Download RPP 1 Lembar kelas 1 semester 1 Revisi 2020

RPP 1 Lembar K13 kelas 1 semester 1

Saya akan membagikan RPP 1 Lembar kelas 1 semester 1 sesuai dengan serat edaran mendikbud tentang penyederhanann RPP.  RPP ini sudah di revisi sesuai dengan surat edaran mendikbud tentang penyederhanan RPP Kelas Penjaskes yang tentunya sudah sangat ramping dalam penulisannya dan tidak terlalu banyak memuat kertas

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan guru dalam pembelajaran . [5] Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.

A. Prinsip penyusunan RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1

Berdasarkan Surat Edaran Menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP tersebut, ditetapkan karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang selama ini cukup merepotkan guru.

Lalu apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP yaitu ?
Guru-guru sering diarahkan untuk membuat RPP dengan 13 komponen yang sangat rincih dan lengkap sesuai dengan buku guru K13 sehingga menghabiskan waktu yang banyak dan seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu dalam kelas

Lalu apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid ?
Efisien adalah pembuatan RPP dilaksanakan dengan tepat dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu , pikiran dan tenaga.

Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid adalah RPP disusun dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di dalam kelas.

Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya satu halaman?
Itu bisa saja. RPP dapat disusun dengan singkat contohnya hanya satu halaman atau lebih . asalkan sesuai dengan  prinsip  efisien,  efektif,  dan berorientasi  kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.

Kemudian Apakah ada standar baku untuk format penyusunan RPP ?
Saya pikir tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas membuat, memilih, menyusun, mengembangkan, dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.

B. Format Penyusunan RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1

Dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.
Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas 1 semester 1 terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.
1.    Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik.  Yang menarik untuk digaris bawahi  yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan pembelajaran haruslah dibuat secara tertulis (written plan)
2.    Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a.    Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan  perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b.    Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c.    Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3.    Penilaian Pembelajaran
Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran.  yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berimtak, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya hubungan siswa dengan Allah SWT, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan terciptanya hubungan sesama manusia
Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi siswa yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif mengingat, memahami,
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana  kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan suatu tugas di berbagai macam keadaan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dilakukan dengan berbagai macam teknik, antara lain penilaian produk, penilaian praktik , penilaian proyek, maupun penilaian portofolio. Dalam menyusun ketiga penilaian bersifat efektif, efisien dan terarah

C. Contoh RPP Revisi Terbaru 2020 1 Lembar Kelas 1 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan            : SD/MI
Kelas / Semester               :  1 /1
Tema                                   :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                           : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke               :  1
Alokasi waktu                    :  1 hari

A.      TUJUAN
  • Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
  • Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
  • Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
  • Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
  • Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.
B.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN
 Kegiatan Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  4. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi
Kegiatan Inti
A. Ayo Berlatih
  1. Pembelajaran 1 di buku siswa dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.
B. Ayo Mencoba
  1. Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
  2. Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
  3. Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
  4. Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
  5. Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
  6. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
  7. Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
  8. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
C. Ayo Bernyanyi
  1. Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.
D. Ayo Bermain Peran
  1. Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
  2. Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
Kegiatan Penutup
  1. Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. 
  2. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
  3. Menyanyikan lagu daerah.
  4. Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
  5. Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
C.      PENILAIAN
  1. Penilaian Sikap : Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan sesuai dengan rubrik   penilaian dalam buku guru
  2. Penilaian pengetahuan :Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas ( guru  menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)
  3. Penilaian keterampilan : Penilaian Unjuk Kerja Rubrik kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.
Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                    :………..
3. Momen Spesial      :………….

D. Link Download RPP 1 Lembar kelas 1 semester 1
Untuk mendapatkan file RPP 1 Lembar kelas 1 semester 1 bisa mengklik link di bawah ini :

Demikianlah imformasi tentang RPP Lembar kelas 1 semester 1 mudah mudahan bermanfaat kepada kita semua.

Next Post Previous Post