-->

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP K13 1 Lembar Kelas 6 Semester 1. RPP yang saya bagikan ini memuat 4 Kompetensi Inti yaitu kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan dalam Kompetensi Dasar. dan berpatokan pada silabus yang telah ditetapkan oleh pemerintah

Seorang guru kelas 6 tentunya harus memiliki RPP oleh karena itu saya akan membagikan RPP 1 lembar kelas 6 yang sudah memuat semua tema di semester 1 yaitu tema Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan, Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Tema 4 Globalisasi dan Tema 5 Wirausaha namun sebelumnya marilah kita simak bagaimana prinsip penyusunan RPP k13.

Prinsip Penyusunan RPP Revisi 2020 Kelas 6 Semester 1

Dalam penyusunan RPP K13 Kelas 6 untuk yang saya bagikan ini setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP K13 untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan. Dalam menyusun RPP K13 , guru harus memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Prinsip-prinsip tersebut adalah

1.   Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
Guru seyogyanya dalam menyusun RPP Berpandanagn bahywa setiap inividu merupakan pribadi yang unik  sehingga apabila  menyusun RPP perlu memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, minat, motivasi belajar, latar belakang budaya, norma ,bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, tingkat intelektual, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

2.   Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Guru dalam menyusun RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar jugaharus memegang prinsip bahwa nanti dalam pembelajarannya itu akan dapat membuat siswa atau peserta didik menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan

3.   Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses harus Pembelajaran dalam RPP harus dirancang sedemikian rupa sehingga mampu membuat  siswa dapat meningkatkan kegemaran membaca, dapat berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan , dan pemahaman beragam bacaan.

4.   Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan hubungan dan keterpaduan antara semua komponen penyusun RPP. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

5.   Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik yang baik , mulai dari penguatan, pengayaan, dan pemberian remedial

6.   Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi komunikasi dan informasi  secara terintegrasi, sistematis dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

7.   Penerapan TIK
Dalam proses penyusunan RPP untuk Kurikulum 2013 haruslah memertimbangkan pegimplementasian  teknologi informasi dan komunikasi. Ini dilakukan secara sistematis, dan efektif sesuai dengan siko yang dimiliki sekolah atau kelas tersebut


Komponen RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1

Pada pelantikan kabinet terbaru dimana menteri pendidikan yang baru memberikan gebrakan yang baru  dengan Mememberikan kemudahan kepada pendidik di seluruh Indonesia dengan menerbitkan edaran tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.

Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas 6  semester 1 terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.

1.    Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik.  Yang menarik untuk digaris bawahi  yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan pembelajaran haruslah dibuat secara tertulis (written plan)

2.    Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup

a.    Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan  perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.

b.    Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

c.    Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

3.    Penilaian Pembelajaran
Penilaian adalah suatu kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi atau data untuk menentukan pencapaian hasil belajar siswa. dalam memberikan penilaian Guru diharapkan menggunakan berbagai metode dan teknik penilaian Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan

Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap peserta didik. Manfaat utama dalam penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah cerminan pemahaman dan kemajuan sikap siswa secara individual.

sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berimtak, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya hubungan siswa dengan Allah SWT, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan terciptanya hubungan sesama manusia

Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi siswa yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif mengingat, memahami,Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi peserta didik yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif (kecakapan berpikir) mengingat, memahami, menerapkan, mengevaluasi, menganalisis, dan mengkreasi dengan pengetahuan faktual,prosedural, konseptual, maupun metakognitif menerapkan, mengevaluasi, menganalisis , dan mengkreasi dengan pengetahuan faktual, ,prosedural, konseptual, maupun metakognitif

Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana  kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan suatu tugas di berbagai macam keadaan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dilakukan dengan berbagai macam teknik, antara lain penilaian produk, penilaian praktik , penilaian proyek, maupun penilaian portofolio.



Contoh RPP 1 Lembar kelas 6 semester 1 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                          (RPP)

Satuan Pendidikan             :  SDN 255 PINRANG
Kelas / Semester                :  VI (Enam) / 1
Tema 1                               :  Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                        :  Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran                     :  1
Alokasi Waktu                   :  5 x 35 Menit (1 x Pertemuan)

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
  2. Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
  3. Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
  5. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
  6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.


B.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pendahuluan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
  1. Guru membawa salah satu jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Misalnya : singkong, ubi jalar, padi, atau yang lainnya. Kemudian Guru mengajukan pertanyaan, misalnya
  2. Guru mengajak siswa ke luar kelas untuk mengamati lingkungan dan mendiskusikan tumbuhan sebagai sahabat manusia. Siswa dapat menyampaikan manfaat tumbuhan atau interaksi mereka dengan tumbuhan. Creativity and Innovation
  3. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
  4. Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya,
  5. siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Creativity and Innovation
  6. Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang tanaman jagung dalam hati. Mandiri
  7. Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration
  8. Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa. Communication
  9. Siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya. Collaboration
  10. Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
  11. Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking and Problem Solving
  12. Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
  13. Guru memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
  14. Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka   akan mencari informasi secara bertahap. Creativity and Innovation
Kegiatan Penutup
  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

C. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
  1. Diskusi, Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan menggunakan rubrik ada pada buku guru
  2. Bahasa Indonesia, Tugas siswa menemukan ide pokok dan daftar ofini  dinilai menggunakan rubrik ada pada buku guru.
  3. IPS, Tugas siswa membuat diagram ven yang memuat dua negara Asean dinilai menggunakan rubrik
  4. IPA, Tugas siswa menjelaskan  bungan dinilai menggunakan rubrik.
Pinrang, ………………… 2020  

Demikianlah artikel saya tentang RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua.

....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel