Cara Mengajari Anak Supaya Cepat Bisa Membaca

Gurubelajar. Kali ini admin akan membagikan tips Cara Mengajari Anak Supaya Cepat Bisa Membaca. Nah bapak dan ibu serta seluruh sahabat mungkin banyak sekali anak SD kelas 1 maupun bahkan kelas 2 atau kelas 3 yang belum dapat lancar membaca. Nah disini admin akan membagikan tips bagaimana menangani anak SD yang belum dapat lancar membaca.

Banyak sekali anak-anak walaupun sudah kelas 1 maupun kelas 2 dan bahkan ada juga lho yang di kelas 3 yang belum dapat lancar membaca hal ini akan menyulitkan anak tersebut dalam belajar di sekolah.  bahkan guru juga akan mengalami kesulitan menyampaikan materi-materi yang akan diberikan di kelas ketika anak belum lancar membaca.

Cara Mengajari Anak Supaya Cepat Bisa Membaca

Cara Mengajari Anak Supaya Cepat Bisa Membaca

Nah sekarang admin akan membagikan tips agar anak dapat lancar membaca 

1. Membuat tes terlebih dahulu

Tips yang pertama adalah kita membuat tes terlebih dahulu sampai dimana kemampuan anak dalam membaca.  misal kita memberi tesnya dengan tulisan buku maka kita akan meminta anak untuk membacanya.  kalau memang anak belum mampu membacanya itu kita turunkan lagi.  misalnya bacaannya cukup yang hanya per suku kata2 huruf.

Baca Juga : 6 Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak dan Sumbernya

Nah kalau memang anak memang juga belum bisa seperti itu kita mencoba Apakah huruf juga anak belum bisa misalnya lag.  kita akan lanjut ke materi berikutnya misalnya lagi Per suku kata yang seperti Bu ku kalau sudah bisa per suku kata kita lanjut perkata misalnya lagi cabe.

Kita lihat dimana kelemahan si anak tersebut kalau memang kelemahannya perhuruf maka kita  memulainya perhuruf Tetapi kalau kelemahan anak pada suku kata harusnya memulainya dari suku kata. Jadi kita harus melihat pada titik mana anak mengalami kesulitan maka dari itulah kita memulai materi yang harus kita berikan kepada anak 

2. Membuat jadwal belajar membaca yang konsisten

Tips yang ke dua membuat jadwal belajar membaca yang konsisten terhadap anak.  jadwal membaca yang konsisten yang bagaimana maksudnya.  kita buat janji dengan anak misalnya kita belajar membaca di setiap hari jam 02.00 misalnya. Jadi kita buat janji dengan anak di jam yang sudah kita sepakati itulah pada setiap jamnya itu kita sudah memulainya

Tidak boleh molor ataupun tidak boleh maju karena anak harus belajar dengan konsisten dengan waktu yang sudah kita janjikan.  untuk membuat konsisten itu kita memang harus sepakati dengan anak agar ketika keesokan harinya kita memulai pelajaran itu ataupun memulai jadwal belajar tersebut anak tidak lagi misalnya berkata Janganlah besok aja atau enggak mau belajar.

Baca Juga ; 6 Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Islam

Tetapi dengan adanya kesepakatan bersama antara orang tua ataupun guru lesnya ataupun guru sekolahnya dengar si anak maka anak sudah ataupun dapat melakukan aktivitas tersebut dengan senang dan rileks 

3. Memberikan buku bacaan sesuai dengan umur ataupun kemampuan anak membaca

Tips yang ketiga adalah kita memberikan buku-buku bacaan sesuai dengan umur ataupun kemampuan anak membaca.  misalnya kalau anak sudah mulai bisa membaca per suku kata maka kita harus memberikan buku bacaan ataupun buku yang sudah kita tulis dengan kemampuan tersebut.

Misalnya lagi seperti kemampuan anak hanya bisa per suku kata maka kita harus menuliskan di buku itu.  makan nanti kita akan meminta anak membacanya .  Lalu ada tulisan lagi setelah anak mampu membaca berdasarkan suku kata maka kita akan lanjut berdasarkan kata.

Lalu kita lanjut lagi dengan kata-kata yang lebih sulit ataupun kata-kata yang lebih sulit yang kita bentuk menjadi kalimat maka ketika kita mengajarkan membaca kepada anak harusnya mengikuti tahap-tahap nya terlebih dahulu.  

Jangan anak belum kenal huruf tetapi kita sudah lanjut ke kata itu akan membuat waktu yang sia-sia dan akan membuat anak semakin sulit membaca.  Seperti yang saya katakan tadi kita seharusnya mampu mengenali kemampuan anak sampai dimana anak tersebut memahami bacaan.

4. Mintalah anak untuk membaca tulisan-tulisan yang ada disekitarnya

Tips yang keempat adalah Mintalah anak untuk membaca tulisan-tulisan yang ada disekitarnya nah dengan cara seperti itu anak akan semakin berniat dan minat untuk mulai memperlancar membaca.  nah misalnya pada dinding ada tulisan belajar kita akan minta anak itu tulisannya apa. 

Walaupun anak terbata-bata dalam membacanya tidak apa-apa ya itu adalah proses Bagaimana anak dapat mulai lancar membaca.  lalu misalnya lagi pada kotak pensil ataupun boat minumnya ada tulisan botol minum pelan-pelan kita dapat meminta anak untuk membaca yang tulisan yang ada pada botol tersebut.

Baca Juga : Cara Mengajarkan Penjumlahan Pada Anak SD Dengan Cepat dan Mudah

Walaupun dia bersusah payah membacanya pelan-pelan ayo baca Nah pasti bisa. Nah kalau dia bisa dan dia mulai dapat membacanya dengan baik hal tersebut akan membuat anak menjadi semangat dalam belajar membaca tersebut hal tersebut akan membuat anak semakin mudah dan semakin lancar dalam membaca

5. Membuat catatan-catatan kecil setiap hari

Tips yang kelima adalah dapat membuat catatan-catatan kecil setiap hari pada buku tulis anak misalnya kita anggap hari ini di tanggal 3 pada tanggal 3 Januari anak belajar ini.  Misalnya belajar bersyukur kata nah pada tanggal 3 Januari anak sudah bisa apa kita catat perubahan pentingnay . Nah lanjut lagi di 4 Januari pada tanggal 4 Januari anak sudah bisa apa mungkin kalau dia perhari tidak nampak kelihatan perbedaan-perbedaannya boleh buat tanggalnya.

Kita dapat menuliskannya pada buku tulis anak yang dipakainya untuk belajar yang dengan konsisten . Dengan catatan ini sehingga kita dapat melakukan evaluasi ataupun melihat sudah sampai di mana atau perkembangan anak tersebut.

Demikianlah tips penanganan anak SD yaitu Cara Mengajari Anak Supaya Cepat Bisa Membaca. Semoga info ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url