Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1

RPP K13 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 dan 2. RPP yang saya bagikan ini memuat 4 Kompetensi Inti yaitu kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan dalam Kompetensi Dasar. dan berpatokan pada silabus yang telah ditetapkan oleh pemerintah

Seorang guru kelas 6 tentunya harus memiliki RPP oleh karena itu saya akan membagikan RPP 1 lembar kelas 6 yang sudah memuat semua tema di semester 1 yaitu tema Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan, Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Tema 4 Globalisasi dan Tema 5 Wirausaha namun sebelumnya marilah kita simak bagaimana prinsip penyusunan RPP k13.

Prinsip Penyusunan RPP Revisi 2020 Kelas 6 Semester 1 dan 2

Dalam penyusunan RPP K13 Kelas 6 untuk yang saya bagikan ini setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP K13 untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan. Dalam menyusun RPP K13 , guru harus memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Prinsip-prinsip tersebut adalah

1.   Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
Guru seyogyanya dalam menyusun RPP Berpandanagn bahywa setiap inividu merupakan pribadi yang unik  sehingga apabila  menyusun RPP perlu memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, minat, motivasi belajar, latar belakang budaya, norma ,bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, tingkat intelektual, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

2.   Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Guru dalam menyusun RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar jugaharus memegang prinsip bahwa nanti dalam pembelajarannya itu akan dapat membuat siswa atau peserta didik menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan

3.   Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses harus Pembelajaran dalam RPP harus dirancang sedemikian rupa sehingga mampu membuat  siswa dapat meningkatkan kegemaran membaca, dapat berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan , dan pemahaman beragam bacaan.

4.   Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan hubungan dan keterpaduan antara semua komponen penyusun RPP. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

5.   Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik yang baik , mulai dari penguatan, pengayaan, dan pemberian remedial

6.   Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi komunikasi dan informasi  secara terintegrasi, sistematis dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

7.   Penerapan TIK
Dalam proses penyusunan RPP untuk Kurikulum 2013 haruslah memertimbangkan pegimplementasian  teknologi informasi dan komunikasi. Ini dilakukan secara sistematis, dan efektif sesuai dengan siko yang dimiliki sekolah atau kelas tersebut

Komponen RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1

Pada pelantikan kabinet terbaru dimana menteri pendidikan yang baru memberikan gebrakan yang baru  dengan Mememberikan kemudahan kepada pendidik di seluruh Indonesia dengan menerbitkan edaran tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.

Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas 6  semester 1 terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.

1.    Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik.  Yang menarik untuk digaris bawahi  yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan pembelajaran haruslah dibuat secara tertulis (written plan)

2.    Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup

3.    Penilaian Pembelajaran
Penilaian adalah suatu kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi atau data untuk menentukan pencapaian hasil belajar siswa. dalam memberikan penilaian Guru diharapkan menggunakan berbagai metode dan teknik penilaian Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan

Contoh RPP 1 Lembar kelas 6 semester 1 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 12 V Koto Kampung Dalam
Kelas/Semester : VI/1
Tema : 2 (Persatuan dalam Perbedaan)
Subtema : 1 (Rukun dalam Perbedaan)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 10 Menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah mengamati gambar yang ditampilkan tentang masyarakat yang hidup dalam perbedaan, peserta didik mampu menyebutkan manfaat hidup rukun dengan jelas.
2. Melalui teks bacaan perbedaan yang menguatkan, peserta didik mampu menuliskan perbedaan yang ada di teks dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menyimpulkan tentang persatuan melalui hidup dan rukun dalam perbedaan dengan jelas dan runtut.
4. Setelah mengamati gambar berbagai jenis pola lantai tarian, peserta didik mampu menampilkan berbagai jenis pola lantai tarian secara berkelompok dengan benar.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan 
1. Guru mengucapkan salam kemudian di cek kehadiran peserta didik serta persiapan perlengkapan belajar dilanjutkan dengan membaca doa yang dipimpin oleh peserta didik yang pertama masuk kelas (PPK: Religius dan Kedisiplinan).
2. Peserta didik menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” dan mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya menanamkan rasa nasionalisme (PPK: Nasionalisme).
3. Mengaitkan lagu dengan materi yang akan dipelajari dan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik serta memberikan motivasi.

Inti Orientasi peserta didik terhadap masalah
1. Peserta didik diminta untuk mengamati gambar masyarakat yang hidup rukun di power point (Technology).
Merumuskan masalah
2. Peserta didik menganilisis gambar melalui pertanyaanpertanyaan dari guru (Critical Thinking)
3. Peserta didik menjawab pertanyaan guru (Santun)
4. Peserta didik mengembangkan jawaban tentang apa yang mereka ketahui tentang manfaat hidup rukun dalam perbedaan (Critical thinking and Creativity).
Mengorganisasikan peserta didik
5. Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
6. Masing-masing kelompok memperoleh LKPD untuk menyimpulkan tentang persatuan melalui hidup dan rukun dalam perbedaan (Collaboration).
7. Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusinya (PPK:Percaya diri).
Membimbing Peserta didik
8. Peserta didik membaca teks dalam hati mengenai tari Lego-Lego, Tari Adat Alor bermakna Persatuan.
9. Guru membimbing peserta didik tentang teks yang dibaca dan dikaitkan dengan pola lantai (Peduli).
10. Peserta didik diminta memperhatikan gambar yang ditampilkan yang berhubungan dengan jenis pola lantai di power point (Tecnology).
11. Guru membimbing peserta didik mengenai pola lantai. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
12. Setelah memperhatikan gambar peserta didik diberi kesempatan dalam kelompoknya untuk mempraktikkan jenis pola lantai (Creativity and Innovation).
Menganalisis dan mengevaluasi
13. Masing-masing kelompok menampikan berbagai jenis pola lantai berdasakan perintah guru (PPK: Percaya diri)
Penutup 
1. Guru memberi penguatan dan kesimpulan dan peserta didik diberi kesempatan bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
2. Peserta didik melaksanakan evaluasi.
3. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4. Peserta didik dan guru bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
3 Menit

C. Penilaian

• Penilaian sikap : menggunakan teknik observasi yang dicatat dalam jurnal harian.
• Penilaian pengetahuan : dinilai dalam bentuk pilihan ganda dan isian.
• Penilaian keterampilan: penilaian dengan unjuk kerja (penampilan pola lantai secara berkelompok)

Demikianlah artikel kami tentang Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020. mudah mudahan bisa memberikan manfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url