-->

RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1

Daftar Isi [Tampilkan]
....
Download RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1. RPP ini sudah di revisi sesuai dengan surat edaran mendikbud tentang penyederhanan RPP Matematika yang tentunya sudah sangat ramping dalam penulisannya dan tidak terlalu banyak memuat kertas

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan guru dalam pembelajaran . Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan. Dalam revisi kurikulum K13 Revisi 2017 mata pelajaran matematika di pisahkan dalam pembelajaran tematik.

Matematika dapat  memberikan  gambaran kepada kita tentang keunikan dari karakteristik pembelajaran matematika, karena dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM),  seorang  guru  harus  memperhatikan  dua  dimensi secara bersamaan dalam satu kesempatan saat membuat RPP yakni materi ajar dan peserta didik. 

Karakteristik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah. Selanjutnya  upaya  mensingkronkan  antara materi  ajar, peserta  didik,  fasiitas  dan  kondisi  lingkungan  adalah merupakan  kretifitas  seorang  guru  dalam  perancanagan pembelajaran  ( RPP ) yang sesuai dalam hal: 1.  Memilih model pembelajaran 2.  Memilih pendekatan pembelajaran 3.  Memilih strategi pembelajaran 4.  Memilih metode pembelajaran 5.  Memilih teknik pembelajran 6.  Memlih taktik pembelajaran Beberapa hal  yang menjadi tugas  dan tanggung jawab seorang   guru  dalam proses  pembelajaran menurut  Adam dan Decey (dalam  Usman, 2003) mengemukakan peranan guru dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut: (a) guru sebagai demonstrator, (b) guru sebagai pengelola kelas, (c) guru sebagai mediator dan fasilitator dan (d) guru sebagai valua

Kemampuan  matematika  yang  dipilih  dalam RPP dirancang  sesuai  dengan  kemampuan  dan kebutuhan  siswa  agar  dapat  berkembang  secara  optimal, serta  memperhatikan  pula  perkembangan  pendidikan matematika di dunia sekarang ini. Untuk mencapai standar kompetensi  tersebut  dipilih  materi-materi  matematika dengan  memperhatikan  struktur  keilmuan,  tingkat kedalaman  materi,  serta  sifat-sifat  esensial  materi  dan keterpakaiannya dalam kehidupan sehari-hari. Ruang Lingkup  untuk pembelajaran matematika  sekolah dasar (SD/MI) sebagai berikut: 1.  Bilangan 2.  Geometrid an pengukuran 3.  Pengolahan data


Prinsip penyusunan RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1

Berdasarkan Surat Edaran Menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP tersebut, ditetapkan karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang selama ini cukup merepotkan guru.

Lalu apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP yaitu ?
Guru-guru sering diarahkan untuk membuat RPP dengan 13 komponen yang sangat rincih dan lengkap sesuai dengan buku guru K13 sehingga menghabiskan waktu yang banyak dan seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu dalam kelas

Lalu apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid ?
Efisien adalah pembuatan RPP dilaksanakan dengan tepat dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu , pikiran dan tenaga.

Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid adalah RPP disusun dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di dalam kelas.

Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya satu halaman?
Itu bisa saja. RPP dapat disusun dengan singkat contohnya hanya satu halaman atau lebih . asalkan sesuai dengan  prinsip  efisien,  efektif,  dan berorientasi  kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.

Kemudian Apakah ada standar baku untuk format penyusunan RPP ?
Saya pikir tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas membuat, memilih, menyusun, mengembangkan, dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.


Format Penyusunan RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1

Dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.
Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas lima  semester 1 terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.
1.    Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik.  Yang menarik untuk digaris bawahi  yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan pembelajaran haruslah dibuat secara tertulis (written plan)
2.    Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a.    Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan  perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b.    Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c.    Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3.    Penilaian Pembelajaran
Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran.  yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berimtak, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya hubungan siswa dengan Allah SWT, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan terciptanya hubungan sesama manusia
Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi siswa yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif mengingat, memahami,
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana  kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan suatu tugas di berbagai macam keadaan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dilakukan dengan berbagai macam teknik, antara lain penilaian produk, penilaian praktik , penilaian proyek, maupun penilaian portofolio.
Dalam menyusun ketiga penilaian bersifat efektif, efisien dan terarah

Contoh RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5, 6 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
               MATEMATIKA

Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Asemrudung
Kelas / Semester    :  5 /1
Pelajaran                : Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat
Sub Pelajaran         : Bilangan Akar Dua
Pertemuan              : 2
Alokasi waktu        : 90 menit

A. TUJUAN
  1. Siswa mampu memahami arti dari bilangan akar pangkat dua.
  2. Siswa mampu menjelaskan dari bilangan akar pangkat dua.
  3. Siswa mampu memahami operasi bilangan akar pangkat dua.
  4. Siswa mampu mengidentifikasi masalah tentang bilangan akar pangkat dua.
  5. Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang bilangan akar pangkat dua.
B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing, 
  2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. 
  3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
  4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
  5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. 
  6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
  7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
Kegiatan Inti
Mengamati
  1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bilangan pangkat dua
Menanya
  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan akar pangkat dua
Menalar
  1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan akar pangkat dua
  2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan akar pangkat dua dengan bimbingan guru
Mencoba
  1. Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan akar pangkat dua.
  2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
  3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bilangan akar pangkat dua
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan akar pangkat dua yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.
Kegiatan Penutup
  1. Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari bilangan akar pangkat dua
  2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi
  3. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
  4. Salam dan do’a penutup.
C. PENILAIAN
  • Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian pada buku guru
Demikianlah artikel saya tentang RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4, 5 dan 6 Semester 1 mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua.

....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel