-->

Download RPP K13 Revisi 1 Lembar SD Kelas 2 Semester 1

Daftar Isi [Tampilkan]
....
RPP K13  Revisi 1 Lembar SD Kelas 2 Semester 1

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP Format 1 Lembar Kelas 2 Semester 1. RPP Kelas 2 Ini merupakan RPP Revisi tahun 2020 yang sesuai dengan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan  Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP.
Model RPP Kelas dua yang masuk dalam kelas rendah ini hanya terdiri atas 3 kompenen saja yaitu Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap

Prinsip penyusunan RPP 1 Lembar K13 Kelas 2 Semester 1

Berdasarkan Surat Edaran Menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP tersebut, ditetapkan karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang selama ini cukup merepotkan guru.
Lalu apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP yaitu ?
Guru-guru sering diarahkan untuk membuat RPP dengan 13 komponen yang sangat rincih dan lengkap sesuai dengan buku guru K13 sehingga menghabiskan waktu yang banyak dan seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu dalam kelas

Lalu apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid ?

Efisien adalah pembuatan RPP dilaksanakan dengan tepat dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu , pikiran dan tenaga. 

Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Berorientasi pada murid adalah RPP disusun dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di dalam kelas.

Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya satu halaman?

Itu bisa saja. RPP dapat disusun dengan singkat contohnya hanya satu halaman atau lebih . asalkan sesuai dengan  prinsip  efisien,  efektif,  dan berorientasi  kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.

Kemudian Apakah ada standar baku untuk format penyusunan RPP ?

Saya pikir tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas membuat, memilih, menyusun, mengembangkan, dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Format Penyusunan RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020

Dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019. Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.
Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas 2 semester 1 terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.
1.    Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik. 
2.   Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a.   Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan  perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b.   Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c.   Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3.   Penilaian Pembelajaran
Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan :
  1. Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. 

  2. Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi siswa yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif mengingat, memahami,

  3. Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana  kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan suatu tugas di berbagai macam keadaan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dilakukan dengan berbagai macam teknik, antara lain penilaian produk, penilaian praktik , penilaian proyek, maupun penilaian portofolio.

Contoh RPP K13  Revisi 1 Lembar SD Kelas 2 Semester 1 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                            (RPP)
Satuan Pendidikan  :  SDN
Kelas / Semester     :  II / 1
Tema 4                    :  Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1             :  Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
Pembelajaran Ke     :  1
Alokasi Waktu        :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan mendengarkan contoh dari guru,siswa dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
  2. Dengan menirukan contoh dari guru,siswa dapat memainkan/ menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak secara benar.
  3. Melalui tanya jawab,siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar.
  4. Melalui penugasan,siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat.
  5. Melalui bermain tebak kata,siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
  6. Melalui permainan tebak kata,siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
  7. Melalui penugasan,siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  8. Melalui penugasan,siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara rinci.
  9. Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar,siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
  10. Melalui penugasan,siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat secara menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  11. Dengan mengamati gambar,siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar.
  12. Dengan penugasan,siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun datar secara tepat.
B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
  1. Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
  2. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  3. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Sekolahku”. (Integritas)
2. Kegiatan Inti
  1. Pada awal pembelajaran, bertanya jawab dengan siswa tentang lagu yang pernah mereka nyanyikan atau yang mereka kuasai. ( Communication )
  2. Guru bersama siswa bernyanyi bersama sesuai dengan lagu yang dikuasai siswa. (Integritas)Guru memberikan arahan tentang cara bernyanyi yang baik sesuai dengan panjang dan pendeknya nada.
  3. Langkah pertama yang harus dijelaskan adalah panjang pendek setiap nada, misalnya seperti yang terdapat pada Buku Siswa. ( Communication )
  4. Siswa diajak menyanyikan lagu “Membuang Sampah” sesuai dengan panjang pendeknya nada. (Mandiri)
  5. Menghubungkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia, siswa diajak mendengarkan pembacaan teks percakapan yang akan dibacakan temannya. ( Critical Thinking and Problem Solving )
  6. Teks percakapan yang akan dibacakan ada di Buku Siswa. Ketika mendengarkan teks percakapan, siswa yang lain diminta untuk menutup bukunya agar lebih konsentrasi mendengarkan temannya. ( Literasi )
  7. Untuk menguji kemampuan siswa dalam menyimak, siswa diberikan beberapa pertanyaan lanjutan yang ada di Buku Siswa. (Mandiri)
  8. Siswa diarahkan berdiskusi untuk mencari makna kata yang ada pada tabel di Buku Siswa. ( Collaboration )
  9. Siswa membaca teks tentang “Rumah yang Bersih Menyehatkan” dengan lafal dan intonasi yang tepat. ( Literasi )
  10. Menjelaskan ulang cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. ( Communication )
  11. Siswa diarahkan untuk mengamati gambar tentang lingkungan rumah yang bersih dan sehat.
  12. Siswa diarahkan untuk menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk laporan sederhana. ( Critical Thinking and Problem Solving )
  13. Ketika menulis laporan, siswa perlu diarahkan agar menggunakan ejaan yang tepat agar terbiasa menulis secara tepat sejak dini.
  14. Siswa membacakan laporan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Mandiri)
  15. Siswa diarahkan untuk mengamati gambar alat-alat kebersihan, misalnya kemoceng, keset, ember, dan serbet.
  16. Menentukan bangun datar yang tergolong ke dalam bangun datar.
  17. Menjelaskan bahwa permukaan keset berbentuk persegi panjang, sedangkan serbet berbentuk persegi. ( Communication )
  18. Membimbing siswa tentang ruas garis pada bangun datar.
  19. Siswa diarahkan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada Buku Siswa. (Mandiri)
  20. Kalau ada siswa yang belum paham tentang ruas garis pada bangun datar, diberikan penjelasan lebih lanjut dengan harapan siswa paham dengan baik tentang ruas garis pada bangun datar.
  21. Menyimpulkan pembelajaran dan memberikan penguatan terutama berkaitan dengan sikap-sikap yang berhubungan dengan penguasaan KI-1 dan KI-2.
3. Kegiatan Penutup
  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinanmasing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
C. PENILAIAN
  • Teknik Penilaian
  • Penilaian Sikap : Observasi Penilaian berdasarkan rubrik buku guru
  • Penilaian Pengetahuan : Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih. Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih. Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar.
  • Penilaian Keterampilan : Menyanyi dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi pada lagu. Membuat laporan sederhana tentang lingkungan rumah yang bersih dan sehat.

Link Download File Administrasi RPP

Untuk mendapatkan file  Format 1 Lembar kelas 2 semester 1 bisa mengklik link di bawah ini :
Apabila guru guru berminat untuk mendapatkan RPP K13 1 lembar SD kelas 1 sd 6 semester 1 dapat unduh pada link yang ada di bawah ini :
Demikianlah artikel saya tentang RPP K13  Revisi 1 Lembar SD Kelas 2 Semester 1 mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua.
#tag

rpp sd 1 lembar nadiem makarincontoh rpp 1 lembar sdrpp sd 1 lembar revisi 2020contoh rpp sd terbaru 1 lembarformat rpp 1 sd lembar terbarucontoh rpp 1 lembarrpp sd 1 lembar 3 komponencontoh rpp terbaru sd 1 lembarformat rpp sd 1 lembar abad 21

....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel