginginkan anak tumbuh cerdas jangan abaikan kebutuhan atau asupan zat besinya karena kekurangan zat besi ternyata bisa mengganggu sistem saraf atau kerja otak. agar otak anak encer atau cerdas memerlukan oksigen yang tinggi. 

Dan zat ini yang berperan mengangkut atau menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk Otak adalah sel darah merah.  peran zat besi sendiri adalah untuk pembentukan sel darah merah yaitu hemoglobin yang mengangkut oksigen tadi.

Atau dengan  kata lain jika asupan zat besi ini kurang maka pembentukan sel darah merah dan fungsi oksigen  akan terganggu hal ini yang menyebabkan anak menjadi sulit sekali konsentrasi dan sulit  fokus dalam belajar. 

Jadi pastikan buah hati terpenuhi kebutuhan zat besinya. Adapun sumber zat  besi Bunda bisa dapatkan dari daging kemudian ayam telur ikan sayuran hijau seperti bayam brokoli  dan juga kacang-kacangan nutrisi.

3. Omega 3 dan omega 6

Yang ketiga adalah omega 3 dan omega 6.  Omega 3 dan omega 6 ini sama-sama berfungsi untuk membangun sel saraf dan sel otak anak.  omega-3 ini tidak dapat  diproduksi oleh tubuh,  jadi harus didapatkan dari makanan.  

Baca Juga :  6 Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Islam

Salah satu sumber omega-3 yang  paling tinggi ada di minyak ikan nah tentunya kita semua pernah mendengarnya ya dan sudah banyak  diteliti bahwa minyak ikan ini bisa meningkatkan konsentrasi fokus belajar dan ketajaman berpikir  si kecil.

Untuk sumber omega-3 lainnya bisa dapatkan dari ikan laut yang mengandung lemak  tinggi contohnya ikan salmon, ikan tuna, makarel, herring serta ikan sarden.

Sedangkan omega-6 bisa dapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, kedelai dan minyak  matahari.

4. Kolin

Nutrisi yang keempat adalah Kolin, kolin bagus sekali untuk pembentukan sel otak serta perkembangannya. karena fungsi dari kolin ini adalah untuk membantu meningkatkan daya  ingat ataupun penyimpanan memori.  

Kekurangan kolin bisa menyebabkan daya ingat anak lemah dan mengalami gangguan berfikir kolin bagus sekali dikonsumsi bahkan sejak janin dalam kandungan.   tapi ketika janin dalam kandungan tentunya kolin akan didapatkan dari makanan yang ibunya konsumsi.

Ketika sudah lahir asupan kolin tentunya harus didapatkan dari makanan atau nutrisi yang Bunda  berikan.  ada beberapa jenis sumber kolin yang bisa di berikan kepada anak contohnya adalah susu, produk olahan susu,  juga termasuk sumber kolin dan daging sapi,  dada ayam kemudian telur, kacang kedelai kacang hijau dan lain-lain.

5. Zat antioksidan

Yang kelima adalah zat antioksidan.  antioksidan ini bagus sekali untuk perkembangan otak anak karena bisa membantu menetralkan molekul yang tidak stabil akibat radikal bebas.  antioksidan ini ternyata bisa mengurangi dampak negatif yang  terjadi di otak, contohnya penurunan daya ingat.

Untuk sumber antioksidan ini banyak sekali terdapat di buah-buahan.  Untuk buah yang banyak antioksidannya contohnya adalah buah strawberry, blueberry, anggur. semua buah-buahan ini sebenarnya banyak antioksidannya.

Selain buah-buahan kita bisa dapatkan antioksidan dari coklat,  kemudian sayuran seperti wortel atau  bayam.  Selain itu bisa juga dari kacang-kacangan.  Nah untuk jenis-jenis makanan ini Tentunya Bunda  bisa berikan sebagai cemilan atau selingan pada siang atau sore hari.

6. Protein

Nutrisi yang keenam adalah protein, protein Ini fungsinya adalah untuk pembentukan sel-sel baru di dalam tubuh termasuk otak.  Supaya otak terus bertumbuh dan berkembang.  Kekurangan protein ini  bisa menyebabkan pembentukan sel-sel otak anak terganggu atau tidak optimal.  jadi pastikan terpenuhi kebutuhan proteinnya terutama di masa pertumbuhan.

Sumber protein bisa di dapatkan dari berbagai jenis makanan contohnya daging sapi, daging ayam, ikan telur, susu, tahu, tempe, kacang-kacangan dan lain-lain.  Selain enam Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak tadi jangan lupa juga untuk bunda cukupkan kebutuhan cairan buah hati.  karena kesehatan otak dipengaruhi oleh asupan cairan  juga.

Baca Juga :  Cara Mengajarkan Penjumlahan Pada Anak SD Dengan Cepat dan Mudah

Jadi jangan sampai anak dehidrasi karena dehidrasi bisa menyebabkan  kemampuan berfikir anak menurun atau daya ingatnya menurun. jadi pastikan asupan cairan anak terpenuhi.  untuk asupan cairan bisa didapat dari ASI, susu, air putih, sayuran ataupun  buah-buahan.

Nah itu tadi enam jenis 6 Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak dan Sumbernya yang bagus sekali untuk mendukung kecerdasan si kecil.  semoga anak tambah hari tambah cerdas dan membanggakan. Semoga informasi kali  ini bermanfaat buat orang tua di rumah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url